LB Salju, jawara yang bereaksi jika disebut namanya

Salju merupakan salah satu lovebird istimewa. Selain pernah meraih double winner dalam Liga BnR Sumatera Seri 2 di Musi Rawas (21/4) dan juara 1 pada Seri 5 di Pangkalpinang (8/9), burung milik Ketua Jambi Team Mr Said BH ini bahkan menjuarai Batam International Bird Champions, September lalu (plus juara 2 dan juara 3). Tetapi ada keunikan lain yang ingin diceritakan Om Kicau kali ini, yaitu Salju selalu bereaksi jika disebut namanya. Anda bisa menyaksikan video yang direkam Kelana Lana, reporter omkicau.com di Jambi.

Lovebird Salju
Lovebird Salju ketika digantang di teras rumah.

—-

Sebagai burung lomba, Salju memang tidak didesain untuk bisa melakukan berbagai atraksi. Lovebird atraksi memang kurang dikenal di Indonesia. Adapun di Eropa, banyak penggemar yang memberikan training terhadap lovebirdnya untuk melakukan aksi dan aksi tertentu, seperti membunyikan genta / lonceng, mau diperintah untuk memutar tubuhnya, dan sebagainya.

Lovebird, sebagaimana burung paruh bengkok (parrot) lainnya, memang memiliki tingkat kecerdasan melebihi jenis burung kicauan lainnya. Kapasitas memorinya terbilang sangat bagus, sehingga ketika Mr Said BH membiasakan memanggil namanya, Salju selalu bereaksi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ada beberapa reaksi yang diperlihatkan Salju ketika namanya dipanggil, terutama oleh sang pemilik, antara lain membuka kedua pangkal sayapnya sehingga seperti separo mengembang. Terkadang, dia bereaksi dalam bentuk ngoceh ringan di depan muka pemiliknya.

Bahkan, pada bagian akhir video ini, Om Said BH memerintah burungnya untuk narik panjang. Meski tak langsung dituruti, sehingga perintah diulang inya beberapa kali, akhirnya Salju mau juga ngekek panjang.

Silakan lihat video berikut ini :

Download Video

—-

Warna, suara, dan gaya lovebird Salju

Lovebird Salju
Warna eksotik, suara ciamik.

Lovebird Salju memiliki warna eksotik, seputih salju, dengan bagian perut dan tunggir berwarna biru langit. Itu dari sisi fisik.

Dari sisi suara, tentu tak perlu diragukan lagi, karena sudah berprestasi bukan hanya pada even nasional, tetapi juga pada kontes internasional seperti Batam International Bird Champions , akhir September lalu.

Salju sering membawakan lagu yang panjang-panjang, namun dibarengi variasi lagu belalang “krek.. krek.. krek..” yang terdengar kasar. Ada juga suara burung siri-siri yang kerap dilagukannya.

“Salju rajin ngekek, dengan variasi lagu pendek dan panjang-panjang hingga belasan kali. Gayanya setiap membawakan lagu berbeda-beda. Misalnya, kepala menghadap ke langit, sambil menaikkan dan menurunkan ekor mirip ular derik,” kata Om Said.

Selain itu, memiliki semangat bertarung yang tinggi, seperti tak mau kalah jika disandingkan dengan belasan atau puluhan lovebird di lapangan.

Sudah banyak lovebird lovers yang ingin take-over burung ini, termasuk pemain papan atas seperti Fitri BKS Samarinda dan Sofyan BnR. Tetapi Om Said belum bersedia melepas, karena masih sayang. “Umurnya masih muda, baru sekali mabung, yang rampung pada Agustus lalu. Sejak umur empat bulan,  Salju mulai dilombakan dan selalu moncer sampai sekarang,” jelas Om Said.

Perawatan harian dan lomba

Mr Said BH
Mr Said BH

Setiap pagi, begitu kerodong dibuka, Salju langsung dimandikan, dijemur, kemudian dianginkan di depan rumah. Menu yang disediakan bervariasi setiap harinya, yaitu jagung muda, sawi putih, dan tauge.

Kalau mau lomba, maka sejak H-3 (Kamis) mulai diubah setelan pakannya. Om Said memberinya 10 butir biji matahari, beberapa pakan tabahan, jagung manis, kangkung, dan multivitamin, yang diberikan tiap pagi dan sore hari.

Pada hari Jumat (H-2), burung diberi menu yang sama, namun sayuran hanya jagung manis saja. Di samping itu, pada pagi hari, burung dimandikan sampai basah kuyup.

Setelan pakan pada hari Sabtu sama seperti H-2. Pada hari lomba, Minggu, perawatan masih sama seperti Jumat dan Sabtu. Hanya saja, burung tidak dimandikan, tetapi langsung dijemur sekitar 30 menit, kemudian dikerodong full dan dibawa ke lapangan.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.