Faktor 2: Cuaca terasa panas

Seperti manusia, burung pun bisa kegerahan jika cuaca terlalu ekstrem panas. Di beberapa kota besar, cuaca seperti ini lebih terasa akibat polusi udara. Indukan merasa tidak nyaman, sehingga mereka lebih sering terlihat berada di bawah untuk mandi dan minum.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung yang kegerahan juga bisa diamati dari peningkatan konsumsi air minum, atau melalui paruhnya yang kerap terbuka. Solusi termudah adalah menyediakan bak air yang ditempatkan di bagian dasar kandang. Biarkan burung mandi di sana, kapan pun pasangan itu suka.

Tetapi jika solusi ini tetap membuat burung kegerahan, solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan suhu di dalam kandang secara berkala. Buatlah instalasi pipa PVC yang tersambung dengan keran air. Lubangi sepanjang pipa tersebut pada beberapa titik.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ketika udara panas, keran air dibuka selama 5 menit, sehingga air akan menyembur ke dalam kandang. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan suhu kandang, meski hanya bertahan beberapa jam saja. Anda bisa melakukannya 3-4 kali dalam sehari, terutama pada siang dan sore hari.

==========

Rangkaian artikel Beberapa Penyebab Kegagalan dalam Penangkaran Kacer:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

  1. Lingkungan di sekitar kandang terlalu ramai.
  2. Cuaca terasa panas.
  3. Induk jantan loyo.
  4. Betina yang ogah-ogahan.
  5. Asupan gizi yang tidak memadai.
  6. Jantan minta kawin saat betina sedang mengerami.

==========

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4 5 6 7