TENTANG OMKICAU.COM

Website omkicau.com adalah web berita, artikel, dan informasi mengenai dunia hobi burung, breeding/penangkaran burung, dan agrobisnis dalam arti luas. Saat ini omkicau.com menjadi referensi dan panduan utama bagi para penggemar dan penangkar burung di Tanah Air.

Visi:

Visi omkicau.com adalah “Menjalankan hobi secara bermartabat untuk kesejahteraan dan kelestarian lingkungan”

Misi:

  1. Mendorong para penggemar/penghobi burung untuk memanfaatkan burung hasil penangkaran (breeding) untuk menekan pemanfaatan burung tangkapan hutan, demi menjaga kelestarian plasma nutfah asli Indonesia.
  2. Memberikan pemahaman mengenai perawatan serta penangkaran burung secara baik dan benar, sebagai manifestasi rasa sayang manusia terhadap makhluk lain ciptaan Tuhan Maha Pencipta.
  3. Memberikan informasi dan panduan mengenai penangkaran/pemuliabiakan flora dan fauna sehingga bisa membuka peluang lapangan kerja khususnya bagi generasi muda.
  4. Menjadi media komunikasi dan silaturahmi antar-penggemar burung yang merupakan salah satu komunitas potensial di Indonesia, dan diharapkan bisa membawa kemanfaatan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Omkicau.com di bawah pengelolaan CV Griyagawe Omkicau, Jl Adisumarmo 21, Ngabeyan RT 3, RW 2 Kartasura, Sukoharjo 57165, Telp. 0271 – 7851294

REDAKSI

Pemimpin Redaksi: Duto Sri Cahyono

Redaktur Kepala: Dudung Abdul Muslim

Anggota Redaksi:

  • Gilang T Gemilang
  • Galuh Candra
  • Endar Wardhana
  • Aries Munandi
  • Sista Rheina
  • Lidya Pratiwi

Sejarah Omkicau.com

Gagasan membangun omkicau.com dimulai ketika Duto Sri Cahyono, penggemar burung yang juga praktisi pers, membuat uji coba dengan membuat website gratisan dengan nama omkicau.com (Mei 2008). Pada bulan pertama, jumlah kunjungan rata-rata baru 85/hari. Tidak buruk untuk sebuah blog baru, meski kemudian menjadi sangat timpang dibandingkan dengan jumlah kunjungan saat ini yang sudah mencapai rata-rata 263.827 / hari .

Dari kunjungan rata-rata yang hanya 85/hari, omkicau.com mampu menjaring ribuan pembaca setia dalam waktu satu tahun. Pada April 2009, jumlah kunjungan sudah mencapai 3.084/hari.

Dengan penuh optimistis, Duto Sri Cahyono selaku admin web mengembangkan omkicau.com menjadi omkicau.com, tepatnya pada tanggal 23 April 2009. Perubahan nama sempat membuat jumlah kunjungan anjlok di bawah angka 2.000 / hari, dan ini berlangsung selama 11 bulan, sampai akhirnya pulih kembali pada Maret 2010 (saat itu jumlah kunjungan rata-rata sudah mencapai 6.585/hari).

Melalui berbagai teknik optimasi website, diimbangi dengan penyajian berita, artikel, dan informasi yang lebih berkualitas, serta  rekruitmen sumberdaya manusia (SDM) dalam penulisan dan editing, akhirnya omkicau.com mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu.

Demikian sekilas profil Omkicau.com

2 Comments

  1. Saya suka banget sama burung lovebird. Rencananya mau beli burung lovebird, udah tau tempat belinya. Tapi saya masih pemula, belum paham mana lovebird yg bagus dan yg kurang bagus. Ada artikel yg bisa saya baca tentang memilih burung lovebird yg bagus di pasaran ga om?

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.