Pemanfaatan lahan untuk kandang aviary

Terkadang kita sering terjebak dalam memaknai lahan kosong. Akibatnya, keinginan untuk membangun kandang burung batal hanya karena pemahaman yang keliru. Lahan kosong bukan sekadar tanah yang ada di depan, belakang, atau samping rumah. Lahan kosong bisa juga ruang terbuka atau semi-terbuka di lantai dua, lantai tiga, dan seterusnya. Apapun kondisinya, Anda pun bisa memanfaatkan lahan kosong ini untuk membangun kandang aviary, baik untuk penangkaran atau sekadar memelihara burung kesayangan di rumah.

Kandang aviary yang dibangun pun bisa berukuran luas, sedang, atau kecil-kecilan, sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kandang bisa diisi dengan berbagai jenis burung finch dan kenari, atau burung kicauan lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Kalau memelihara kenari atau finch, diusahakan minimal ada dua ekor berbeda jenis kelamin untuk setiap jenisnya. Biarkan mereka berjodoh sendiri. Boleh juga memasukkan burung yang sudah berpasangan. Selain indah dipandang, karena masing-masing burung memiliki warna berbeda, peluang menghasilkan anakan dari perkawinan silang pun menjadi sangat terbuka.

Sudah banyak sobat kicaumania yang berkreasi dalam membangun kandang aviary, yang diisi aneka jenis burung finch. Salah seorang di antaranya adalah Om Jimmy Kuncoro Wardana, yang membagi pengalamannya di forum kicaumania.or.id. Untuk penghijauan di lokasi kandang, Om Jimmy menggunakan aneka jenis tanaman pot yang ditempatkan di dalam kandang aviary.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Selain untuk penghijauan, tanaman ini sekaligus berfungsi sebagai area privasi bagi burung atau tempat bercengkerama bagi burung-burung yang ada di dalamnya, sekaligus sebagai tempat berteduh dan bertengger,” tutur Om Jimmy.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa gambar yang diupload Om Jimmy berikut ini. Siapa tahu hal ini menjadi inspirasi bagi Anda yang kebetulan berniat membangun kandang aviary.

 KANDANG AVIARY OM JIMMY

BENTUK KANDANG AVIARY DAN TANAMAN POT DIDALAMNYA
Cermati bentuk kandang aviary dan penempatan tanaman pot di dalam kandang.
PENEMPATAN KOTAK SARANG
Penempatan kotak sarang
BERBAGAI MACAM BURUNG BISA DIMASUKAN KEDALAM KANDANG AVIARY INI
Berbagai jenis burung bisa dimasukkan dalam kandang aviary.
MESKIPUN SUDAH DIPASANG BOX SARANG TETAPI ADA SAJA YANG BERSARANG DIANTARA TANAMAN
Meski disediakan kotak sarang, terkadang ada burung yang bersarang di semak tanaman.

Oke? Tertarik untuk membuatnya ? Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kicaumania di Indonesia.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.