6. Burung remetuk dada-cokelat

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung remetuk dada-cokelat atau remetuk pakis / brown-breasted gerygone (Gerygone ruficollis) mempunyai panjang tubuh sekitar 9,5 cm. Tubuh bagian bawah atas cokelat, sedangkan bagian bawah putih. Ujung ekornya juga putih.

Sepintas lalu, penampilannya mirip dengan burung remetuk kelabu. Perbedaan terletak pada tubuh bagian bawah yang putih bersih, dan tubuh bagian atas yang berwarna abu-abu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Burung remetuk dada-cokelat

Remetuk dada-cokelat termasuk burung pemalu. Fisiknya jarang terlihat, sehingga hanya suaranya saja yang terdengar mengalun merdu di antara rimbunan pepohonan di hutan-hutan terbuka, atau hutan sekunder.

Habitat lainnya adalah pinggiran kebun, semak belukar yang ada di padang rumput pegunungan tinggi, serta lahan-lahan terbuka di pedesaan hingga ketinggian 1.450 – 3.400 meter dari permukaan laut.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Burung remetuk dada-cokelat terdiri atas dua subspesies yang tersebar di jajaran pegunungan Papua. Suara kicauan burung ini berupa rangkaian siulan panjang yang sendu dengan nada tinggi, lalu menurun dengan irama monoton dan datar.

Suara kicauan burung remetuk dada-cokelatDOWNLOAD

Itulah enam spesies burung remetuk yang memiliki suara kicauan mengalun dan merdu. Sebagian besar spesies ini lebih banyak ditemukan di kawasan timur Indonesia.

Meski begitu, audio dari masing-masing spesies ini tetap bisa Anda manfaatkan untuk memancing bunyi burung kicauan di rumah, terutama remetuk laut yang informasinya bisa dilihat kembali dalam tautan berikut ini:

Merdunya senandung burung remetuk laut

Lihat jenis burung remetuk lainnya:

Remetuk bakauRemetuk rawaRemetuk bidadariRemetuk kelabuRemetuk timor

Semoga bermanfaat.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4 5 6