2. Belibis Kembang

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung belibis kembang / wandering whistling duck (Dendrocygna arcuata)

Burung belibis kembang / wandering whistling duck (Dendrocygna arcuata) memiliki habitat yang unik, karena ditemukan di Zona Wallace (timur Indonesia), bahkan sampai ke Australia dan Filipina, tetapi juga dijumpai pula di Jawa dan Kalimantan (khususnya wilayah tengah dan selatan).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Posturnya lebih besar daripada belibis totol, dengan panjang tubuh 45 cm). Bagian punggung dan ekornya cokelat. Bagian atas kepala dan leher belakang (tengkuk) cokelat gelap. Adapun bagian tubuh lainnya terlihat lebih pucat.

Bulu dada berwarna cokelat berangan. Dari bawah sayap terlihat bulu-bulu putih. Tungging dan ekor bagian bawah berwarna putih. Iris cokelat, paruh hitam, dan kedua kakinya cokelat abu-abu.

Ras dan wilayah persebaran

Burung belibis kembang terdiri atas tiga ras, dengan wilayah persebaran sebagai berikut:

  • Dendrocygna arcuata arcuata (Horsfield, 1824) – Filipina, Kalimantan (tengah dan selatan), Sulawesi, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Timor, Flores, dan Maluku.
  • Dendrocygna arcuata australis (Reichenbach, 1850) – Australia Utara dan wilayah selatan Pulau Papua.
  • Dendrocygna arcuata pygmaea (Mayr, 1945) – New Britain (masuk wilayah Papua Nugini).

Tempat hidup dan kebiasaan

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

—-

Burung belibis kembang biasa hidup berkelompok (koloni), terutama di kawasan danau serta rawa air tawar. Mereka sering istirahat di tepian air terbuka atau berumput, tetapi biasanya mencari makan di dalam air, sambil menyelam berulang-ulang. Makanannya adalah rumput, teratai, vegetasi air lainnya, serangga dan verteberata perairan.

Pada musim berbiak, pasangan belibis kembang akan membangun sarang di atas alang-alang yang tumbuh tinggi, atau spot terlindung lainnya yang berada di dekat air. Jumlah telur sekitar 6-15 butir per periode peneluran (clucth), dengan masa pengeraman 28 – 31 hari.

Sama seperti belibis totol, status konservasi burung belibis kembang berdasarkan IUCN Red List adalah Least Concern (LC) atau belum terlalu mengkhawatirkan.

—-

Suara burung belibis kembang

Ketika terbang, belibis kembang akan mengeluarkan suara yang terdengar seperti nada siulan yang mencicit, dengan volume tinggi.

Suaranya juga merdu dan bisa dijadikan masteran bagi burung kicauan Anda. Silakan dengar dan download audionya.

  • Suara belibis kembang variasi 1   l Download
  • Suara belibis kembang variasi 2   l Download

Video burung belibis kembang  l   Download

Berikut ini video burung belibis kembang, yang bersumber dari ibc.lynxeds :