Ternak Ayam Kampung (1)

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Perbandingan:

Dibanding ayam arab, produktivitas ayam kampung memang kalah jauh (ayam arab 70%, kampung 40%).

Namun ayam kampung mempunyai kelebihan karena tidak mengenal penyusutan investasi. Misal, harga modal Rp 18.000/ ekor (usia produktif), maka jika sudah tidak produktif (usia di atas 2 tahun), nilai jualnya masih tinggi, mengikuti harga standar ayam kampung indukan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Untuk ayam arab, jika sudah tidak produktif (usia di atas 2 tahun), hanya dihargai 30% dari harga beli, atau sekitar Rp 12.500/ekor.


Tata laksana pemeliharaan ayam kampung:


I. Makanan: Per hari untuk 200 ekor (pemeliharaan efektif)

1. Katul 16 kg (150 ons = per ayam 0,75 ons) = Rp 16.000.

2. Sayuran + cacahan bekicot/wedhel ikan/ikan buangan (plus obat/vitamin) = Rp 7.500 (bisa dicarikan alternatif pakan lainnya).

——————–Jumlah biaya per hari Rp 23.500


II. Hasil: Produktivitas 40%, maka per hari hasilkan = 80 butir. Harga jual per butir Rp 550 (harga jual di bakul; kalau dipasarkan sendiri ke konsumen langsung bisa mencapai Rp 650/butir)

——————- Jumlah hasil total per hari = 80 x Rp 550 = Rp 44.000

Hasil per hari = Rp 44.000 – Rp 23.500 = Rp 20.500


Kandang:

Untuk ayam 200 ekor diperlukan 4 blok kandang yang dibuat los. Masing-masing blok berukuran 2,5 x 4 m terdiri dari ruang semi-tertutup (bisa ditutup rapat bagian depan dengan plastik goni/kain dsb).

Ruang semi-tertutup ini diperlukan untuk tempat bertelor dan tidur ayam.

Di samping itu diperlukan arena umbaran dengan luas 10 x 8 m (80 m2). Luas 80m2 itu meliputi juga kandang semi tertutup yang ada di dalam lingkar arena umbaran.

Pada kandang semi tertutup digunakan lantai tanah dengan ditebari kapur (untuk pemanas ruang dan membunuh bakteri/jamur, dan mencegah bubul).

Di dalam kandang tersebut, dipasang bambu seperti tangga besar, tempat ayam tidur dengan cara nangkring. Pada salah satu sisinya, dipasangi kotak panjang besar yang di dalamnya diberi sekam, tempat ayam bertelor.

Untuk keamanan: Batas arena umbaran dan lingkungan luar dibuat pagar permanen dari pasangan batako setinggi 3,5 m. Kemudian diberi pintu yang bisa dikunci rapat.

Dampak lingkungan:

Kotoran ayam kampung relatif tidak berbau, apalagi di dalam kandang ditebari kapur yang membuat kotoran ayam relatif cepat kering.

Suara ayam relatif tidak berisik.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 40 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Mohon info nya om duto atau rekan2
    Barangkali ada yg jual indukan betina ayam kampung,utk sidoarjo&sekitarx..
    Sms/hub : 083831109479
    Terima kasih banyak om atas forumx.

  2. berternak ayam kampung ataw pun ayam bangkok secara intensif ,peluang pasarnya cukup menjanjikan tapi ,ke untungan saya tidak mencapai optimal,dikarnenakan tidak seimbangnya harga PAKAN yang terlalu tinggi.
    tolong bung bagaimana solusinya…???

  3. Bos,sbelumnya slam kenal,saya mau tanya ne, yang jual itik ayam kampung di Tangerang di mana ya…tolong dong ksih tau alamatnya,, ??
    tolong bls k email saya.!!
    terimakasih . . .

  4. halo pak, saya berminat sekali untuk ternak ayam kampung tapi saya masih bingung tempat membeli DOC dan setelah besar untuk memasarkan nya dimana?
    alamat saya di Dk. plosorejo Rt 04/03, Ds. ngargorejo, Kec. ngemplak, Kab. boyolali, jateng.
    tolong kasih tahu ya pak, terima kasih sebelumnya……

  5. kalo lantai buat tempat ayam kampung d taburi dedak keras bagus ga ??
    jadi ga pake kapur ? trus sistem kandang nya sama dengan ayam daging ga pa pa ? mf bru pemula …

    • Bisa-sih bisa cuma membersihkannya jadi repot. Kalau usia ayam pedaging kan maksimal 45 hari, kemudian bisa dibersihkan sekali itu saja setelah ayam dipanen. Kalau untuk ayam kampung, karena usianya relatif lama, nanti akan kerepotan dalam pembersihan kotoran kandang Om.

  6. Sy mau tanya soal takaran pakan kosentrat.apa aja jenis kosentranya dan vitamin serta vaksin apa yg diperlukan untuk ayam kampung.maaf sy br pemula.mohon jawabanya.makasih

  7. Bos mo tanya untuk pelihara ayam kampung ada nggak ya obat untuk penangaulangan penyanyakit secara organit ato tdk memakai bahan kimia n kalau ada apa ya… Blz ke email sy, thanks salam yasin dari ngluwar,magelang

  8. Terimaksih buanyak atas artikel ini,menabah wawasan n pengetahuan saya tentang cara beternak ayam kampung..tapi saya mo tanya apakah KAPUR yang di pakai utk mengeringkan kotoran ayam sama persis dengan kapur yang biasa buat cat tembok????atau ada kapur jenis lain…

    Terimakasih

    Ache wong kito

    Hohon jawab ke email saya ini

  9. mas,Priyo yg di cilacap!

    berapa no telepon sampean???

    saya mulyono banyumas.,mungkin kita bisa ngobrol2 tentang ternak ayam per telepon / ketemuan.

    ini no telp saya : 0813 8176 6841

  10. Saya punya 100 ekor udah 21 hari ingin aku pindah ke kandang pembesaran tetapi yang aku gak tahu ukuran luas kandang yang pas untuk jumlah tersebut hinggga bisa dipanen usia 70 hari yang kedua pakan untuk ayam setelah umur 21 hari hingga panen itu apa aja formulanya mohon penjelasannya

  11. bos, saya mau tanya apakah ayam kampung yang kurang kena sinar matahari dapat lumpuh? mohon bantuannya makasih!

    Jawab:
    Logikanya begitu. Fungsi sinar matahari antara lain mengubah pro-vitamin D menjadi vitamin D kan Om… Dan itu sangat diperlukan untuk asupan ayam.

  12. Numpang tanya, kalau mau ternak ayam kampung (daging) 100 ekor, butuh berapa lama untuk bisa dipanen? kira2 berapa kg pakan yang diperlukan? terimakasih

  13. boss kasih tau dunk alamat yg jual iytik ayam kampung di tangerang ogut tertarik neh mo ternak ayam kampung kayanya prospeknya baguss please bls ke email ogut

  14. dimana saya dapat membeli ayam yang siap telur, dan kasih dong gambaran kandangnya yang persis, saya pengen coba karena masih ada lahan tuh sedikit dibelakang rumah.

    Jawab:
    Mohon maaf saya tidak bisa merekomendasikan tempatnya Om karena saya juga tidak tahu di mana alamat Om.
    Untuk kandang, Om bisa saja mencontoh mopdel kandang untuk penangkaran burung. Cuma pintu dibuat lebar saja dan di dalamnya diperbanyak tangkringannya. Atau kalau untuk kampung petelor, bisa dibuatkan kandang2 sistem baterai; atau satu ayam satu kotak tersendiri. Untuk referensinya bisa dilihat di link ini: http://ridwan-corp.blogspot.com/2009/01/model2-ka

  15. salam sukses…
    saya ingin sekali ternak ayam kampung, saya punya ayam sekitar 70 ekor.
    dalam bulan2 ini telur ayam saya banyak yang tidak jadi alias tembelang bagaimana cara mengatasinya?…tq for all.

    Jawab:
    Coba dilihat, tidak jadi tetapi di dalamnya ada ebrionya (gumpalan daging yang sudah menunjukkan bentuk tertentu/terutama kepala) atau tidak? Kalau ada embrionya ada tetapi mati, berarti pengeramannya yang nggak bagus. Biasanya tempatnya terlalu panas atau sebaliknya terlalu lembab dan dingin (normal antara 38-39 derajat C). Kalau dipecah tidak ada isinya (masih utuh atau hanya kopyor), maka pejantan belum "ngisi". Cari pejantan yang dewasa secara seksual kalau itu solusinya. Atau kalau perlu, pada makanan indukan2 itu dicampur dengan multivitamin tertentu untuk memberi rangsangan hormonal dan mempercepat kematangan seksual (bisa didapatkan di poultry shop).

  16. Gambar kandangnya kurang boz utk ternak ayam kampung yg sekat
    makasih banyak atas infonya
    uki_oce ^_^

    Jawab:
    Hehehehe, coba nanti saya carikan atau gambarkan.

  17. Halo, saya peternak ayam kampung dari Cirebon alamat saya: Ender Pangenan Cirenon No. 17.

    Mohon Bantuannya dan konsultasi!

    Jawab

    Bantuan apa dan konsultasi untuk apa Om?

    Salam,

    Duto

  18. halo, saya peternak ayam kampung dari jombang

    alamat saya :

    Jl. Dr. Sutomo gang pantes 06 Jombatan – Jombang

    (Depan RS. Muhammadiyah Jombang)

    Mohon bantuannya!

  19. Dimana saya bisa membeli kandang batre, mungkin teman2 ada yang memproduksi..karena saya mau membeli, saya tinggal di Aceh, disini belum ada.

Komentar ditutup.