Beberapa waktu lalu, Om Kicau pernah menulis profil kacer Hipnotis milik Bambang Honda. Kali ini, Om Kicau ingin melengkapinya dengan video setelan kacer Hipnotis jelang lomba, sehingga bisa lebih mudah difahami. Video direkam saat kacer jawara ini hendak digantang dalam even Univet Bantara Cup di Sukoharjo, Minggu (8/6). Dalam even ini, Hipnotis berhasil meraih double winner dan sekali juara 2.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kacer Hipnotis memiliki setelan cukup unik menjelang lomba dimulai.

Hipnotis termasuk salah satu dari beberapa kacer terbaik nasional saat ini, setara dengan Rincong Aceh, Panglima Sumatera, Adipati, dan Bajing Ireng. Burung ini pernah meraih double winner dalam even akbar Pakde Karwo Cup III di Surabaya, Desember 2013, termasuk dua kali mermengalahkan kacer Adipati.

Sudah tidak terhitung berapa kali gelar juara 1 yang diraihnya di Blok Tengah dan Blok Timur dalam satu tahun terakhir ini. Gaco andalan Om Bambang Honda ini juga menjadi yang terbaik dalam Piala Paku Alam di Jogja, 11 Mei lalu, lagi-lagi dengan mengalahkan Adipati.

Yang terbaru, dalam even Univet Bantara Cup di Sukoharjo, Minggu (8/6), kacer Hipnotis kembali meraih double winner plus sekali runner-up.

Om Narko, perawat kacer Hipnotis, usai berlaga dalam even Univet Bantara Cup di Sukoharjo, Minggu (8/6).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

 

Perawatan harian kacer Hipnotis

Berikut ini ringkasan perawatan harian kacer Hipnotis:

  • Setiap pagi, mulai pukul 06.00, burung dikeluarkan, kerodong dibuka, kemudian diberi 1 ekor jangkrik.
  • Selanjutnya, burung dianginkan selama 1 jam.
  • Sekitar pukul 07.00, atau setelah ada terik matahari, burung dijemur dengan durasi sekitar 30 menit.
  • Setelah dijemur, burung kembali diangin-anginkan lagi, lantas dimandikan.
  • Usai mandi, burung kembali dianginkan agar bulu-bulunya kering. Selanjutnya dikerodong dan dimasukkan ke tempat istirahatnya.
  • Sore hari, pukul 16.00, burung kembali dikeluarkan, diberi 3 ekor jangkrik, dan mandi untuk kedua kalinya.
  • Usai mandi, burung dianginkan sampai bulu-bulunya kering.
  • Jika bulu sudah kering, burung dikerodong dan dimasukkan ke ruang istirahat.

Kroto hanya diberikan tiga kali seminggu: Selasa, Kamis, dan Minggu. Untuk voer, burung setiap hari mengkonsumsi voer rumput laut.

Setelan menjelang lomba

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Kacer Hipnotis membutuhkan mandi bola jelang lomba.

Dalam perawatan sehari-hari, kacer Hipnotis tidak memerlukan bola warna-warni. Tetapi kalau mau lomba, bola warna-warni harus diletakkan di dasar sangkar.

“Begitu ada bola, burung langsung ancang-ancang untuk bertarung,” jelas Om Narko yang sehari-hari merawat kacer Hipnotis. Ini menjadi salah satu setelan wajib bagi Hipnotis menjelang lomba.

Nah, berikut ini video cara Om Narko membuka kerodong begitu burung tiba di arena lomba, lantas memasang bola warna-warni tersebut: