Faktor 6: Jantan minta kawin saat betina mengerami

Meski frekuensi kejadiannya tidak terlalu sering, kasus ini beberapa kali dialami penangkar kacer. Induk betina yang sedang fokus mengerami telurnya, justru dirayu-rayu pasangannya untuk diajak kawin. Coba perhatikan apakah ada kejadian seperti ini di kandang penangkaran kacer Anda.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kasus ini biasanya disebabkan si jantan mengalami over birahi (OB). Penyebabnya adalah porsi ekstra fooding terlalu berlebihan. Jika betina sudah bertelur dan mengerami, mestinya pemberian jangkrik dan cacing pada induk jantan sudah bisa dikurangi.

Setelan EF untuk induk di penangkaran sudah dijelaskan Om Kicau di sini. Pejantan pada hari 1-2 penjodohan bisa diberi 10 ekor jangkrik dan 10 ekor cacing, kemudian porsinya ditambah lagi pada hari ketiga. Hal ini bisa diulangi sampai kedua induk berjodoh.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ketika induk sudah kawin, dan betina sudah bertelur, namun kacer jantan mengalami OB, porsi EF untuk induk jantan harus diturunkan menjadi separo dari hari pertama. Solusi lainnya adalah memasukkan induk jantan ke dalam sangkar, namun sangkar tersebut tetap berada di kandang penangkaran. Ia baru dikeluarkan dari sangkar jika piyik sudah dipisahkan dari induk betina.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Semoga bermanfaat!

==========

Rangkaian artikel Beberapa Penyebab Kegagalan dalam Penangkaran Kacer:

  1. Lingkungan di sekitar kandang terlalu ramai.
  2. Cuaca terasa panas.
  3. Induk jantan loyo.
  4. Betina yang ogah-ogahan.
  5. Asupan gizi yang tidak memadai.
  6. Jantan minta kawin saat betina sedang mengerami.

==========

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4 5 6 7