Bunyikan anis merah macet

Anis merah (AM) macet banyak sebabnya. Bisa jadi karena sakit (termasuk masa ngurak-mabung) dan tidak birahi.
Semua burung kicauan pada dasarnya bisa bunyi, hanya saja untuk cewean, tidak seperti bunyi jantannya, agak sepi, meski untuk burung2 tertentu (misalnya CR, LB dsb) bisa lebih bagus ceweknya.
Kalau Anda punya AM macet padahal kondisi fisiknya terlihat fit dan sudah tidak dalam kondisi mabung, maka lakukanlah beberapa tips yang sudah ada di Foruim AM ini dan lakukan juga tips kecil yang moga-moga manfaatnya besar, yang saya “rekam” dari pembicaraan saya dengan Om Erik, teman Kartasura.
Dia mendapat tips dari seorang penghobi AM dari Sleman yang sudah almarhum (catatan, di Sleman Jogja atau di desa-desa di Jogja/Jateng umumnya, AM dikenal dengan nama salakan karena suka terbang di rumpun2 salak).
Dan…. eh… hampir lupa tipsnya malah… ini:
Beri EF buah sawo yang benar2 matang atau malah cenderung sudah gembur tetapi tidak busuk.
Dia bilang juga bahwa untuk EF buah harian, kalau tidak ada sawo, ya pepaya matang. Dan itu lebih bagus ketimbang pisang.
Untuk lebih membawa hasil, coba AMnya dimain embun. Pagi-pagi sekali, saat embun masih turun, keluarkan AM Anda.
Kalau masih bandel tidak mau bunyi, bawa saja ke dokter hewan Jatmiko Jogja. Dia bisa beri suntik “anu” (rahasia dagang katanya) yang bisa menjadikan AM macet jadi bunyi. Anda bisa nitipkan di sana barang 3-7 hari untuk merawat AM Anda.
Kalau keberatan ke Jogja, ya kumpulkan saja teman2 KM yang AMnya macet di satu kota, dijadwal harinya, undang dokter itu, dia akan datang. Biaya, ya mangga nanti dirembuk saja tetapi nggak akan mahalan kok.
BTW, dengan cara suntik “anu” itu, kawan saya borong beberapa AM macetan (yang sehat dan diduga jantan tentunya) dan dibawa ke sana. Beberapa AM meleset karena ternyata betina. Tetapi masih untunglah karena satuan mecat beli Rp 180m- 200an ribu/ekor, bisa dijual Rp 500rb-an.
Semoga bermanfat.
Salam,
Duto

Kalau burung Anda, tidak juga mau bunyi karena kurang birahi, pastikan Anda sudah mencoba BirdShout. Apa itu? Klik saja ini..

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

31 Comments

  1. om mw tanya burung anis saya pas bli mw bunyi tp ud 2 hari d rumah g mw bunyi,trus burung anis ku suka nyabutin bulu knp ya om? mohon penjelasannya.mksh sblm nya.

  2. Siang Om,,,
    Numpang tanya,
    Saya beli AM beres trotol dari pakar AM di KM web..menurut beliau waktu trotol ngriwiknya rajin, tapi setelah beres ganti bulu dewasa belum mau ngriwik lagi…
    Kondisi sekarang saya kasih EF jangkrik 2 pagi , 2 sore/malam, cacing 2 buah seminggu 3 kali…plus kroto seminggu 3 kali…
    Kalau di puterin suara AM teler dari CD, dia cuma turun naek dari tangkringan kaya kebingungan…tapi ngga mau “nyendok” kanan-kiri…kadang sesekali ngakrak..
    Menurut Om Duto, kira2 Co apa Ce , reaksi seperti ini ??

    thx sebelumnya atas pencerahannya…

  3. mohon pencerahan lagi Om ,
    seminggu yg lalu saya beli AM yg rajin bunyi & teler dgn ekor ngipas sampe dirumah AM tsb masih bunyi meski dikerodong tp 2hari kemudian Am tsb macet bunyi .
    Pertanyaannya :
    1 . apa karena AM tsb digantang disisi Kacer yg rajin bunyi dari pagi sampe malam
    oh ya Om Kacer saya ini tetep bunyi di malam hari meski dikerodong & lampu di matikan jika dengar bunyi2an mirip suara burung
    2 . apa karena AM tsb masuk masa rontok bulu ( karena dialas sangkar setiap hari saya mendapati 2 atau 3 bulu )
    Trims .

  4. ya kalo kotorannya sih normal tu om,bagus koq.nafsu mkn jg bagus,tak kasi kroto,jangkrik,cacing,pisang jg abis dimakan jg.bunyi jg kadang2..kadang2 kliatan sehat,kadang2 sering nyekukruk.gmn ya om cara ngatasinya?ada apa dg am saya ya?

  5. hallo om…gmn kbr nya nie?lama nda cuap2.gini om,saya bau aja bli am lg 1 krn yg 2 kmn dah laku.
    crita am saya yg br ini bunyi di rmh jarang2,trs koq sering agak nyekukruk knp ya om?jadi kaya am stres.tp kalo am stres,biasanya bunyi ga sih om?
    oleh2 dr Bali mana nie?hehehhehe….

    • Pertanyaan Om choungn yang:
      hallo om…gmn kbr nya nie?lama nda cuap2.gini om,saya bau aja bli am lg 1 krn yg 2 kmn dah laku.
      crita am saya yg br ini bunyi di rmh jarang2,trs koq sering agak nyekukruk knp ya om?jadi kaya am stres.tp kalo am stres,biasanya bunyi ga sih om?
      oleh2 dr Bali mana nie?hehehhehe….

      Jawab:
      Burungnya nggak sehat itu Om. Kotorannya terlihat bagaimana? Normal enggak?
      Oleh2 dari Bali belum sempat saya tulis nih.

  6. sugeng siang lekduto, lagi gundah ni om, 5 hari yang lalu saya beli AM, prejengannya buagus, guanteng kaya saya. mpe rumah juga tdk kelihatan stres, tapi waktu aku pulang kerja siang2 ta goda2 pake tangan kok bunyi “ngriywik..ngruik..gruik….”, sambil sayabnya di gerak2kin. apa cewek ya lek, kondisi baru selesai ngurak, ama yang punya dipesenin ga boleh jemur sebelum satu minggu kedepan, mohon petuah gitu lekduto. matorsuwon.

    Jawab:
    Kalau yang membuat nggak nafsu makan paling yang kondisi fisik nggak fit, bisa cacingan dsb.
    Kalau mau biar tambah nafsu makan, kasih saja suplemen penambah nafsu makan untuk anak, AD-Plex. Kasih dua tetes per hari dengan dispetkan ke perut jangkrik atau cara lain yang penting bisa terkonsumsi.

  7. saya punya AM pernah prestasi, saya beli sudah jadi. tapi setelah moulting ga mau bunyi lagi.. masalahnya dari dulu ga mau makan buah2an. jadi ga bisa ikutin saran om duto. ada saran yang lain ga om misalnya harus pakai obat2 atau multivitamin. nuwun.

    Jawab:
    Mangga di omkicau.com.

  8. Sore om duto…..
    om saya baru gantiin AM temen saya yang katanya sih dah bunyi… tapi sampai sekarang cuman bunyi crit…crit gitu aja kata temen sih AMnya lagi mabung dan saya liat emang bulunya jelek banget entah mau mabung pa emang gak kerawat sebab dari pertama saya TO tuh AM bulunya gak jatuh2 perawatan saat ini pagi jam 5.00/5.30 saya keluarkan jam 06.30 saya kasih cacing 2 jangkrik 2 trus saya mandikan 2 hari sekali gak saya kerodong, sore saya kasih jangkrik 1 UH 5 buah selalu ada. Mohon sarannya om duto biar AM saya mau berkicau, trus ada 2 pertanyaan lagi
    1. AM saya tuh kakinya sampai Kuku kok nyisik ya terutama yang kiri jadi kayak gak punya kuku apa itu penyakit obatnya apa ya om sebab kalo jalan agak pincang2
    2 burung itu mengenali pakan EF dari berat atau jumlahnya misal jangkrik biasa di kasih 4 ukuran sedang kalo pas dapet jangkrik besar apa jumlahnya di kurangin aja atau tetep. dan kalo lebih kecil dari biasanya d tambahin aja atau tetep 4 pcs.
    demikian om duto mohon pencerahannya
    sak derengipum dalem ngaturaken matur sembah nuwun…..

    Jawab:
    Kondisi nggak fit ya sulit bunyi Om, Coba dirawat yang baik saja. Masalahnya, AM mau bunyi kalau benar2 kondisnya fit. Kecuali untuk AM2 tertentu yang punya karakter bandel. Tetapi itu ya 100:1 jumlahnya.
    Untuk kaki bisa dipegang dan olesi dengan minytak tawon tiga hari sekali. Nggak usah takut stress. Mumpung bulunya sedang mau mabung. Nanti buku kembali bagus dan kaki sudah bagus.
    Untuk pemberian EF kita main kira2 saja Om. Bisa dikatakan main “berat” ketimbang bijian. Kalau besar2 atau kecil2 sesuaikan saja dengan porsi biasanya.

  9. MET siang om ,
    mau tanya dikit tentang terapi cd master AM yang di tawarkan di inernet, apa udah ada yang coba terus terbukti? berapa kira2 potensi keberhasilanya?

    Jawab:
    CD master yang mana itu Om?
    Keberhasilan pemasteran tergantung cara pemasterannya dan karakter suara burung. Coba lihat lagi tulisan2 di masalah pemasteran.

  10. Om Duto,AMku macet tpi dah baca disini ttg anis yg macet,cuman skr kok cuman ngriwik pelan,kadang bunyi krak2kenceng,yg saya tanyakan AMku cewek apa cowok ya om thank.

    Jawab:
    Saya tidak bisa memberikan jawaban soal AM cowok atau cewek hanya berdasar suara seperti itu Om. Sebab, mengenai jenis kelamin itu, saya kan sudah menulis seperti ini.

  11. om kenapa ya kalau AM saya seperti sesak nafas??
    masi bunyi sih tapi pelan sekali…
    ada usulan harus diapain?

    Jawab:
    Bisa diberi Trymezin B Om. Masukkan setengah kaplet saja langsung ke paruhnya dan ditetesi sedikit air.

  12. Met siang om..gni om saya pnya AM hbs mabung & skrg bulunya udh mulai tumbuh..! Yg mau saya tanyakan apakah AM saya udah bs di mandikan & di jemur..trz takaran untk EF nya yg pas brp.-? (Jangkrik – cacing)..

    Jawab:
    Mandikan kalau bulu sudah utuh semua. Kalau belum, ada risiko rusak/patah.
    EF, setting normal saja 4-3 ekor jangkrik pagi sore. Cacing sehari sekali satu ekor saja. Buah2an jangan lupa. Jadi untuk setting pakan sudah mulai dikembalikan seperti burung normal.

  13. Met pg om gni om saya pnya anis tp dr beli trotol mpe skrg dh hampir mabung 2x ga bunyi2 settingan EFnya jangkrik kadang 4-5 pg- sore cacing 2-2 pg-sore..kira2 knp y om sebabnya..? Apa kebnyakan EF.?

    Jawab:
    Kalau hampir 2 x mabung belum bunyi (artinya bukan burung macet) yang sesungguhnya sehat, maka pertanyaannya adalah apakah itu burung jantan apa betina (meski betina AM ada yang ngeplong bahkan teler juga). Hanya saja, kebanyakan AM betina tidak bunyi. Coba saja didekatkan AM lain (punya teman dsb) yang benar2 sudah teler dan gacor. Kalau AM Om tidak nyendok2 (kepala mendongak naik turun seperti ular kobra) tetapi malah ngleper2, kemungkinan besar betina. Dicek dulu saja Om…

  14. Om duto, obat suntik buat AM kembali bunyi bisa nggak kirim via pos ??…maksudnya tuh obat kita suntikan ke jangkrik trus diberikan ke AM..gimana Om ?? Thx.

    Jawab:
    Bisa Om.

  15. Met siang..gni om saya mw tanya untk EF untk AM klu cacingnya di kasi cacing kering..gmn om berpengaruh ga om.?

    Jawab:
    Waduh sulit juga nih jawabnya. Soalnya belum pernah tahu sih. Cuma misalnya kita suka sama roit basah lantas dioven jadi roti kering kayaknya kok nggak apa-apa ya asal bisa masuk perut, hehehehe. Cuma bagian yang basah dari cacing itu sebenarnya bermanfaat apa enggak sih ketika dia masih dalam bentuk aselinya…, saya nggak tahu.
    Selama efeknya nggak buruk, saya kira tidak masalah (memang saya kira juga nggak apa2).

  16. ada tambahan lg nich (ato mungkin pertanyaan ya…?)
    ada treat tambahan lg utk AM macet, yaitu diumbar ke tanah dgn alasan untuk menyembuhkan AM yg stres sehingga macet, dikondisikan spt dialam gt,
    benar ato salah belum tahu, lha wong ini sy cmn baca treat di halaman tetangga aja.
    Monggo silahkan dikomen…
    thank's

    Jawab:
    Semoga jadi tambahan referensi untuk kawan2 yang punya AM macet…

  17. betul Bos, AM sy dulu jg beli mrh banget dr temen kondisi macet (hehehe pindah tangan ke njenengan dulu)
    sy treat harian pake buah sawo matang, cacing 1x p-s, jangkrik 1x p-s, kroto seminggu 1x ditambah embun pagi jam 04.30 wib sebelum sholat subuh
    (btw, ada AM co macet gratis gak, tak ambil hehehe :D)

    Jawab:
    Wah mentang-mentang bisa bunyikan anis macet, kok sekarang jadi semangat cari AM macetan ya? Hehehe, tetapi yang gratis, nanti tunggu kalau ada orang bosen dan pengin membuangnya ke halaman rumah saya ya heheheheh. (Saya juga mau lho kalau ada yg gratisan huahuahuaha…).

  18. saya mau tanya om bagaimana cara menangkarkan AM karena saya sudah punya AM jantan+Am batina.

    Jawab:
    Saya belum punya referensi banyak mengenai penangkara AM karena saya baru melihat sekali di Magelang. Hanya saja, settingnya sama denga kalau menangkar jalaksuren dan anis kembang. Coba untuk yang dua terakhir itu nanti saya tulis dan bisa untuk referensi ya…

  19. Klu bulu kecil sih g ada yg rontok..om.! Kira2 klu di kasi obt super-N bgs engga om.? Biar nafsu mknnya kembli normal.!

    Jawab:
    Untuk tambah nafsu makan, kasih saja obat penambah nafus makan yg biasa untuk baby. Tanya ke apotik, nama depan paka A dan terakhir huruf F. Petugas apotik pasti tahu. Nah itu kasihkan dua-tiga tetes di wadah minum ukuran sedang/biasa. Nanti nafus makan burung bisa nambah.

  20. Met pg om…gni om sya mw tanya lg ney..saya dh coba anjuran dr om..yaitu burung di embunin trz jangkring 4-3 sore pg..cacing 3x dlm sepekan..yg jd permasalahan..anis saya ko jd loyo trz nafsu mknnya kurang..trz sering ngantuk..pdhl kmrn2 agresif & lincah..kira2 knp y om anis saya trz obtnya apa.?

    Jawab:
    Kalau itu bukan dari rawatan standardnya. AMnya ya sedang nggak fit saja/sakit. Apa ada bulu2 kecil jatuh? Coba selama 3 hari cukup dikeluarkan jam 6-an sampai jam 7 ataun 8. Setelah diangin2kan kerodong dulu terus biar kondisinya fit.

  21. sugeng dalu om Duto….
    sabtu maren punglor merah saya bawa ke latihan sesuai saran om Duto untuk melatih mental sekalian biar teler sebab di rumah blom sekalipun pernah teler.alhamdulilah mau kerja dan teler.tetapi telernya kok ga bisa lama dan langsung loncat2 terus.apa setingan EF-nya blom pas?untuk info tiap harinya saya kasih jangkrik 2 pagi dan 2 sore.oh iya punglor saya blom pernah mabung mulai dari trotol.apakah mentalnya akan down klo saya trek tiap minggu sekali mengingat rata2 burung yang dibawa teman2 ke latihan sudah mabung 2 sampe 3x.matur suwun atas pencerahannya…
    salam
    -willy-

    Jawab:
    Wah bagus. Sudah teler meski sebentar itu sudah menunjukkan perkembangan. Dilatih terus saja, tetapi karena masih muda jangan lama-lama. Atau kalau dibawa latihan cukup digantangkan di luar arena dan dia mendengar AM lain nunyi. Itu akan merangsang dia untuk ikut2an bunyi.
    Untuk settingan pakan nggak usah diubah2. Lanjutkan saja.

  22. Oh iya maaf y klu sya panggilnya kadang2 "mas" kadang2 "om" maklum smbil krj jd ga bgt konsen..he,he..:-D

    Jawab:
    Ah santai aja Om….jangan kapok ya Mas hehehehe… (saya niru nih)…

  23. Met siang mas duto,gni om saya pnya AM kira2 umurnya 1 th. Sya beli dr temen kt temen saya ktnya dh mulai mw bunyi..tp udah 2 bln di tmpt saya g mw bunyi..kt temen sya perawatannya jangkring 3-4 pagi sore + cacing 1 ekor pagi sore..tp tetep g mw bunyi..saya coba tips dr ms duto yaitu di kasi sawo & di maenin embun klu pg..tp tetep g mw bunyi juga..yg mw sya tanyakan om..maenin embunnya itu tiap hr om..smpe anis bunyi.? Apa nantinya burung g pilek mas.? Oh iya om apa ada efeknya klu AM terlalu bnyk di kasi jangkring & cacing..?

    Jawab:
    Sudah pernah dengar bunyinya dulu ketika di rumah teman? Karena "katanya" maka Om sendiri belum yakin kan? Ya sama deh dengan saya. Tetapi yang jelas, rawat AM memang nggak bisa seperti burung lain. Harus ekstra sabar dan telaten. AM burungnya gampang2n susah. Teruskan saja rawatanya. Diembunkan nggak akan menyebabkan pilek. Kalau cacing diberikan rutin pagi sore, jangkriknya dikurangi jadi 2-2 saja pagi sore,

  24. Sugeng ndalu om duto,
    mengapa AM kondisi mabung sebaiknya tidak diberi UH?apakah ada efek negatifnya?
    Sebelum pake UH mabungnya kurang total meskipun saya tambah porsi krotonya?

    Jawab:
    Nggak apa-apa sebenarnya, cuma UH bikin gemuk karena kandungan lemaknya tinggi. Bukan masalah akan katarak atau enggak (saya nggak percaya sih kalau UH bikin katarak). Cuma bikin gemuk dan karenanya bikin burung macet bunyi lama sehabis mabung. Kecuali burung dalam kondisi aktif banyak gerak, UH nggak apa-apa.

  25. Halo Om,Mo tanya nih.pasaran AM trotolan brapa ya(indukan berkualitas)?kalo di kirim ke kediri bisa ga ya?tengkiu Om.salam..

    Jawab:
    Dalam waktu dekat ini teman Jogja mau mendatangkan AM trotolan pilihan dari Bali. Semuanya akan diberi ring AM KMYK dimulai dengan nomor 001 dst.
    Harga saya belum tahu berapaan tetapi kalau di Solo harga pasaran untuk trotolan bagus antara 500-750. Kalau tidak dipilihkan (memilih darin kandang ombyokan) harga sekitar 350 – 500 rb.

  26. Salam sejahtera om duto..
    Mohon pencerahannya
    2bln lalu saya baru barter CI+KT dg 1ekor AM
    Sebelumnya saya sudah lihat AM tsb teler tapi waktu saya keluar kota,oleh teman sangkar AM tsb diganti bulat(sblmnya segi empat) dan dilatih mandi karamba (digiring pakai stick) pdahal dari informasi yg punya dulu mandi pakai sprayer serta setelan jangkrik dibuat 3/3(yg punya sblmnya 5/5)
    Skrg AM tsb macet bunyi dan bahkan 2bln kmdn menjadi mabung.
    Kira2 perawatan apakah yg bisa saya terapkan?sebagai informasi, saya telah melakukan saran terapi embun & buah sawo sblm mabung tp tidak berhasil.
    Skrg AM kondisi mabung dan saya kembalikan sangkar menjadi segi empat (baru),jangkrik 5/4,uh 3/3,kroto 1sdm/hr,mandi,jemur & buah stop samasekali.
    Mohon pencerahannya agar AM tsb kembali bunyi dan teler spt dulu
    Tks sblmnya

    Jawab:
    untuk proses mabungnya, gunakan saja model memabungkan secara ekstrem. Selain bisa mabung sempurna, juga akan mengembalikan mental burung (model bertapa sih hehehe). Untuk sangkar memang sebaiknya dikembalikan/ dicarikan yang sama dengan bentuk semula.
    Eh, kalau sedang mabung, jangkrik jangan banyak2 agar tidak kegemukan. Kurangi jadi 3/2 dan nggak diberi UH dulu tetapi porsi kroto yang ditambah.

  27. mas,untuk AM saya kurang paham masalah perawatannya yg dulu karena saya dikasi kel.saya tanya pun ga ada yg tau kenapa bisa ga bunyi.yg jelas saya sudah coba pake sawo ga dimakan.keadaanya sih segar bugar,makannya bnyk,sehat & tidak lagi mabung.sekarang kondisinya lagi birahi.makanya saya mau suntik aja.tapi saya ada di jkt.kira2 penanganannya gimana y.mas,terimakasih

    salam
    nardi

    Jawab:
    Kalau saya jawab "sabaaar…" pasti terdengar klise ya… tetapi itu memang kuncinya.
    Yang penting dijaga tidak kegemukan, nanti bunyi dah…
    Hehehe, sekali lagi… sabar… nggak perlu main suntik segala-lah…oke?

  28. mas,anis saya macet juga nih.kira2 di jakarta ada punya kenalan dokter ga?klo ada saya minta alamat nya y mas.thx

    salam ,
    nardi

    Jawab:

    Waduo… gak punya….
    Dokter apa emang? Ya cerita-lah macetnya seperti apa, awalnya seperti apa, rawatan kayak apa dsb. Oke?

Komentar ditutup.