TENTANG OMKICAU.COM

Website omkicau.com adalah web berita, artikel, dan informasi mengenai dunia hobi burung, breeding/penangkaran burung, dan agrobisnis dalam arti luas. Saat ini omkicau.com menjadi referensi dan panduan utama bagi para penggemar dan penangkar burung di Tanah Air.

Visi:

Visi omkicau.com adalah “Menjalankan hobi secara bermartabat untuk kesejahteraan dan kelestarian lingkungan”

Misi:

  1. Mendorong para penggemar/penghobi burung untuk memanfaatkan burung hasil penangkaran (breeding) untuk menekan pemanfaatan burung tangkapan hutan, demi menjaga kelestarian plasma nutfah asli Indonesia.
  2. Memberikan pemahaman mengenai perawatan serta penangkaran burung secara baik dan benar, sebagai manifestasi rasa sayang manusia terhadap makhluk lain ciptaan Tuhan Maha Pencipta.
  3. Memberikan informasi dan panduan mengenai penangkaran/pemuliabiakan flora dan fauna sehingga bisa membuka peluang lapangan kerja khususnya bagi generasi muda.
  4. Menjadi media komunikasi dan silaturahmi antar-penggemar burung yang merupakan salah satu komunitas potensial di Indonesia, dan diharapkan bisa membawa kemanfaatan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Omkicau.com di bawah pengelolaan CV Griyagawe Omkicau, Jl Adisumarmo 21, Ngabeyan RT 3, RW 2 Kartasura, Sukoharjo 57165, Telp. 0271 – 7851294

REDAKSI

Pemimpin Redaksi: Duto Sri Cahyono

Redaktur Kepala: Dudung Abdul Muslim

Anggota Redaksi:

  • Gilang T Gemilang
  • Galuh Candra
  • Endar Wardhana
  • Aries Munandi
  • Sista Rheina
  • Lidya Pratiwi

Sejarah Omkicau.com

Gagasan membangun omkicau.com dimulai ketika Duto Sri Cahyono, penggemar burung yang juga praktisi pers, membuat uji coba dengan membuat website gratisan dengan nama omkicau.com (Mei 2008). Pada bulan pertama, jumlah kunjungan rata-rata baru 85/hari. Tidak buruk untuk sebuah blog baru, meski kemudian menjadi sangat timpang dibandingkan dengan jumlah kunjungan saat ini yang sudah mencapai rata-rata 263.827 / hari .

Dari kunjungan rata-rata yang hanya 85/hari, omkicau.com mampu menjaring ribuan pembaca setia dalam waktu satu tahun. Pada April 2009, jumlah kunjungan sudah mencapai 3.084/hari.

Dengan penuh optimistis, Duto Sri Cahyono selaku admin web mengembangkan omkicau.com menjadi omkicau.com, tepatnya pada tanggal 23 April 2009. Perubahan nama sempat membuat jumlah kunjungan anjlok di bawah angka 2.000 / hari, dan ini berlangsung selama 11 bulan, sampai akhirnya pulih kembali pada Maret 2010 (saat itu jumlah kunjungan rata-rata sudah mencapai 6.585/hari).

Melalui berbagai teknik optimasi website, diimbangi dengan penyajian berita, artikel, dan informasi yang lebih berkualitas, serta  rekruitmen sumberdaya manusia (SDM) dalam penulisan dan editing, akhirnya omkicau.com mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu.

Demikian sekilas profil Omkicau.com

42 Comments

  1. Permisi om , ini saya mau nanyak saya punyak burung kacer sejodoh tp dia sulit jodoh jadi saya punyak ide mau IB (inseminasi buatan),ketika saya ambil sperma jantan itu lancar2 aja om , pas saya suntik ke betinanya pun lancar gak ada kendala yg saya tanyakan pas habis suntik betina dengan sperma si jantan dia kalo udah di kembalikan dikandang selalu BERAK om , apakah suntikan tadi itu bisa dibuahi om sel telurnya si betina dan kawin suntik saya lakukan 3 kali dalam seminggu . MOHON PENCERAHANNYA OM

  2. Sangat membantu pemula seperti saya yang baru hoby pelihara burung lovebird, dan saya ingin menanyakan penyakit apa yg sdg di derita burung lovebird saya,.1 ekor baru satumnggu mati dan 1 ekor skr lkagi sakit. trim’s omkicau

  3. Om, mau tanya, mohon di jawab. Untuk terapi mandi malam kacer sebaiknya dilakukan setiap malam atau berapa hari sekali? Kalau malam mandi apa perlu di mandikan lagi waktu2 lain seperti pagi atau sore gitu misalnya? Makasih om sebelumnya.

  4. OM kicau,,burung pleci ku megap2 udah dua hari di obatin pake air larutan,pake obat2an yg khusus burung tpi blum ada perubahan. Pleci ku masih megap2 gak ada suaranya… Mhon sarannya biar pleci ku sembuh.. Makasih

      • Assalaamu’alaikum.
        salam kicau mania min…

        maaf min ade punya 2 ekor burung tepus pipi perak.
        tpi yg saya tahu brung tersebut trmasuk burung yg dilindungi.
        saya dapat brung trsbut dari hutan pinggiran danau.

        pertanyaan saya apa yg harus saya lakukan.
        apakah saya harus melepasnya atau saya pelihara…..?

        trimakasih sblomnya…

    • Untuk mengirim artikel, sampaikan saja tulisan dan foto-fotonya ke alamat email redaksi(at)omkicau.com [ (at) = @ ].
      Bebas biaya.
      Untuk dimuat atau tidak, nanti akan dilihat materinya oleh tim redaksi. Jika kurang lengkap tentunya kami akan meminta kelengkapannya.

  5. Om kicau barang testi bird bosternta yang di tempat bapa masyuni kalsel.banjarmasin apakah masih ada atau tidak ada kata masnya sih belum datang. Apakah benar om kicau. Dan kalau belum datang lama ga ya baru datangnya soalnya perlu bnget nih om kicau testi bird bosternya

  6. Om Kicau…Ternak LoveBird di Daerah Sumedang Ada…Nanti Klo Om ke Liling Sumedang Mampir ke tempat ternak saya om…Alamatnya Di Perum Sindang Amanah Blok E3..Sumedang Selatan,
    No Tel Saya 085222721933…Alhamdullilah pas saya pake TTB Produk Oom … LoveBird Sy jd pada ngekrek panjang.dan orang Bilang hsil ternak Lovebird saya banyak yang Istimewa.makasih om.

  7. Hallo om Kicau,

    Saya ada burung kakatua raja, waktu beli masih baby, skr usia 3 bulan, bulu nya rontok sendiri lagi, ampir habis smua, waktu tumbuh juga bulu nya rapuh cepat patah, kemungkinan kena virus PBFD. Apakah ada obatnya? Bila iya, saya mau beli, nama obatnya apa ya Om? Terima Kasih, saya mohon balasannya.

  8. Yth Omkicau

    sy pembaca setia omkicau krn artikel nya yg ringan dn bagus …
    sy mau minta info kalo boleh dikirim di email saya ..
    tentang artikel masa kejayaan tledekan di even fauna cup 18 juli 1999 surabaya …

    terimakasih omkicau
    ditunggu secepatnya balasannya
    sukses dan semakin besar lagi buat Omkicau.

  9. Om saya mau tanya. Saya pemula dalam hal burung loveberd
    Kenapa ya burung itu yg tadinya bunyi setelah di ternak ko jadi malea bunyi dan bulunya pun tidak rata

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.