Beberapa penyebab kegagalan dalam penangkaran kacer

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Jumlah penangkar burung kacer di Indonesia sebenarnya jauh lebih sedikit daripada spesies burung berkicau lainnya, terutama lovebird, kenari, dan murai batu. Padahal jumlah kacer mania cukup banyak. Bahkan, bersama murai batu dan anis merah, kacer dianggap sebagai burung primadona yang harus ada dalam setiap lomba. Itu berarti penangkaran kacer memiliki prospek cerah.

kacer-sudah-jodoh
SEPASANG INDUK KACER YANG SUDAH BERJODOH (Foto: Amiexs Bird Farm)

Bagaimana cara menangkar burung kacer, Anda bisa menyimak kembali halaman Penangkaran Burung Kacer. Namun memang tidak mudah untuk menangkar burung ini. Kendala yang sering dihadapi adalah proses penjodohan: bagaimana membuat induk betina dan jantan mau dan cepat berjodoh.

Selain itu, sering pula terjadi kasus telur tidak menetas. Ada telur yang infertil (gabuk, telur yang tak dibuahi sel sperma), ada telur yang di awal pengeraman mengandung sel benih / embrio kemudian mati sebelum menetas, serta ada pula piyik yang baru beberapa jam menetas sudah mati.

Jika ditelusuri lebih jauh, berdasarkan pengalaman sejumlah penangkar dan literatur unggas, kegagalan tersebut (mulai dari masa penjodohan hingga telur menetas) disebabkan beberapa persoalan krusial tetapi sering luput dari perhatian kita.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Sedikitnya ada enam kemungkinan penyebab kegagalan dalam penangkaran kacer. Dalam hal ini, setiap penangkar bisa saja mengalami satu, dua, atau beberapa kemungkinan tersebut. Ok, silakan pencet item-item di bawah ini untuk melihat detailnya.

  1. Lingkungan di sekitar kandang terlalu ramai.
  2. Cuaca terasa panas.
  3. Induk jantan loyo.
  4. Betina yang ogah-ogahan.
  5. Asupan gizi yang tidak memadai.
  6. Jantan minta kawin saat betina sedang mengerami.

Sebagian besar materi ini juga dapat diterapkan pada jenis burung lain yang berada di kandang penangkaran. Penyesuaian bisa dilakukan terhadap jenis pakan dan ekstra fooding saja, yang tidak selalu sama antara jenis burung yang satu dan lainnya.

Dengan mengetahui detail penyebab yang lebih tepat, penangkar pun bisa mengambil tindakan secara lebih akurat. Semoga bermanfaat!

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

11 Comments

  1. pemula. .mau tanya om. .kacer saya sebelum lomba kalok d deket in betina selalu gacor. .tapi setelah lomba si jantan jadi kaya cuek aj liat betina. bahkan saya masukin dalam 1 kandang malah balik betinanya yang terus gacor .gimana om. .kasih solusi ya. .mkash

    • Itu mengindikasikan burung mengalami stres akibat lomba, tidak kuat menghadapi tekanan dari banyak burung dan keriuhan penonton.
      Kalau selama ini belum pernah lomba, kemungkinan terbesar stres akibat burung lain dan penonton.
      Kalau sebelumnya sudah pernah ikut lomba, berarti stresnya bukan karena keriuhan penonton, tetapi ada 1-2 atau beberapa burung yang paling dekat dengan gantangannya yang membuatnya down. Biasanya ada sorot mata kacer tertentu yang membuatnya gentar.
      Dalam beberapa lomba di kelas kacer, jika burung di dekatnya mbagong pun, kacer kita bisa ikut stres. Bisa ikut mbagong, bisa juga tidak mbagong tetapi seperti macet bunyi.
      Coba diasingkan ke ruangan tenang, full kerodong, dan diperdengarkan natural song therapy yang ada suara airnya. Bisa dicari di omkicau. Silakan diterapi 1 minggu.
      Kalau tetap belum berhasil, bisa diobati dengan BirdTwitter.
      Ok, semoga bermanfaat.

  2. om saya mau tanya… sayapenangkaran kacer baru permula,kacer yang betina terus di kejar sama yang jantan? yang betina terus lari menghindar.tulong kasi sulusinya dan penjelasanya terimakasih

    • Sangat mungkin. Rekan kicaumania di Jambi bahkan sempat melihat sendiri bagaimana induk (terutama kacer jantan) makan telur. Solusinya, kalau induk betina sudah mulai mengeram, induk jantan bisa dipisahkan dalam sangkar tersendiri, tapi posisi sangkar didekatkan dengan kandang induk betina. Tetap semangat !

  3. Bos mau tanya vitamin apa aja yang di butuhkan pada saat di tangkarkan beserta kegunaannya,contoh birdvit dll.berapa hari setelah bertelur burung akan angkrem.terima kasih ya…..

    • Bisa dicek di halaman produk Om Kicau, umumnya ya BirdMineral dan BirdMature Om.
      Untuk burung, pada prinsipnya begitu dia mulai bertelur ya pada saat itu juga sudah dihitung sebagai hari pertama pengeraman, jadi tidak menunggu telur keluar semua seperti ayam misalnya yang mengeram setelah keluar 10 atau 15 telur misalnya.

  4. salam,gw pnya 1 pasang kacer,tp kndalanya si betina ko masih takut dgn kacer jantan,gmn tipsnya agar kacer betina tertarik dgn si jantan ? Trims

Komentar ditutup.