Mengenali french molt pada burung parkit

Salah satu penyakit yang umum dijumpai pada burung parkit adalah french molt, yaitu kerusakan pada bulubulu yang membuat penampilannya mirip burung sedang mabung. Penyakit ini disebabkan virus polyoma. Bagaimana gejala klinis, tindakan pencegahan, dan pengobatannya, yuk kita kupas lebih mendalam mengenai french molt pada burung parkit.

Burung parkit french molt
Bulu sayap dan ekor burung parkit yang rusak akibat penyakit french molt.

Secara teknis penyakit french molt bisa dialami oleh sebagian besar burung piaraan di rumah. Tetapi berdasarkan pengalaman selama ini, burung parkitlah yang paling sering mengalaminya.

Virus polyoma yang menyerang parkit akan menyebabkan kerusakan pada bulu-bulunya, sehingga tampak seperti burung yang gagal mabung. Dalam bahasa kesehatan hewan, penyakit ini bernama Budgerigar Fledging Disease (BFD) yang sering menimpa burung parkit muda dan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit ini muncul pertama kali di sejumlah penangkaran burung parkit di Jerman. Anakan parkit mengalami pertumbuhan bulu yang tidak normal.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Setelah diselidiki, hanya anakan parkit yang berasal dari induk impor asal Prancis yang mengalaminya. Karena itu, kalangan dokter hewan di Jerman menyebutnya sebagai french molt, yang belakangan juga menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Dalam beberapa kasus, french molt paling sering dialami burung parkit muda berusia 1,5 – 3 bulan. Burung yang terinfeksi penyakit ini mengalami kerusakan pada sebagian atau seluruh bulunya, sehingga burung tidak memiliki kemampuan terbang, dan melakukan semua aktivitasnya dengan berjalan, merayap, atau berlompatan.

Bulu sayap yang rusak
Bulu-bulu sayap parkit yang rusak.

Selain itu, muncul masalah baru yaitu bulu yang tidak akan tumbuh pada bagian tubuh yang mengalami kebotakan atau bagian bulu yang rusak tersebut. Kalaupun ada peluang untuk tumbuhnya bulu baru, maka pertumbuhannya cenderung tidak normal.

Sampai hari ini, penyebab pasti kenapa burung bisa terinfeksi virus polyoma masih belum bisa difahami. Namun para ahli burung dari mancanegara memiliki anggapan infeksi awal terjadi di dalam kotak sarangnya, yaitu burung parkit indukan yang menularkan penyakitnya melalui telur-telurnya. Virus kemudian dibawa anakan yang menetas, dan bertahan sampai dewasa, yang akan ditularkannya kembali kepada keturunannya.

Indukan bisa menurunkan penyakit pada anaknya
Induk parkit bisa menurunkan penyakit kepada anaknya.

Adapun penularan antarburung dewasa masih menjadi bahan penelitian para ahli. Untuk pencegahan, sebaiknya burung yang terinfeksi harus dipisahkan dari burung lain yang sehat, terutama jika berada dalam kandang koloni, untuk mengantisipasi penularan virus melalui kotoran atau air minumnya.

Gejala klinis burung parkit yang terkena french molt

Gejala klinis atau tanda-tanda burung parkit terinfeksi penyakit french molt tidak selalu sama. Yang paling umum adalah kerusakan dan / atau rontoknya bulu-bulu.

Burung parkit yang terinfeksi akan mengalami kerusakan pada bulu-bulu besarnya, yang biasa digunakan untuk terbang seperti bulu sayap dan bulu ekor. Jika kondisinya sudah parah, maka burung akan mengalami kebotakan pada sebagian tubuhnya.

Burung terkena french molt
Mencabuti bulu menjadi solusi mengatasi burung yang terkena french molt.

Jika burung mengalami kerusakan bulu cukup parah, perlu dicermati apakah penyakit itu dikarenakan french molt atau penyakit lain seperti PBFD (Psittacine Beak and Feather Disease), yaitu penyakit paruh dan bulu yang dapat menyerang pada semua jenis burung paruh bengkok (parrot).

Faktor pemicu munculnya french molt

Meski sudah diketahui penyakit french molt disebabkan oleh infeksi virus polyoma, para ahli kesehatan unggas menyebutkan ada beberapa faktor pemicu sehingga burung terserang penyakit ini. Beberapa faktor pemicu yang paling sering terjadi adalah:

  1. Parkit mengalami kekurangan nutrisi dan ketidakseimbangan gizi, terutama akibat kurang protein dan asam amino dalam pakannya. Ini mudah terjadi pada parkit yang hanya diberi pakan bijian saja, tanpa ada pakan tambahan (extra fooding) sama sekali.
  2. Burung parkit sebelumnya terinfeksi oleh papovavirus.
  3. Burung parkit sebelumnya terinfeksi oleh virus pox.
  4. Parkit mengalami stres akibat overbreeding, yaitu kondisi burung yang belum siap tangkar, atau burung yang sudah tidak produktif, namun dipaksakan untuk berkembangbiak.
  5. Pemilik hanya fokus merawat penampilan dan ketangkasan parkit, namun kurang mengabaikan masalah kesehatannya.
  6. Kebersihan sangkar atau kandang yang kurang terjaga .
  7. Penyakit turunan atau bawaan dari indukan.

Mencegah dan mengatasi burung yang terkena french molt

Beberapa pertimbangan berikut ini bisa membantu Anda dalam mencegah dan mengatasi burung yang mengalami gangguan bulu akibat french molt, yaitu:

  • Memisahkan atau mengkarantina burung yang terinfeksi dari burung lain yang sehat.
  • Rutin membersihkan sangkar, kandang, atau kotak sarang burung sesudah digunakan. Bersihkan semua peranti itu dengan menggunakan desinfektan khusus burung, seperti FreshAves, untuk membasmi kuman penyakit yang mukim di dalamnya.
  • Menyediakan suplemen atau multivitamin tambahan pada burung parkit yang sedang ditangkarkan.
  • Mencabuti semua bulu burung yang cacat atau tidak normal, untuk membantu merangsang pertumbuhan bulu baru.
  • Membatasi masa produksi dari burung dengan membiarkan burung berkembangbiak dua kali setahun.
  • Sebaiknya burung yang terinfeksi penyakit ini tidak dijadikan indukan, karena keturunannya akan mewarisi penyakit mereka.

Meski lebih sering menginfeksi burung parkit, french molt juga dapat menimpa burung lainnya, terutama paruh bengkok. Karena itulah, pencegahan dengan cara-cara di atas harus rutin dilakukan, untuk menjamin burung peliharaan Anda selalu berada dalam kondisi fit, sehat, dan memiliki penampilan normal.

Semoga bisa menambah pengetahuan kita.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.