Biasanya, tips untuk mengurangi birahi AM adalah treatment makanan dan mandi. Itu memang OK, cuma kadang ada yang tidak sabaran.
Ada pengalaman teman saya yang bisa saya sharing untuk teman2, meskipun sebenarnya pernah saya singgung di sini (threat apa, saya lupa).
AM birahi, biasanya galak. Matuk tangan kalau tangan kita masukkan ke sangkar.
Nah, justru ketika kondisi seperti itu, coba masukkan tangan kita secara perlahan ke dalam sangkar. Jangan “ngeget” nanti burung kaget dan takut.
Coba tangan kita hadapkan ke bawah, punggung tangan menghadap ke AM dan dekat2kan secara mennggoda ke AM. Biasanya AM akan terus mematuki tangan sambil kemudian nangkring di atas punggung telapak tangan kita yang kita bengkokkan. Apa yang terjadi kemudian, adalah AM akan membuat gerakan2 seperti kawin (ya “mengawini” tangan kita). Setelah “kelelahan” dia akan berhenti sendiri.
Kalau AM Anda belum terbiasa, memang awalnya akan takut2. Tapi kalau sudah terbiasa…. awas…. jadi ketagihan. Benar kok, kalau nggak “dibegitukan” dia seakan terus ngejar2 kita. Tapi ini, percaya nggak percaya, ini salah satu terapi yang cukup jitu untuk dicoba.
Inti dari tips ini adalah membantu AM untuk ber-onani.
Jadi, birahi memang harus “disalurkan”, sebab dalam kondisi seperti itu, malah menunjukkan bahwa burung kita sehat. Bukan dikurangi EF-nya ataupun diterapi mandi. Boleh dan bisa saja memang, tetapi menurut saya, tips saya ini “lebih alami”.
Bisa dicoba….
Untuk burung jenis lain, mungkin beda pula perlakuannya karena biasanya burung lain punya karakter yang beda, dan biasanya takut dengan tangan majikannya. Untuk kenari, ini juga bisa dicobakan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Salam,
Duto

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...