4. Pastikan branjangan bebas kutu / tungau

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Branjangan termasuk salah satu jenis burung yang paling mudah diserang kutu / tungau. Salah satu tanda yang mudah terlihat adalah burung sering mematuki /  mencabuti bulu-bulunya pada areal yang terserang kutu / tungau.

Kalau masalah kutu / tungau tidak teratasi sampai memasuki masa mabung, maka proses ganti bulu akan tersendat-sendat, sehingga proses mabung berjalan sangat lama. Kalau pun proses mabung rampung dan mulai tumbuh bulu baru, biasanya bulu-bulu pada ekor dan sayap sudah langsung terserang kutu / tungau sehingga terlihat kusam dan rusak.

Serangan kutu / tungau pada burung mabung juga bisa dialami jenis burung kicauan lainnya, termasuk murai batu, seperti pernah ditulis Om Kicau berdasarkan pengalaman salah seorang rekan Om David de Souza (baca artikel Bulu ekor murai batu rusak pascamabung). 

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Untuk memastikan branjangan bebas kutu / tungau saat mabung, maka begitu muncul tanda-tanda atau gejala mabung seperti rontoknya bulu-bulu halus, Anda bisa menyemprot bulu-bulu burung menggunakan desinfektan khusus burung, sehingga aman bagi burung dan manusia yang menyempotnya.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan FreshAves. Larutkan 5 gram serbuk FreshAves ke dalam 1 liter air bersih, aduk hingga rata, dan masukkan ke dalam botol sprayer. Semprotkan spayer ke bulu-bulu burung, serta ke seluruh bagian sangkar, termasuk celah-celah sempit di dalamnya.

Kini, bulu-bulu branjangan sudah terbebas dari kutu / tungau, sehingga bisa mempercepat proses rontok bulu secara total (ambrol). Bulu-bulu yang baru tumbuh pun relatif terbebas dari serangan kutu / tungau, karena parasit ini sudah mati sejak disemprot dengan FreshAves.

Lihat tips lainnya:

Masalah kerodongExtra fooding | PenjemuranSuplemen burung mabung | Pemasteran

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4 5 6