Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

45 Comments

  1. Asslmkm permisi juragan saya punya siberian blue robin 1 pasang dan sudah kepantau kawin…. mau saya coba ternak
    Yang saya mau tanya buat sarangnya bagaimana pakai glodok apa seperti kenari…trus untuk buat sarang pake apa jerami atau yg lain…..terimakasih sebelumnya….
    Salam kicau mania

  2. Selamat pagi om .. saya punya lovebird . Penyakitnya itu di daerah bagian mata seperti daging yg lebih seukuran biji milet apakah menular atau tidak dan bagaimana cara penyembuhannya terimakasi om

  3. siang om..ada yang mau saya tanyakan:
    1. apa ciri ciri fisik murai yang mabung dan yang sudah selesai mabung?
    2. bagaimana perawatan harian saat mabung dan setelah mabung?
    makasih

  4. Salam om..sya dri malaysia mau tnya..knp brung ruak ruak sya tba2 ja lmbik..ngak bisa bdiri.. Sdgkn sblm ni ngak ada mslah..usia brung sdh 4 mggu gitu..ada cra ngak mau pulihkn kmbali..trma ksih om

  5. Om mau tanya…poksay mandarin sya suarany kecil ya. Bunyinya jg kalo wktu di deketin smbil disiulin. Apakah brungny stress atau gmncarany agar suaranya keras…trimakasih

  6. Slmt pgi oom kicau. Maaf sy mau bertanya sy ad rencana membawa burung pliharaan sy cucak ijo sm murai dr bandar lampung ke bogor,apakah sy hrs membuat srt ijin/jln,klo memang hrs dmn sy bs membuatnya & brp biaya nya, mhn petunjuk & penjelasannya, trm ksh sblmnya, salam kicau

    • Mengkoloni burung sebaiknya satu jenis burung dan harus menggunakan kandang koloni yang cukup luas supaya tidak terjadi perebutan wilayah teritorial, pelepasan kekandang koloni juga dilakukan bersama, serta usia burung sebisa mungkin sepantara.

  7. yth. redaksi omkicau.
    yang mau saya tanyakan.
    pada saat murai batu mabung. mana yang lebih baik pada saat pemberian EF.
    karena saya baca beberapa artikel terdapat perbedaan posri pemberian EF.
    ada yang pemberian jangkrik dikurangi, ada yang normal, dan ada juga yang ditambah dari posri normal.
    mohon penjelasan nya. terimakasih

    • Tidak ada pakem pola rawatan mb mabung om karena disetiap burung memiliki karakter serta kebutuhan nutrisi yg berbeda. Umumnya untuk mb yang rontok bulu dan sudah ngevoer, ef cukup diberikan jangkrik saja dengan porsi rendah misalnya 3 pagi dan 3 sore, jika dengan settingan ini rontoknya normal maka bisa diterapkan, sedangkan untuk suplemen perontok bulu bisa menggunakan birdmolt pre.

    • burung muda kadar hormon testeronnya rata – rata belum stabil dan kadar testeron akan menjadi stabil seiring dengan bertambahnya usia kematangan kelamin burung om, sehingga jarang terjadi kasus burung muda atau trotol mengalami over birahi karena kelebihan EF.

  8. Apa yang diperlukan untuk mencegah penyakit yang tidak diinginkan datang pafa burung? Dan vitamin yang baik untuk pemeliharaan kesehatan supaya tetap sehat dan gacor terus?

    • 1. Pola perawatan yang konsisten seperti pola mandi, penjemuran, pemberian EF, dan sebagainya.
      2. Selalu menjaga kebersihan sangkar serta pakan dan air minum yang diberikan kepada burung.
      3. Menjaga kondisi kesehatan burung bisa diberikan supplemen multivitamin birdvit sebanyak 2 – 3x/pekan serta birdmineral 1x/pekan.

  9. Om kicau yang terhormat,,,mohon saran kenapa lovebird saya macet produksi.
    History nya pernah bertelur 2x dan gak jadi karena di ganggu lb yg lain (tidak dierami).
    Dan sekarang sudah 4 bulan lebih belum juga bertelur om.,untuk perawatan sudah sesuai saran om kicau,(jemur,ef,multivitamin).
    Mohon bimbingan nya…

  10. Om knpa mb sy kurang mkn ef, biasanya sy kasih 2x shari 20 ekor, pagi 10ekor, sore 10ekor, tp skrng 5 ekor saja ga habis knpa ya, tdk ada gejala sakit, krna ttp gacor, dan lincah..

    • Kemampuan mengonsumsi ef setiap burung berbeda – beda om apalagi burung sudah makan voer, selama kondisi burung tetap sehat dan gacor tidak masalah. tambahkan juga kroto segar yang bisa diberikan 2-3x/pekan.

  11. om mau tanya kenapa ya burung kacer sya tidak mau bunyi? sudah di pancing sama mp3 tidak juga cumma bunyi kayak batuk aja kok..kok gitu,apa penyebabnya om?

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.