Sahabat BnR Cup Baturaja: Lovebird The One nyaris quattrick

Talenta burung-burung Jambi tak perlu diragukan lagi, baik dalam even regional maupun skala nasional. Di kelas lovebird, ada nama-nama beken seperti Putri milik Ferry Louw, Salju milik Mr Said BH, dan yang kini makin bersinar adalah The One milik duet Rudi Wijaya / Ayong. Dalam kontes Sahabat BnR Cup di halaman GOR Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Minggu (27/4), The One nyaris mencetak quattrick. Gaco milik anak dan ayah ini tiga kali juara 1 dan sekali juara 2.

Ayong merupakan salah seorang kicaumania senior di Jambi, dan dikenal sebagai pengorbit murai batu bertangan dingin. Murai batu Pangeran polesannya pernah merajai sejumlah kontes di Sumatera tahun 2009, selain gaco lain seperti Dewa dan Hokky.

Hobi di dunia kicauan ini ternyata menurun kepada anaknya, Rudi Wijaya, kicaumania muda yang tahun ini bakal menyelesaikan pendidikannya di SMU. Tak hanya bahu-membahu dalam melombakan burung, duet Rudi / Ayong juga menangkar lovebird.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“The One merupakan lovebird hasil penangkaran sendiri, yang saya kelola bersama ayah,” ungkap Rudi Wijaya.

Lovebird The One
Lovebird The One, hasil breeding Ayong Jambi, yang nyaris mencetak quattrick di Baturaja.

Burung ini sering memetik kemenangan dalam even-even yang diikutinya. “The One sering menjuari even-even regional di Jambi. Kalau tidak percaya, silakan lihat sendiri di website omkicau.com. Setiap ada pemberitaan mengenai hasil lomba burung di Jambi, The One selalu masuk, entah juara 1, 2, 3, 4, atau hanya masuk sepuluh besar saja,” kata Ayong.

Beberapa hari lalu, tambah Ayong, anaknya minta agar The One diturunkan dalam even nasional IBC Cup di Jakarta (20/4). “Waduh, saya agak ragu waktu itu. Soalnya, kalau ke Jakarta terlalu jauh. Tetapi akhirnya berangkat juga, dan ini pengalaman pertama Rudi naik pesawat, he.. he..”.

Rupanya tidak sia-sia. The One mampu bersaing dengan lovebird-lovebird terbaik nasional, dan menjadi juara 4 di Kelas Merah Putih.

Sepulang dari Jakarta, Ayong membaca brosur Om Kicau, ada lomba burung di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. “Saya langsung mengutus joki saya agar pergi ke sana, dan menurunkan lovebird The One pada empat kelas sekaligus,” kata Ayong.

Panitia Sahabat BnR Cup Baturaja awalnya membuka empat kelas lovebird, masing-masing Sahabat BnR, Vita Grow, AMB, dan BnR Vit. Namun karena peserta membeludak, dibuka satu lagi kelas tambahan.

Hasilnya sungguh fantastis. Lovebird The One berhasil menjadi juara 1 sebanyak tiga kali, masing-masing di Kelas Vita Grow, AMB, dan kelas tambahan. Bahkan hampir saja mencetak quattrick. Sayangnya The One harus puas menjadi juara 2 alias runner-up di Kelas BnR Vit.

Rudi Wijaya
Rudi Wijaya, kicaumania muda potensial dari Jambi.

Menurut Rudi Wijaya, saat ini The One berumur sekitar satu tahun. Burung ini mulai dilombakan sejak umur 4 bulan, dan sering mengoleksi gelar juara atau masuk daftar juara.

Lovebird ini memiliki materi suara kasar dan panjang-panjang, sehingga layak menjadi lovebird terbaik dalam Sahabat BnR Cup di Baturaja.

Pada kakinya terdapat ring warna emas, dan nama ring Ayong Jambi bernomor 52 ini. Prestasi The One dalam lomba regional dan nasional bukan hanya membuat bangga pemiliknya, tetapi juga mengukuhkan Jambi sebagai gudang burung jawara.

Lovebird The One
Lovebird The One in action.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.