Dedy Jaya Ban (JB) dari Jambi kembali membuktikan kapasitasnya sebagai pengorbit murai batu jawara. Jagoan yang sedang diorbitkannya, murai batu Maha Dewa, tampil sebagai yang terbaik ketika mengikuti Lomba Burung Berkicau Sumatera Berkicau di halaman Gedung Serbaguna Dekranasda, Jakabaring, Palembang, Minggu (9/2) siang ini. Maha Dewa sukses menjuarai Kelas VIP yang full (70) gantangan, dan juara 4 Kelas Executive.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Menurut Dedy JB, saat bertarung dalam  Kelas VIP, murai batu Maha Dewa mampu mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya, baik gaya, performa suara, dan mentalnya. Dia bersyukur, gaconya bisa mengeluarkan lagu-lagu dan tembakan andalannya.

“Selama lomba, Maha Dewa secara bergantian terus mengeluarkan lagu murai air, ngekek lovebird, tembakan burung rambatan dan tengkek, diakhiri dengan senjata andalannya, cililinan,” kata Dedy.

Maha Dewa: Masih belia, dan terus berprestasi.

Yang membuatnya makin puas adalah karakter fighther Maha Dewa yang menonjol. Pasalnya, makin dikeroyok lawan, bahkan ketika lawan-lawannya coba menekan, Maha Dewa malah makin gacor dan ngerol-nembak secara bergantian.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Maha Dewa sebenarnya baru lima bulan di tangan Dedy JB. Setelah menemukan setelan perawatan yang pas, Dedy mengisinya dengan beberapa masteran favoritnya, seperti murai air, tengkek, cililin, rambatan, dan lovebird.

“Maha Dewa baru ikut lomba ya tahun ini, dimulai dari Sukarejo Team di Jambi (5/1) dengan hasil juara 1 dan juara 2, lalu menjuarai Liga Ronggolawe Sumatera Seri I (19/1),” ujarnya.

Dedy JB (kiri) menuai sukses di Palembang.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Namun, Dedy JB berusaha menahan diri untuk tidak terlalu sering menurunkannya, karena umurnya masih muda. Karena umurnya masih muda, setelan extra fooding (EF) juga tak terlalu tinggi. Jangkrik misalnya, hanya 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor pada sore hari.

“Saya juga tidak pernah menggunakan kandang umbaran, baik untuk rawatan harian maupun lomba. Jika mau lomba, maka hari Jumat tinggal menaikkan porsi jangkrik menjadi 5/5, Sabtu dinaikkan lagi menjadi 7/7. Saat lomba, jangkrik 10 ekor,” tuturnya.

Dalam even Sumatera Bersatu, Dedy JB tak hanya sukses di kelas murai batu. Dia juga sukses di kelas kapas tembak. Gaco andalannya, Messi, menjadi juara 1 Kelas Executive. (Kelana Lana)

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.