Intermezo: Cara pasang WordAds iklan ala Google’s AdSense di blog wordpress.com melalui Federated Media

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Kabar bagus untuk blogger wordpress.com. Kini Anda bisa memasang iklan berbayar seperti halnya Google’s AdSense di blog wp.com melalui fasilitasi Federated Media dengan iklan bernama WordAds. Naga-naganya, pihak wordpress.com “mendengar” aspirasi yang selama ini diteriakkan “secara tersembunyi” oleh para blogger di layanan blog gratis yang disediakan wordpress. Bagaimana cara memasang iklan WordAds di blog wordpress.com?

Logo WordAds - Federated Media - WordPressSebagaimana disampaikan  Jonburke dalam posting Introducing WordAds, pertama-tama blog Anda harus menggunakan nama domain sendiri dan bukan merupakan sub-domain dari wordpress.com. Seperti halnya blog omkicau.com ini, aselinya adalah blog omkicau.com. Kemudian saya belikan domain omkicau.com di wordpress. Dengan cara ini, semua link omkicau.com, di-redirect ke omkicau.com.

Bagaimana cara membeli domain untuk blog wordpress.com? Oke nanti akan kita bahas belakangan. Kita lanjutkan dulu masalah pemasangan WordAds di blog wordpress.com.

WordAds adalah 100% opsional (artinya Anda boleh gabung, boleh mengabaikannya) dan dirancang untuk blogger yang ingin mendapatkan uang dari blog mereka dengan menampilkan iklan berkualitas tinggi dari para pengiklan. Sedangkan Federated Media (FM) yang bekerja sama dengan wordpress.com untuk meluncurkan WordAds, selama ini dikenal sebagai penyedia layanan iklan berkualitas tinggi untuk situs-situs seperti BoingBoing dan Apple Insider.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Seleksi yang dilakukan FM untuk blog yang bisa memasang WordAds didasarkan pada traffic blog, jenis konten, dan bahasa yang digunakan di blog. Beberapa blog mungkin tidak diterima. Nah lantas, bagaimana cara mendapatkan dan memasang iklan WordAds atau cara bergabung dengan FM?

Untuk mendaftarkan blog Anda agar bisa memasang WordAds adalah mengisi formulir yang disediakan di postingan Introducing WordAds yang saya sebutkan di atas atau silakan saja masuk ke link ini: Make money by joining WordAds.

Selanjutnya, ikuti saja perintah yang ada di dalamnya dan nanti Anda akan mendapat email pemberitahuan dari Federated Media/wordpress.com.

Cara mendaftarkan domain di wordpress.com

Di WordPress.com, Anda dapat mendaftarkan domain kustom, seperti omkicau.com, untuk menggantikan nama yang bukan milik Anda 100% seperti misalnya omkicau.com. Alamat lama blog (omkicau.com) akan tetap bekerja, tapi akan secara otomatis semua tautan dan traffic diarahkan oleh wordpress.com ke alamat yang baru, omkicau.com.

Pendaftaran domain bisa dilakukan melalui wordpress.com dengan membayar ,00 per domain untuk ekstensi “com”, “org” dan “net”,  dan $ 24,00 untuk  domain berekstensi “me”. Biaya tersebut adalah biaya per blog, per tahun. Anda dapat mendaftarkan sebanyak mungkin domain yang Anda inginkan di blog yang sama, tetapi Anda harus membayar secara terpisah untuk setiap pendaftaran.

Setelah domain Anda terdaftar, Anda juga bisa mendapatkan alamat email seperti yang membawa nama  domain -. seperti mail@omkicau.com Baca lebih lanjut tentang hal itu di sini.

Jika Anda sudah memiliki domain terdaftar, Anda dapat memetakan domain  Anda ke blog Anda – dan tidak harus mendaftar di wordpress.com. Anda juga dapat memetakan  blog Anda ke subdomain seandainya Anda sudah memiliki sebuah situs web dan Anda ingin blog Anda menjadi sebuah subdomain dari situs tersebut.

Catatan Penting – Sebelum Upgrade 

WordPress.com mendukung pendaftaran domain dengan ekstensi .com, .org, .net, dan .me. Anda masih dapat memetakan domain dengan ekstensi lain ke blog Anda – dan yang Anda perlu lakukan adalah mendaftarkan domain dengan ekstensi yang Anda inginkan (misalnya .biz atau .info dll) ke penyedia domain  (registrar) lain dan kemudian petakan domain itu ke blog Anda. Hal yang sama berlaku jika Anda sudah memiliki domain terdaftar. Mendaftarkan domain melalui WordPress.com jauh lebih mudah, tapi itu terserah Anda, bukan keharusan.

Juga, harap dicatat bahwa WordPress.com secara otomatis menghilangkan “www” dari semua URL.

Aturan yang sama juga diterapkan – Para pemilik blog dengan domain sendiri tetap tidak diijinkan untuk memasang iklan sendiri, memasang beberapa jenis kode penulisan tertentu, atau meng-upload tambahan tema atau plugin. Dengan upgrade domain, blog Anda akan tetap dihost di WordPress.com, yang berarti bahwa Anda tidak akan memiliki akses FTP ke file Anda dan Anda masih tetap harus mematuhi Ketentuan Layanan wp.com.

Kesulitan: Pakai Paypal

Semua langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan domain sejatinya mudah. Kesulitan yang banyak ditemui adalah tidak semua blogger memiliki kartu kredit atau PayPal. Dengan demikian, Anda perlu memilikinya. Namun jika Anda tetap kesulitan, Anda bisa meminjam PayPal ke teman atau kenalan Anda.

Seperti yang saya lakukan misalnya, adalah meminjam dari seorang teman,  Sadrah Sumariyarso. Pertama-tama, saya mengecek berapa dolar yang harus saya bayarkan ke wordpress.com untuk pembelian domain dan juga mapping. Setelah itu, saya transfer ke rekening BCA dia, sejumlah uang rupiah dengan nilai yang sama dengan dolar yang harus saya bayar plus sekadar tanda  mata Rp. 100.000.

Baru kemudian setelah saya mulai melakukan pendaftaran dan mapping, saya menelepon dia untuk meminta nama email yang dia gunakan untuk pendaftaran PayPal sekaligus password-nya (biasanya password akan dia ganti ketika akan disampaikan ke saya dan diganti ke password dia semula ketika saya selesai melakukan pembayaran).

Tentu, cara pinjam-meminjam PayPal seperti itu hanya bisa dilakukan antar-teman dekat yang bisa saling percaya. Sebab, kalau saya sudah diberi password dan tidak bisa memegang kepercayaan yang diberikan oleh pemberi pinjaman, bisa saja saya menggunakan dana yang ada di PayPal melebihi jumlah yang sudah saya transfer.

Oke sobat, untuk sementara, hal itulah yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara mendapatkan dan bisa memasang WordAds di blog wordpress.com dan sekilas tentang cara mendaftarkan domain di wordpress.com.

Salam sukses ngeblog!! 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

11 Comments

  1. manteb om Duto, saya lagi belajar wordads nih, mohon petunjuk dan review website saya. __http://traveleggo.com, bulan desember 2013 baru dapet 14.000 view dan menghasilkan $29. ini masih bingung cara meletakkan iklan wordads nya seperti di omkicau bagaimana…bisa di header dan sidebar. mohon petunjuk. maturnuwon

      • sudah saya baca om, ternyata pengaruh di Theme WP nya ya., sayang ane belum punya modal untuk upgrade ke Theme berbayarnya jadi masih nongol 1 iklan deh. oh iya om, ini kalo tiba2 Blog jadi banyak visitor apakah bisa berbahaya? karena hari ini sudah 7ribu pengunjung. ini mungkin karena saya banyak follow dan di follow om.

Komentar ditutup.