Penyebab telur infertil

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Induk burung mengalami masalah nutrisi

Beberapa masalah nutrisi yang berkaitan dengan kesuburan telur antara lain:

  • Induk kekurangan dua jenis mineral penting yang berkaitan dengan proses peneluran dan kesuburan telur, yaitu kalsium (Ca) dan Natrium (Na).
  • Kandungan mineral seng atau zincum (Zn) dalam pakan terlalu tinggi. Asupan Zn yang berlebihan bisa menyebabkan kemandulan, baik pada burung jantan maupun burung betina.
  • Burung mengalami kegemukan, yang menyebabkan ovulasi menurun drastis, terutama pada burung paruh bengkok.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi biji-bijian yang mengandung aflatoksin, karena zat ini juga bisa menurunkan kesuburan. Biji yang kaya aflatoksin antara lain kacang tanah, kedelai, dan biji bunga matahari. Apabila dikonsumsi dalam batas wajar tidak masalah, tetapi jika sampai berlebihan bisa mengganggu kesuburan burung.

Untuk mencegah defisiensi mineral seperti Ca dan Na, atau kelebihan mineral tertentu seperti Zn, penangkar sulit mengandalkannya dari bahan pakan yang diberikan. Sebagaimana para peternak ayam, lebih bijak jika Anda mencampurkan multivitamin dan multimineral tertentu dalam pakan yang diberikan kepada induk jantan dan induk betina.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Salah satu produk yang direkomendasikan, dan sudah dibuktikan ribuan penangkar burung di Indonesia, adalah BirdMature. Produk ini mengandung multivitamin dan multimineral khusus burung tangkaran (siap reproduksi), dengan setelan yang pas, sehingga tidak kelebihan atau kekurangan. Untuk hasil maksimal, silakan baca cara pemakaiannya pada brosur (bisa juga cek di sini).

ARTIKEL TERKAIT:

  1. Induk burung mengalami masalah fisik
  2. Induk burung mengalami masalah sosial
  3. Induk burung mengalami masalah lingkungan
  4. Masalah genetik dari induk burung
  5. Dampak defisiensi terhadap embrio burung

Kembali ke halaman awal

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4 5 6 7