Untuk menambah bekal bagi calon breeder, berikut ini dua video tentang proses penjodohan burung anis kembang dan waktu yang tepat untuk menyatukannya dalam satu kandang / sangkar gantung. Om Kicau akan memberi panduan sekilas tentang proses penjodohan dan penyatuan dalam sangkar. Tutorial ini juga bisa diterapkan pada anis merah, anis cendana, dan anis macan, sebab sebagian besar prosesnya sama.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kedua video ini sepenuhnya milik Om Choliq KKO Bird Farm Malang, yang dilakukan dalam sangkar gantung. Adapun sebagian tutorial penjodohan Om Kicau menjelaskan materi dalam video, dan sebagian lagi tak terkait dengan kedua video tersebut, namun bersifat melengkapi.

Video pengenalan calon induk

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Berikut ini video pengenalan dua calon induk, yaitu anis kembang jantan dan betina, yang berada di dalam sangkar masing-masing. Sangkar kedua calon induk didekatkan / saling menempel.

Anda juga dapat menggunakan sangkar penjodohan yang banyak dijual di pasaran, di mana bagian tengah ada ruangan untuk memasang / membuka sekat.