4. Jalak ungu / common myna (Acridotheres tristis)

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Nama asli yang diberikan para ornitholog Indonesia adalah burung kerak ungu, atau dalam literatur mancanegara disebut common myna (Acridotheres tristis). Karena masih termasuk dalam keluarga jalak-jalakan, penggemar burung di Indonesia menyebutnya sebagai jalak ungu.

Jalak ungu atau kerak ungu memiliki kepandaian meniru suara manusia. Spesies ini cukup umum dan banyak dipelihara di beberapa negara, lantaran dianggap sebagai burung yang pintar meniru. Kemampuannya dalam meniru suara lebih bagus daripada jalak suren maupun jalak kerbau. Bahkan burung ini bisa menirukan suara atau kalimat yang panjang.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Kepandaian jalak ungu dalam meniru suara manusia lebih baik daripada jalak kerbau dan jalak suren.

Sebenarnya jalak ungu bukan burung asli Indonesia. Habitat aslinya di  Afganistan, India, sampai baratdaya China, dan Asia Tenggara namun hanya sampai di Semenanjung Malaysia.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Adapun burung jalak ungu yang ada di beberapa tempat di Indonesia merupakan hasil introduksi, terutama berasal dari burung lepasan, atau migrasi saat menjelang musim dingin tiba.

Berikut video burung jalak ungu yang pintar bicara:

Silakan lihat spesies jalak cerdas lainnya:

Beo | Jalak suren | Jalak kerbau | Jalak hongkong | Jalak eropa

Semoga bermanfaat.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4 5 6