Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

31 Comments

  1. Mo tanya om.kemarin baru beli brg kenari stlh seminggu ternyata sedang mabung dan sekarang sudah mulai tumbuh bulu jarum. Tapi kenapa kenari y mandi sendiri trs ya om sehari bs 2- 3 kali sehari? Apakah tdk apa?

  2. Om, saya bingung dengan teknik pengembunan pada burung. Sebenarnya kita kasih ef dahulu sebelum dilakukan pengembunan atau langsung saja kita lakukan pengembunan ?

    • disesuaikan kebiasaanya saja, ada juga yang diberi ef tapi dalam porsi sedikit tapi adapula jika burung sudah ngevoer tidak perlu diberi ef saat pengembunan.

  3. Om, kiat2 merawat murai batu lebih dari 1 dalam 1 rumah gimana ya om? Kebetulan murai batu saya ada 2, walaupun sudah dipisah yg satu gacor ngeplong yg satu cuma ngeriwik saja.. apa karna takut ya om..

  4. Selamat pagi om kicau
    Saya ingin bertanya tentang produk birdblown
    1. Saya membeli birdblown th 2018 serbuknya berwarna merah
    Kemudian saya membeli birdblown desember 2019 serbuk berwarna kuning
    Pertanyaannya :
    Apakah ada perubahan warna serbuk utk produksi yang baru? Trims

  5. Saya mo tanya om.kemarin saya beli kenari kt penjual umur y kira 4-5 bln trs d area kepala dan leher agak botak dan bulu y kusut. V sekarang dah mulai tumbuh bulu jarum lmayan rapat. Apakah emg proses ganti bulu tp kenapa g semua y rontok ya om? Cos bulu sayap sama ekor agak kusam jd y. Pencerahan y om makasih

    • Testo bird booster suplemen vitamin burung yang sifatnya bukan untuk doping om, dalam beberapa kasus memang ada burung yang bisa langsung memberikan reaksi positif dalam waktu cepat hal ini karena kadar hormon testeron alami burung masih dibawah level standard, namun untuk burung yang kadar hormon testeron alaminya rendah dibutuhkan terapi pemberian TBB dengan jangka waktu lebih lama atau hingga burung kembali gacor. jadi tetap lanjutkan terapi pemberian TBB sesuai aturan pakai dan dibarengi dengan pola rawatan konsisten.

  6. Pagi om..
    Anis kembang yang bulu kepala,leher dan ekor brondol dan tidak beraturan
    Apakah itu ciri anis kembang mabung?
    Dan bagaimana perawatan pada Anis kembang mabung serta berapa lama proses mabung agar bulunya dpat tumbuh kembali?

  7. Selamat sore Om,

    Mata burung peliharaan saya diserang oleh cacing Oxyspirura. Saya sudah mencari di berbagai apotek di kota saya tetapi tidak ada yang menjual larutan Cresol 5%. Saya juga sudah mecoba meneteskan air rendaman tembakau namun cacingnya tetap tidak mau mati.

    Apakah ada alternatif pengobatan yang lain atau adakah obat yang dapat dibeli dari toko-toko baik langsung maupun online untuk mengatasi gangguan cacing ini?

    Terima kasih atas perhatiannya.

    • membasmi cacing yang sedang berada di saluran pencernaan, kita bisa memberikan obat cacing (bisa kita gunakan AscariStop). Sementara untuk cacing yang sedang berada di saluran air mata, bisa digunakan BirdFresh sebagai pembasmi cacing dengan cara oles dan akan bekerja secara sistemik ke semua bagian tubuh yang teraliri darah.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.