Tips perawatan lovebird muda yang kurang aktif atau jarang bunyi

Perawatan lovebird yang kurang aktif dan jarang bunyi
Lovebird muda butuh asupan pakan yang tepat untuk membuatnya aktif dan rajin bunyi.

Tidak semua lovebird itu cerewet. Selalu ada beberapa individu lovebird yang selama dirawat hanya diam saja, terutama lovebird muda yang berumur 3 – 7 bulan. Jika kebetulan Anda memiliki lovebird muda yang aktif atau jarang bunyi, maka harus segera dilakukan perubahan pola pakan dalam rawatan hariannya. Nah, berikut ini tips perawatan lovebird muda yang kurang aktif atau jarang bunyi.

Perawatan burung lovebird muda
Mandi dan jemur pada lovebird muda perlu ditingkatkan agar burung selalu aktif dan rajin bunyi.

Ketika berumur 5 bulan, lovebird mulai mendekati masa dewasa kelamin. Pada umur ini, burung cenderung mudah latah, aktif, dan mulai rajin bunyi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Bagaimana jika burung terlihat kurang aktif, kurang rajin bunyi, atau jarang bunyi?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lovebird muda kurang aktif dan jarang bunyi, antara lain:

  • Pakan kurang lengkap.
  • Pakan tambahan yang membuat burung cenderung ngantukan / malas-malasan.
  • Burung kurang mandi.
  • Burung kurang jemur.
  • Birahi burung secara genetik kurang jos.

Untuk mengatasinya, hal pertama yang bisa Anda coba adalah mengubah menu pakannya. Pakan utama sebaiknya diberikan dalam bentuk oplosan, yang terdiri atas :

  • 1.000 gram (1 kg) milet warna putih
  • 100 gram milet warna merah
  • 100 gram jewawut merah

Note: Porsi per komponen pakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yang penting proporsinya sama. Misal jika milet putihnya 500 gram, maka milet merah dan jewawut merah masing-masing 50 gram.

Semua pakan bijian tersebut dicuci terlebih dulu dengan air bersih sebelum digunakan. Tujuan pencucian untuk menjamin pakan benar-benar bersih dari bakteri, cacing, dan kotoran yang bisa menggangu organ-organ pencernaan burung.

Pencucian hingga bersih harus dilakukan jika Anda membeli pakan dalam bentuk kiloan. Sebab seringkali saat membersihkannya dengan air bersih, kita akan mendapati kotoran-kotoran dalam bentuk pasir kecil, kotoran tikus, kulit biji yang rusak, kutu, dan sebagainya, hiiii….

Pakan tambahan atau extra fooding (EF) bisa berupa jagung muda yang manis atau jagung sayur. Adapun pemberian kangkung distop dulu, karena sebagian besar lovebird lovers menganggap pemberian kangkung pada burung muda cenderung membuat burung sering malas-malasan.

Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan biji bunga matahari atau biji kuaci sebenyak 5 – 10 biji. Pakan ini bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.

Untuk lovebird yang malas bunyi dan kurang aktif, frekuensi mandi bisa ditambah. Misalnya setiap 1-2 jam sekali. Durasi penjemuran juga bisa ditingkatkan.

Untuk menjaga stamina dari burung sehingga memiliki energi cukup untuk beraktivitas dan mengeluarkan suara panjang-panjang, berikan multivitamin seperti BirdVit 2-3 kali dalam seminggu.

Dengan perawatan seperti ini, maka dalam waktu sekitar 1-2 minggu akan terlihat perbedaan performa dari lovebird muda Anda. Burung relatif lebih aktif, dan rajin bunyi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.