Enam spesies burung jalak yang bisa dilatih bicara

Spesies-spesies burung yang termasuk dalam keluarga Sturnidae sering disebut sebagai keluarga jalak-jalakan. Beberapa spesies burung jalak dikenal pandai dan bisa dilatih bicara, atau lebih tepatnya bisa merekam kata-kata dan kalimat yang biasa diucapkan manusia yang diajarkan kepadanya. Di Indonesia terdapat 26 spesies burung jalak, tetapi tak semuanya bisa dilatih bicara. Berikut ini enam spesies burung jalak yang bisa dilatih bicara, empat di antaranya memiliki habitat di Indonesia.

Burung jalak
Selain suara kicauannya yang lantang, beberapa jenis burung jalak bisa dilatih bicara.

Burung jalak sejak dulu dikenal sebagai burung peliharaan. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegera. Kaum bangsawan Yunani Kuno bangga jika bisa memiliki burung jalak di rumahnya, sebagaimana bangsawan Jawa pada masa lalu yang gemar memelihara perkutut dan cucakrawa. Di India, jalak bahkan dianggap sebagai burung suci selama lebih dari 2000 tahun.

Ketertarikan orang untuk memelihara burung jalak disebabkan kepandaiannya dalam meniru berbagai macam suara, termasuk suara manusia. Kemampuannya dalam meniru berbagai macam suara ini mirip dengan kakatua dan nuri abu-abu afrika, meski kepintarannya belum sehebat dua burung paruh bengkok tersebut.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun tidak semua burung jalak memiliki bakat meniru suara atau ucapan manusia. Hanya beberapa spesies jalak yang dikenal pintar dan bisa dilatih bicara, yaitu:

  1. Burung beo (Gracula religiosa)
  2. Jalak suren (Sturnus contra)
  3. Jalak kerbau (Acridotheres javanicus)
  4. Jalak ungu (Acridotheres tristis)
  5. Jalak hongkong (Sturnus nigricollis)
  6. Jalak eropa (Sturnus vulgaris)

Yuk kita bedah satu-persatu enam spesies burung jalak yang bisa dilatih bicara atau meniru kata-kata dan kalimat yang biasa diucapkan manusia. Kita mulai dari burung beo.

1. Burung beo / common hill myna (Gracula religiosa)

Burung beo / common hill myna (Gracula religiosa) merupakan salah satu spesies jalak yang memiliki kemampuan luar biasa. Kemampuannya dalam meniru berbagai macam suara bisa dikatakan lebih baik daripada spesies jalak lainnya. Karena kepandaiannya itu, beo cukup dikenal sebagai burung peliharaan yang bisa dilatih bicara.

Burung beo
Makin bervariasi dan unik suara burung beo, makin tinggi pula harganya.

Untuk mendapatkan burung beo yang pintar bicara, kita harus melatihnya sejak masih anakan atau trotolan. Interaksi langsung antara pemilik dan burung akan membuat beo cepat bisa meniru apa yang diajarkan pemiliknya.

Sebaliknya jika kita tidak memiliki waktu untuk melatih burung, alternatifnya adalah memanfaatkan suara rekaman khusus yang digunakan untuk melatih burung beo tersebut. Suara rekaman khusus melatih burung beo yang lengkap bisa didownload di sini.

Di pasar banyak dijual burung beo bakalan / muda hutan. Biasanya burung tersebut cukup sulit dilatih bicara. Namun setelah melalui beberapa tahapan, beo bisa mengikuti apa yang diajarkan. Untuk mengetahui bagaimana tipsnya, silakan buka lagi tulisan sebelumnya di sini.

Kemampuan burung beo dalam meniru suara manusia terekam dalam video berikut ini:

Silakan lihat spesies jalak cerdas lainnya:

Jalak suren | Jalak kerbau | Jalak ungu | Jalak hongkong | Jalak eropa

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.