Video setelan kacer Hipnotis jelang lomba

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Beberapa waktu lalu, Om Kicau pernah menulis profil kacer Hipnotis milik Bambang Honda. Kali ini, Om Kicau ingin melengkapinya dengan video setelan kacer Hipnotis jelang lomba, sehingga bisa lebih mudah difahami. Video direkam saat kacer jawara ini hendak digantang dalam even Univet Bantara Cup di Sukoharjo, Minggu (8/6). Dalam even ini, Hipnotis berhasil meraih double winner dan sekali juara 2.

Kacer Hipnotis
Kacer Hipnotis memiliki setelan cukup unik menjelang lomba dimulai.

Hipnotis termasuk salah satu dari beberapa kacer terbaik nasional saat ini, setara dengan Rincong Aceh, Panglima Sumatera, Adipati, dan Bajing Ireng. Burung ini pernah meraih double winner dalam even akbar Pakde Karwo Cup III di Surabaya, Desember 2013, termasuk dua kali mermengalahkan kacer Adipati.

Sudah tidak terhitung berapa kali gelar juara 1 yang diraihnya di Blok Tengah dan Blok Timur dalam satu tahun terakhir ini. Gaco andalan Om Bambang Honda ini juga menjadi yang terbaik dalam Piala Paku Alam di Jogja, 11 Mei lalu, lagi-lagi dengan mengalahkan Adipati.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Yang terbaru, dalam even Univet Bantara Cup di Sukoharjo, Minggu (8/6), kacer Hipnotis kembali meraih double winner plus sekali runner-up.

Narko dan kacer Hipnotis
Om Narko, perawat kacer Hipnotis, usai berlaga dalam even Univet Bantara Cup di Sukoharjo, Minggu (8/6).

 

Perawatan harian kacer Hipnotis

Berikut ini ringkasan perawatan harian kacer Hipnotis:

  • Setiap pagi, mulai pukul 06.00, burung dikeluarkan, kerodong dibuka, kemudian diberi 1 ekor jangkrik.
  • Selanjutnya, burung dianginkan selama 1 jam.
  • Sekitar pukul 07.00, atau setelah ada terik matahari, burung dijemur dengan durasi sekitar 30 menit.
  • Setelah dijemur, burung kembali diangin-anginkan lagi, lantas dimandikan.
  • Usai mandi, burung kembali dianginkan agar bulu-bulunya kering. Selanjutnya dikerodong dan dimasukkan ke tempat istirahatnya.
  • Sore hari, pukul 16.00, burung kembali dikeluarkan, diberi 3 ekor jangkrik, dan mandi untuk kedua kalinya.
  • Usai mandi, burung dianginkan sampai bulu-bulunya kering.
  • Jika bulu sudah kering, burung dikerodong dan dimasukkan ke ruang istirahat.

Kroto hanya diberikan tiga kali seminggu: Selasa, Kamis, dan Minggu. Untuk voer, burung setiap hari mengkonsumsi voer rumput laut.

Setelan menjelang lomba

Kacer Hipnotis
Kacer Hipnotis membutuhkan mandi bola jelang lomba.

Dalam perawatan sehari-hari, kacer Hipnotis tidak memerlukan bola warna-warni. Tetapi kalau mau lomba, bola warna-warni harus diletakkan di dasar sangkar.

“Begitu ada bola, burung langsung ancang-ancang untuk bertarung,” jelas Om Narko yang sehari-hari merawat kacer Hipnotis. Ini menjadi salah satu setelan wajib bagi Hipnotis menjelang lomba.

Nah, berikut ini video cara Om Narko membuka kerodong begitu burung tiba di arena lomba, lantas memasang bola warna-warni tersebut:

Tips tambahan jelang lomba

Selain penyediaan bola warna-warni, ada beberapa tips lain yang selalu diterapkan pada kacer Hipnotis menjelang lomba.

Selama perjalanan menuju arena lomba, apalagi perjalanan luar kota, sangkar Hipnotis selalu diberi kerodong dobel. Kerodong terbuat dari bahan kaos yang tebal.

“Bahan kaos sengaja dipilih karena lentur dan adem. Pemakaian kerodong dobel dimaksudkan agar kondisi di dalam sangkar benar-benar gelap, dan burung bisa beristirahat total,” kata Om Bambang Honda. Kerodong ini juga digunakan sehari-hari di rumah.

Begitu tiba di arena lomba, Om Bambang akan memilih pedok / lokasi transit di lapangan yang cukup jauh dari gantangan.

Selanjutnya, kerodong dibuka pelan-pelan. Khusus persiapan menjelang turun di sesi pertama, maka burung perlu dipindah ke karamba mandi terlebih dulu. Dengan demikian, sangkar bisa dibersihkan secara total. Setelah itu, baru dipasang bola-bola aneka warna.

Bambang Honda
Bambang Honda (tengah) bersama kacer Hipnotis.

Kalau mau turun di sesi kedua dan seterusnya, teknisnya persis seperti yang terlihat pada video. Jadi Om Narko selaku perawat akan membuka kerodong pertama.

Kerodong kedua (bagian dalam) juga dibuka, tapi hanya sebagian, yaitu pada bagian depan yang ada pintunya. Sebagian lagi dibiarkan tetap menempel pada sangkar.

Seperti terlihat pada video di atas, tempat pakan dan tempat air minum dikeluarkan dari sangkar. Demikian pula jeruji lantai dan karpet / alas sangkar yang kotor dikeluarkan .

Selanjutnya, bola-bola  aneka warna dimasukkan satu persatu ke dasar sangkar hingga semua bagian lantai dipenuhi bola. Cara memasukkannya pelan-pelan dan satu persatu agar burung tidak kaget.

Saat hendak dibawa dari lokasi transit ke paddock lomba, kerodong bagian dalam kembali ditutup, dan baru dibuka lagi ketika burung hendak digantang.

Nah, itulah cara setelan kacer Hipnotis menjelang lomba. Barangkali ada yang ingin bertukar fikiran dengan Om Narko tentang perawatan dan setelan kacer, Anda bisa add BB di PIN 2276A2EB. (Waca)

Kacer Hipnotis
Kacer Hipnotis yang selalu nagen di atas tangkringan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.