Sistem penilaian, sertifikasi juri, dan workshop juri Papburi

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Suasana hangat dalam Silaturahmi Nasional 2 Papburi.

Berdasarkan aneka masukan dari peserta Silaturahmi Nasional 2 Papburi, maka dihasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

1. Sistem penilaian Papburi

Sistem penilain Papburi didasarkan pada pakem yang sudah berjalan di Papburi Pusat maupun beberapa cabang lain yang menggunakan sistem serupa. Adapun cabang-cabang lain yang belum menerapkan sistem ini akan dibina agar bisa menggunakan pakem yang benar.

Om Nur Sari Kusuma, penyelenggara lomba di Ndalem Suryowijayan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

2. Workshop Juri Papburi Nasional

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Untuk meningkatkan kualitas para juri, akan segera dilaksanakan Workshop Juri Papburi Nasional. Sesungguhnya training dan workshop sudah beberapa kali dilakukan, baik di Jogja, Solo, maupun Klaten.

Tetapi karena Papburi kini memiliki 28 cabang di seluruh Indonesia, maka workshop juri nasional perlu diadakan. Kegiatan ini akan ditangani oleh Pengurus Pusat Papburi Bidang Penjurian Lomba Nasional.

Hal ini sesuai dengan masukan Om Ilham (Selikoer BF Condong Catur, Jogja) yang sudah berkeliling ke berbagai daerah untuk mengikuti lomba kenari dengan sistem Papburi. Ternyata banyak sekali perbedaan penilaian antara cabang Papburi yang satu dan cabang lainnya.

Om Ilham (kanan), punggawa Selikoer BF Jogja.

3. Sertifikasi juri Papburi

Selain itu, kejujuran dan integritas para juga harus ditingkatkan. Dengan alasan itulah, maka sudah saatnya perlu dilakukan sertifikasi juri Papburi di seluruh Indonesia.

Sertifikasi juri Papburi akan diberikan kepada para peserta yang lulus dalam Workshop Juri Papburi Nasional. Sertifikat dibagi menjadi beberapa tingkatan juri, mulai dari juri pemula, juri madya, hingga juri senior. Strata ini akan membedakan juri yang bertugas dalam kelas / level lomba yang berbeda, misalnya skala lokal, regional, dan nasional.

Bagaimana dengan sertifikat juri yang telah dikeluarkan cabang tertentu. Papburi Solo, misalnya, telah menerbitkan sekitar 30 sertifikat kepada juri-juri yang biasa bertugas di Solo Raya.

Menanggapi masalah ini, Om Gandung (Kabid Penjurian Papburi Nasional) menjelaskan, Papburi Pusat nantinya akan melalukan verifikasi atau semacam daftar ulang. (Waca)

Kembali ke Halaman Awal

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4