Cara Fredy merawat lovebird tanpa ribet

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Fredy merupakan lovebird mania dari ILB Sarolangun, Provinsi Jambi. Dalam even Duta Jawa Cup di Bangko, 28 April lalu, dia menurunkan Beat, jagoannya yang sudah empat bulan rehat. Dua sesi yang dibuka panitia pun diikuti semuanya, dengan hasil sempurna: juara 1 di Kelas Harry Potter dan juara 1 di Kelas Double Sex. Pada sesi terakhir, dua lovebird Fredy menjadi juara 1 (Beat) dan juara 2 (Rasya Jr). Menurut Fredy, perawatan Beat dan Rasya Jr relatif sederhana, nggak pakai ribet.

Salah satu keistimewaan Beat adalah langsung nancep di tangkringan begitu digantang, dan itu akan berlangsung sepanjang lomba. Sejak digantang, burung langsung rajin bunyi serta nembak panjang-panjang. Apa rahasianya?

Ternyata perawatan harian Beat tidak neko-neko. Setiap pagi diembunkan, kemudian diangin-anginkan sebentar. Setelah itu dijemur hingga pukul 11.00. Sore hari, burung kembali dikeluarkan untuk diangin-anginkan sejenak.

“Setelah diangin-angin pada sore hari, burung dimandikan. Jika bulu-bulunya sudah kering, burung kembali dimasukkan rumah untuk beristirahat,” kata Fredy, seperti dikutip Tabloid Agrobur.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Fredy (kiri) dengan dua piala, didampingi sahabatnya, Rico.
Fredy (kiri) didampingi sahabatnya, Rico. (Foto: Agrobur)

Setiap hari Beat hanya diberi milet putih. Pemberian jagung hanya dilakukan dua hari sebelum lomba (H-2). Jadi treatment pakan ini diberikan mulai Jumat, dilanjutkan Sabtu dan Minggu.

Tips ini ternyata juga dilakukan Rico, sahabat Fredy, yang menurunkan gaconya di Kelas Harry Potter. Nyi Oneng, besutan Rico,  membayangi Beat di urutan ketiga. Kebetulan keduanya juga berasal dari tim yang sama, ILB Surolangun.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.