Salju merupakan salah satu lovebird istimewa. Selain pernah meraih double winner dalam Liga BnR Sumatera Seri 2 di Musi Rawas (21/4) dan juara 1 pada Seri 5 di Pangkalpinang (8/9), burung milik Ketua Jambi Team Mr Said BH ini bahkan menjuarai Batam International Bird Champions, September lalu (plus juara 2 dan juara 3). Tetapi ada keunikan lain yang ingin diceritakan Om Kicau kali ini, yaitu Salju selalu bereaksi jika disebut namanya. Anda bisa menyaksikan video yang direkam Kelana Lana, reporter omkicau.com di Jambi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird Salju ketika digantang di teras rumah.

—-

Sebagai burung lomba, Salju memang tidak didesain untuk bisa melakukan berbagai atraksi. Lovebird atraksi memang kurang dikenal di Indonesia. Adapun di Eropa, banyak penggemar yang memberikan training terhadap lovebirdnya untuk melakukan aksi dan aksi tertentu, seperti membunyikan genta / lonceng, mau diperintah untuk memutar tubuhnya, dan sebagainya.

Lovebird, sebagaimana burung paruh bengkok (parrot) lainnya, memang memiliki tingkat kecerdasan melebihi jenis burung kicauan lainnya. Kapasitas memorinya terbilang sangat bagus, sehingga ketika Mr Said BH membiasakan memanggil namanya, Salju selalu bereaksi.

Ada beberapa reaksi yang diperlihatkan Salju ketika namanya dipanggil, terutama oleh sang pemilik, antara lain membuka kedua pangkal sayapnya sehingga seperti separo mengembang. Terkadang, dia bereaksi dalam bentuk ngoceh ringan di depan muka pemiliknya.

Bahkan, pada bagian akhir video ini, Om Said BH memerintah burungnya untuk narik panjang. Meski tak langsung dituruti, sehingga perintah diulang inya beberapa kali, akhirnya Salju mau juga ngekek panjang.

Silakan lihat video berikut ini :