Uniknya suara kicauan burung poksai hitam

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Meski bukan burung endemik, poksai hitam (Garullax lugubris) merupakan burung penetap yang biasa ditemukan di hutan-hutan yang terdapat di kawasan pegunungan di Sumatera. Keunikan suara kicauan burung poksai hitam yang memiliki kemiripan dengan poksai jambul sumatera membuatnya menjadi satu dari beberapa jenis burung poksai yang banyak dipelihara penggemar burung di Indonesia. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Black Laughingthrush · Garrulax lugubris · (Müller, S, 1836)
Poksay hitam / black laughingthrush (Garrulax lugubris)

Burung yang dalam literatur internasional disebut black laughingthrush ini termasuk dalam keluarga Leiothrichidae, dengan genus Garrulax, yang didalamnya juga termasuk hwamei, poksai hongkong, poksai jambul, dan beberapa spesies poksai popular lainnya.

Poksai hitam memiliki wilayah persebaran global di Semenanjung Malaysia dan Thailand. Sedangkan di Indonesia, atau persebaran lokal, terdapat di kawasan hutan-hutan pegunungan Sumatera pada daerah dengan ketinggian 600 – 1.600 meter dari permukaan laut.

Poksai hitam memiliki paruh berwarna kuning dengan bulu berwarna kehitaman. Warna kulit di sekitar matanya biru.

Meski termasuk burung pemalu, poksai hitam sangat aktif dan rajin berkicau dengan suara yang cukup berisik. Poksai hitam mudah diidentifikasi dari suara panggilan dan kicauannya yang mirip dengan orang sedang tertawa histeris, serta beberapa suara panggilan yang terdengar cukup unik di telinga kita.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Poksay hitam
Poksai hitam memiliki habitat di wilayah pegunungan di Sumatera.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Tidak seperti poksai genting / chesnut-capped laughingthrush yang hidup secara berkoloni, poksai hitam cenderung bergerak sendiri-sendiri. Meski begitu, terkadang poksai hitam sering terlihat bersama-sama kawanan poksai genting atau dikenal sebagai poksai mandarin oleh sebagian kicaumania.

Suara kicauan poksai hitam

Burung poksai hitam jantan dan betina memiliki kemampuan berkicau yang sama, namun suara kicauan dan suara panggilan burung jantan lebih bervariasi.

Suara kicauannya sendiri sangat mirip dengan poksai jambul, dan memiliki suara ringkihan atau seperti suara tertawa histeris, sebagaimana poksai kuda. Untuk mengetahui suara kicauan burung poksai hitam ini, silakan dengarkan suaranya berikut ini:

  • Suara panggilan burung poksai hitam | DOWNLOAD
  • Suara kicauan burung poksai hitam | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.