Kerajaan burung, begitulah pulau ini sering disebut. Ya itulah Pulau Rambut di Kepulauan Seribu. Disebut demikian karena di pulau ini bermukim ribuan burung yang selalu terlihat beterbangan atau hinggap di pepohon.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Terletak di di gugusan Kepulauan Seribu, letak Pulau Rambut seluas 45 hektare ini berdekatan dengan Pulau Untung Jawa.

Sama sekali tidak dihuni manusia, Pulau Rambut adalah surga bagi ribuan burung dan menjadikannya sebagai tempat bersarang dan beranak-pinak. Tidak terbatas pada burung laut, burung darat pun bisa kita temukan di sini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Karena keanekaragaman hayatinya yang melimpah, Pulau Rambut di Kepulauan Seribu ini ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa pada tahun 1999. Keragaman hayati di pulau tersebut meliputi berbagai jenis reptil, serangga, tanaman bakau dan burung, tentu saja.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Burung-burung di Pulau Rambut diduga berasal dari Australia. Sebagian besar burung penghuni Pulau Rambut biasa bermigrasi ke Pulau Jawa atau pulau lain di Kepulauan Seribu. Burung-burung ini pergi mencari makan pada pagi hari, dan kembali ke Pulau Rambut secara bergerombol pada sore hari.

Birdwatching

Jika Anda pecinta burung, pasti akan senang berada di Pulau Rambut. Banyak maniak burung sengaja datang ke pulau ini untuk melakukan birdwatching atau pengamatan burung. Fasilitas pengataman burung telah disiapkan, seperti halnya menara pengamatan yang berada di tengah pulau.

Jika Anda naik ke menara setinggi 15 meter tersebut, maka Anda akan melihat seantero Pulau Rambut yang terdapat banyak pepohonan mendominasi daratannya.

Pulau Rambut bisa Anda capai melalui Pelabuhan Muara Angke atau Marina Ancol. Dibanding melalui Muara Angke yang berjarak tempuh sekitar 90 menit, Anda akan lebih irit waktu bila berangkat dari Marina, karena waktu tempuhnya hanya 30 menit.

Siap-siap wisata burung?

Hutan Bakau di Pulau Rambut - foto dokumen Silvia Faradila - ACI
Kanopi pohon di Pulau Rambut - sumber foto farrachman dot wordpress dot com
Menara di Pulau Rambut - sumber foto farrachman dot wordpress dot com
Papan pengenal Pulau Rambut - foto dokumen Silvia Faradila - ACI
Burung yang berada di Pulau Rambut - foto dokumen Silvia Faradila - ACI

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

-7.550085110.743895