Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

16 Comments

  1. Selamat malam om, saya mau nanya murai batu saya setiap di mandiin dengan cara di semprot atau pake alat spray dia cabul di area deket anus, tetapi kalo mandi sendiri dengan keramba tidak cabul. Itu kenapa ya om?

    • Bisa jadi burung menjadi stress karena dipaksa mandi dengan cara semprot, sebaiknya kembalikan kebiasaan seperti semula yakni mandi di keramba.

  2. Misi om numpang tanya saya lagi blajar breeding mb,trus kandang breeding ny terlalu pengap sirkulasi udaranya kurang trus saya benahi kandang breeding ny saya cabut juga bpkan sama indukan ny,,ehh induk ny pagi bertelur trus pecah,beri pencerahan nya suhu apakah nanti indukan ny mau bertelur di glodok lg apa enggak,,sbelumny sih udah 2kali nelor trus gagal,solusi ny klo dy gak mau nelor di glodok lg apaann suhuu,,makasih sbelumnya suhu

    • Indukan akan kembali berproduksi setelah beradaptasi di kandang barunya, berikan asupan EF secukupnya secara rutin serta tambahkan suplemen breeding seperti Bird Mature untuk mempercepat proses produksi.

  3. Gan sy mau tanya soal burung, sy ada murai batu borneo ..sdh dua blanan ini tapi msh tetap aja giras nya mnt ampun sdh mkn poor total, aplgi klo didkti mlah giras bget…tp klo di gntung di dlm rmh dia bs tenang dn jrg giras, tp swktu d pndhkn ke teras atau di luar rmh aduuuh giras nya gk ktulungan gan….mnurut agan sbnrnya hrus bgmn…jwban sy tggu.

  4. Selamat malam pak, saya pemula ternak lovebird dan saya pembaca setia di blog petani sukses, banyak hal yg didapat dari sana, ada sedikit pertanyaan, kandang saya di luar ruangan dengan ukuran 1.5 M x 1.5 M x 1.5 M, saya menempatkan satu pasangan lovebird disana yang sudah satu kali produksi ditemen, namun setelah diternak dikandang saya lovebird tidak mau masuk glodok, tidur diluar glodok, betina jadi galak.
    Pertanyaan :
    1. Apakah lovebird tidur diluar dengan cuaca dingin berpengaruh ke kesehatan dan produksi?
    2. Apa penyebab betina jadi galak, dan bagaimana solusinya?

    Terima Kasih atas bantuannya.

    _salam_
    _prie_

    • Bisa jadi indukan stress dan adaptasi di tempat barunya, lovebird rentan dengan suhu udara yang dingin jadi baiknya tutup sebagaian kandang dengan kain dan berikan lampu penghangat.

  5. Maap om mu tanya.
    saya pemaklun nge cat sangkar di salah satu cv yang bergerak di bidang sangkar & acsesoris.
    saya mu tanya ada g bahan cat buat ngecat sangkar yang bahan nya di campur air bukan tiner.
    makasi.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.