Kumpulan audio dan video burung belibis

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Om Kicau menerima kiriman video dan audio burung belibis piaraan Om Syaifudin Zuhri (Sampit). Ternyata suaranya asyik juga, serta dapat dijadikan masteran alternatif untuk berbagai jenis burung kicauan. Dari kiriman video dan audio inilah, Om Kicau mencoba menggali informasi lebih lanjut tentang spesies-spesies burung belibis di Indonesia, dan spesies yang hanya ada di mancanegara. Inilah hasilnya…

Belibis termasuk burung dari keluarga Anatidae, yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan itik, mentok, kambangan, trutu, soang, dan boha. Ujudnya secara fisik mirip mentok / entok, namun memiliki kemampuan terbang yang sangat bagus.

Warna bulunya bervarisasi, tergantung jenis / spesiesnya. Burung belibis berada dalam genus Dendrocygna, yang terdiri atas delapan spesies. Empat spesies di antaranya dapat dijumpai di Indonesia, yaitu:

  • Belibis totol / spotted whistling duck (Dendrocygna guttata)
  • Belibis rumbai / plumed whistling duck (Dendrocygna eytoni)
  • Belibis kembang / wandering whistling duck (Dendrocygna arcuata)
  • Belibis polos / lesser whistling duck (Dendrocygna javanica)

Adapun empat spesies lainnya tidak dijumpai di Indonesia, yaitu :

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Belibis indian / west indian whistling duck (Dendrocygna arborea)
  • Belilis muka-putih / white-faced whistling duck (Dendrocygna viduata)
  • Belibis perut-hitam / black-bellied whistling duck (Dendrocygna autumnalis)
  • Belibis bicolor / fulvous whistling duck (Dendrocygna bicolor)

Dalam literatur perburungan internasional, seluruh spesies burung belibis disebut whistling duck, atau bisa diartikan sebagai “itik penyanyi”. Ini menunjukkan performa suaranya bagus, setidaknya jauh lebih bagus daripada suara itik.

Sebagai pengenalan awal, silakan lihat dulu video burung belibis kiriman Om Syaifudin Zuhri (SZ), kemudian di bawahnya ada audio yang bisa didengar dan diunduh.

(Download Video)

  • Audio burung belibis milik Om SZ (original)   l   Download
  • Audio burung belibis milik Om SZ (editing)   l   Download

1. Belibis Totol

Burung belibis totol
Burung belibis totol / spotted whistling duck (Dendrocygna guttata)

Belibis totol / spotted whistling duck (Dendrocygna guttata) memiliki wilayah persebaran di Indonesia dan Filipina. Tetapi di Indonesia, spesies ini hanya bisa dijumpai di kawasan timur, mulai dari Sulawesi, Maluku, Pulau Tanimbar, Kepulauan Aru, Papua, dan Gugus Kepulauan Bismarck.

Ukuran tubuhnya cukup besar (panjang 43 cm), berwarna cokelat dan bungalan, tetapi bagian mantel dan mahkotanya gelap. Tunggir berwarna cokelat tua.

Sesuai dengan namanya, ada bintik putih (totol) ada bagian sisi tubuhnya. Bagian leher dan dadanya juga terdapat totol putih dengan ukuran yang lebuh kecil. Tungkai dan kaki cokelat- merah kusam. Penampilan burung jantan dan betina hampir sama.

Tempat hidup dan kebiasaan

/ spotted whistling duck (Dendrocygna guttata)

Burung belibis totol sering ditemukan di dataran rendah yang sangat berawa, termasuk hutan bakau (mangrove). Mereka mencari makan pada malam dan dinihari, kemudian kembali ke lokasi bersarang pada senja hari.

Makanannya antara lain biji rumput dan siput. Belibis totol sangat menyukai berendam dalam air, atau menyenggut di bantaran air.

Meski posturnya mirip entok, burung belibis totol sangat piawai bertengger pada cabang atau ranting pepohonan, bahkan bisa mencapai kanopi dengan dedaunan yang lebat.

Mereka terbiasa terbang secara berkelompok, namun tanpa formasi yang jelas. Saat terbang, posisi lehernya terkulai dan punggung seperti membungkuk.

Pada musim berkembang biak, pasangan belibis totol akan membangun sarangnya di relung-relung pohon. Induk betina mampu bertelur sebanyak 10-11 butir, yang dierami selama 28-31 hari (sama seperti itik).

Sejauh ini, berdasarkan IUCN Red List, status konservasi burung belibis totol belum terlalu mengkhawatirkan / Least Concern (LC). Meski demikian, jika Anda memilikinya, lebih baik ditangkarkan.

Burung belibis totol

Suara burung belibis totol    l   Download

Suaranya terdengar menciut-ciut, “zzeou.. zzeou.. zzeou..”, agak sengau, dalam rangkaian nada yang terputus-putus. Silakan dengar dan download audio burung belibi totol berikut ini:

Video burung belibis totol   l   Download

Untuk mengenal lebih jauh mengenai spesies burung belibis totol, berikut ini dua video yang bersumber dari ibc.lynxeds :

(Download Video)

(Download Video)

Belibis Polos  l  Belibis Kembang  l  Belibis Rumbai  l  Belibis Bule

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.