Video-video kicauan murai batu di youtube memang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk ngetrek murai batu di rumah. Om David de Souza pun sering mengkonversi video menjadi audio mp3, lantas diperdengarkan pada murai batu yang sedang dipolesnya. Namun Om Edmund Lee punya cara yang lebih unik lagi. Dia buka internet via komputer, masuk ke youtube, mencari video murai batu gacor, dan tekan Play. Dibawanya murai batu medan miliknya, bernama Solo, lalu diletakkan di atas meja, persis di depan komputer. Mau tahu apa yang terjadi?

Aksi murai batu Solo di depan komputer.

—-

Inilah aksi murai batu Solo, saat melihat musuhnya di layar monitor komputer, dan mendengar suara kicauan burung sejenis yang membuat semangat bertempurnya muncul.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Setiap mendengar suara musuh, dia selalu menengok ke layar monitor. Mengikuti nalurinya, burung ini terus mendekat hingga hampir menyentuh layar monitor.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Tetapi, di bagian akhir, nampaknya muncul “kesadaran” bahwa yang dihadapi Solo bukanlah burung dalam ujud asli. Dia pelan-pelan mulai menjauh, bahkan sering membelakangi komputer, meski sesekali masih juga menengok ke belakang, melihat monitor yang membuatnya penasaran. Ah, silakan lihat sendiri…