Tips Om Sarwoko CJT: Mengapa kenari bagus jadi patah-patah saat lomba?

Tips mengatasi kenari patah-patah
Tips mengatasi suara kenari yang patah-patah saat lomba.

Banyak penggemar yang memiliki kenari dengan materi atau kualitas bagus. Apalagi jika yang dibeli adalah kenari jawara dan berharga mahal. Tetapi tidak sedikit yang kecewa, karena saat dilombakan, penampilannya menurun, tidak sebagus semula. Lagunya pendek-pendek atau patah-patah, kadang-kadang ngelabrak / nempel di jeruji. Bagaimana mengatasi hal ini? Berikut ini tips Om Sarwoko CJT, disertai dua video yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Om Sarwoko merupakan salah seorang breeder (penangkar) dan pengorbit kenari jawara dari Canary Jogja Team (CJT). Banyak gaco kenari hasil ternaknya serta orbitannya yang moncer di berbagai kota, di tangan para pemain kenari yang ada di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

( baca juga – Om Sarwoko CJT: Kenari isian dengan lagu siskin sedang ngetren )

Banyak ilmu perkenarian yang dapat kita pelajari dari Om Sarwoko. Salah satunya adalah mengatasi kenari berkualitas, bahkan jawara, namun saat dilombakan suaranya terdengar patah-patah seperti diuraikan dalam lead artikel ini.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sarwoko CJT
Om Sarwoko CJT, penangkar dan pengorbit kenari jawara.

Menurut Om Sarwoko, masalah ini memang menjadi salah satu “penyakit” yang kerap dialami kenari lomba. “Saya sering diskusi dengan teman-teman, termasuk yang datang ke Sanggar CJT, bertukar fikiran mengenai masalah ini,” ujarnya.

Dulu, dia juga sering mengalami hal serupa. Namun setelah ditempa waktu dan pengalaman, kasus tersebut sudah jarang sekali terjadi, bahkan bisa dikatakan tidak pernah lagi.

Kenari yang lagunya patah-patah, disertai ngelabrak atau nempel pada jeruji, menandakan burung sedang over birahi (OB). Nah, solusi paten agar burung tidak mengalami birahi berlebihan, sehingga penampilannyabisa stabil, adalah dengan cara mengawinkannya terlebih dulu. Setelah itu dilakukan setting menjelang lomba.

Karena itu, dalam artikel ini, Om Kicau akan menyertakan dua video, yaitu:

Waktu yang tepat untuk mengawinkan kenari

Perlu diketahui, konteks mengawinkan kenari di sini sesuai dengan tujuan awal kita, yaitu meredam birahi burung sehingga penampilannya bisa stabil. Jadi, konteksnya bukan perkawinan untuk tujuan breeding.

Meski demikian, Anda bisa menyelaraskan keduanya melalui satu perkawinan. Artinya, kenari lomba yang mau dikawinkan sekaligus bisa dijadikan pejantan bagi betina-betina kenari di penangkaran.

Nah, waktu yang tepat untuk mengawinkan kenari lomba adalah H-2, atau dua hari sebelum dibawa ke lapangan. Burung dikawinkan pagi dan sore, masing-masing dua kali kawin.

Tips mengatasi kenari patah-patah
Burung jantan dikawinkan dengan betina pagi dan sore, masing-masing 2 kali.

Selesai kawin, kenari jantan akan merasa sangat lega, setelah itu segera dipisahkan kembali. Silakan buktikan dengan cara digantang atau diangin-anginkan. Burung pasti akan bunyi sepuasnya, lantaran emosi dan birahinya sudah terlampiaskan.

Tips mengatasi kenari patah-patah1
Selepas kawin, kenari jantan merasa sangat lega.

Setelah itu, kenari betina mesti dijauhkan dan jangan terlihat lagi oleh burung jantan. Dengan cara ini, sang jagoan bisa segera melupakannya.

Silakan lihat video berikut ini, yaitu cara Om Sarwoko CJT mengawinkan kenari pada H-2:

Setting kenari menjelang lomba

Sekarang kita akan belajar setting kenari menjelang lomba. Jika lomba di dalam kota, cara ini dapat dilakukan di rumah, beberapa saat sebelum berangkat lomba.

Tetapi jika Anda berlomba di luar kota, settingan bisa dilakukan di sekitar lapangan lomba, misalnya 1 jam sebelum lomba dimulai.

Berikut ini tahapan dalam melakukan setting kenari menjelang lomba:

  • Pertama-tama,kerodong dibuka. Keluarkan wadah minum dan wadah pakan dan seisinya (termasuk sayuran) dari sangkar. Bersihkan wadah pakan dan wadah minum.
  • Bagian karpet dan tebok juga diambil, kemudian dibersihkan.
  • Apabila Anda membawa lebih dari seekor kenari, maka sangkar bisa ditata sejajar, dengan memberi sekat pada sisi-sisi yang berdampingan dengan kenari lainnya, agar mereka tidak saling melihat.
  • Sekat dapat memanfaatkan kerodong, yang ditempel pada salah satu sisi sangkar yang berbatasan langsung sangkar kenari lainnya.
Tips mengatasi kenari patah-patah
Antara kenari yang satu dan lainnya disekat dengan kerodong.
  • Setelah wadah pakan sudah bersih, isilah dengan pakan baru. Begitu pun wadah minum, diisi dengan air minum yang baru.
  • Siapkan buah apel yang diiris tipis-tipis, agar kenari lebih mudah memakannya. Siapkan pula telur puyuh rebus.

Oke, silakan lihat video berikut ini:

Untuk informasi lebih detail, Anda bisa kontak langsung Om Sarwoko CJT melalui HP 0812 2590 3248 atau PIN BB 3284da88. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. Om,kenari saya udah gacor. Tetapi ketika dipertemukan dengan kenari jantan lainnya malah diam aja,solusinya gimana om? Biar mental kenari saya bagus.

Komentar ditutup.