Dalam polling di sebuah thread forum kicaumania.or.id beberapa waktu lalu, parkit termasuk salah satu burung master yang suaranya bisa diterima sebagian besar burung kicauan lainnya. Suaranya yang tajam, mbeset-mbeset, keras, meski monoton dan speed kurang rapat, jutru mudah diterima oleh jenis burung lain seperti murai batu, cucak hijau, lovebird, jalak, kenari, dan sebagainya. Selain bisa digunakan untuk masteran, parkit pun pandai merekam suara burung lain, bahkan kata maupun pendek yang biasa diucapkan manusia.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung parkit bisa dimaster maupun untuk memaster burung kicauan lainnya.

—-

Sebagaimana dikatakan Om Rudy Pelung, parkit merupakan burung piaraan multi-purpose. Dia dapat dijadikan burung kicauan, bahkan beberapa event organizer sudah ada yang membuka kelas parkit. Bisa juga dijadikan burung hias, bahkan bisa dilatih melakukan gerakan atraktif tertentu.

Jika didesain sebagai burung kicauan, parkit bisa dimaster dengan suara burung lain seperti lovebird, cucak jenggot, burung gereja tarung, cililin, serindit, dan sebagainya. Berikut ini tayangan video parkit ngekek lovebird milik Om Hendra Darus, sebagai contoh betapa parkit mudah sekali dimaster dengan suara burung lain :