Hati-hati dengan lelaki bernama Ali Riyadi, yang kerap menjual aneka burung secara online, baik di kaskus maupun situs jual-beli lainnya. Kasus terbaru dialami Ibu Siska Banyuwangi, yang terlanjur mentransfer Rp 1,5 juta untuk seekor murai batu yang konon diakui dari Medan. Kasusnya sedang ditangani Polsek Srono, Banyuwangi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Aksi tipu-tipu dalam jual-beli burung secara online sudah sering kita dengar, baik yang dilaporkan ke polisi maupun sekadar disharing di Om Kicau. Namun korban masih saja berjatuhan.

Kali ini dialami Ibu Vransiska Gilang Ambar Sari, warga Dusun Srono RT 01 / RW VIII, Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi.

Senin (8/9) lalu, perempuan yang akrab disapa Ibu Siska itu disuruh suaminya untuk membeli murai batu melalui internet. Dia lalu pergi ke rumah Om Google, dan menemukannya di forum jual beli (FJB) kaskus.

Si penjual mengaku bernama Ali Riyadi dengan nomor HP 0823.1315.5572, dan beralamat di Jalan Majapahit No 145 Gayamsari, Semarang, dekat RS Bayangkara.

Murai batu seharga Rp 1,5 juta itu kemudian dibayar lunas oleh Ibu Siska, lewat transfer ke rekening Bank BRI dengan Nomor 6696-01-012069-53-4. Perjanjiannya, sehari setelah transfer burung sudah sampai ke rumah pembeli.

Malah disuruh jadi member

Namun hingga Rabu ini, atau dua hari setelah transfer, burung belum juga dikirim. Anehnya, ketika dihubungi, Ali Riyadi justru menyusuh Ibu Siska untuk menjadi membernya dulu.

Jika sudah menjadi member, murai batu baru bisa dikirimkan. Syarat untuk menjadi member bukan gratis, tetapi harus ada uang di ATM minimal Rp 500.000.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

“Saya disuruh melakukan registrasi di ATM. Dia (Ali Riyadi) menyuruh saya pencet ini itu. Saya malah curiga, kemudian menelusuri ke Bank BRI. Ternyata dia pemain lama aksi penipuan. Ketika saya cek lagi di internet, dia juga jualan berbagai macam barang, bukan hanya burung,” kata Ibu Siska.

Berdasarkan penjelasan petugas BRI, nomor rekening Ali Riyadi sudah sering diblokir. Tetapi begitu diblokir, dia bikin rekening lagi di tempat lain. “Saya juga minta BRI untuk blokir nomor rekeningnya, tapi disuruh melalui Call Centre,” tambahnya.

Ibu Siska kemudian melakukan penelusuran di internet. Ternyata Ali Riyadi juga menawarkan aneka barang lainnya, tidak hanya burung.

Melalui laporan ini, Ibu Siska mengimbau kepada sobat kicaumania di seluruh Indonesia supaya lebih mewaspadai sepakterjang Ali Riyadi. Jangan sampai kena perangkap orang ini.

Berdasarkan penelusuran Om Kicau, Ali Riyadi dalam “berjualan”  burung kerap gonta-ganti no HP. Kalau ingin melihat iklan penipuannya di FJB kaskus, silakan buka kaskus[dot]co[dot]id/thread/540bc20c12e257e10c8b456a/murai-medan-super-gacooorr, karena sampai detik ini dia masih beraksi. (Waca)

Berikut ini lampiran surat pengaduan Ibu Siska ke Polsek Srono, Banyuwangi:

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

dan waspadalah… waspadalah!!!

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.