Om Bidin: Pengepul kenari impor, peternak, sekaligus buka jasa mengawinkan kenari

Bingung cari kenari yorkshire untuk lomba atau untuk dijadikan calon indukan? Mampir saja ke kediaman Om Bidin di kawasan Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Selain menjadi pengepul aneka kenari jenis besar dan impor yang dilakoninya sejak 1998, dia juga beternak kenari, bahkan membuka jasa mengawinkan kenari.

Om Bidin buka jasa mengawinkan kenari
Om Bidin tak hanya pengepul, tetapi juga beternak dan buka jasa mengawinkan kenari.

Sebagai pengepul kenari impor, produk Om Bidin terbilang laris manis manis. Selain menyediakan YS impor, dia juga beternak kenari untuk mencetak YS lokal.

“Sejak tahun 1998 saya sudah berkecimpung di kenari impor. Ya, sejak zaman YS masih murah, di mana peminatnya belum sebanyak seperti saat ini,” jelasnya.

Pelanggannya bukan sekadar kalangan peternak saja, melainkan juga para pemain lomba. Apalagi sekarang mulai dibuka kelas khusus yorkshire. “Sejak ada kelas yorkshire, kenari jenis ini makin diminati”.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Bidin buka jasa mengawinkan kenari
Kenari YS lokal hasil ternak Om Bidin

Mengenai yorkshire impor, Om Bidin mengingatkan penggemarnya agar jangan terpaku mitos ring negara-negara tertentu. Dari mana pun asalnya, semuanya tergantung kondisi dan perawatannya.

“Yang penting posturnya bagus dan burung gacor. Kalau syarat itu terpenuhi, kenari pasti bias mengawini dan ngisi betinanya. Saya sudah menangkar jenis YS dari berbagai ring negara importirnya. Begitu pun kenari lomba, sudah banyak yang moncer di lapangan,” tambah Om Bidin.

Salah seorang pemain yang sudah merasakan hebatnya kualitas kenari Om Bidin adalah Om Pujo dari TDS 22 SF Bintaro. Kenari Kuncen yang baru dibelinya dari Om Bidin ini langsung berprestasi di kelas yorkshire.

Om Pujo dan kenari Kuncen
Om Pujo: Saya beli kenari Kuncen juga dari Om Bidin.

Belum lama ini kenari Kuncen menjadi juara 2 dalam even Kapolres Depok Cup I (11/1). Dua pekan sebelumnya, Kuncen sukses menjuarai Bogor Festival (28/12/2014).

Kenari Kuncen
Kuncen, juara kelas yorkshire di Bogor Festival (28/12/2014) dan juara 2 di KDC-1 (11/1).

“Banyak kenari dari Pak Bidin yang moncer di saya. Bukan hanya Kuncen. Sebelumnya, saya juga mendapatkan Tsabina, kenari jenis AF, dari beliau. Kualitasnya memang top,” kata Om Pujo.

Yang menarik, Om Bidin juga dikenal bertangan dingin dalam mengawinkan kenari. Kenari-kenari besar bakal cepat jodoh dan berproduksi di tangannya.

Bahkan lantaran kepiawaiannya, kini Om Bidin juga buka jasa mengawinkan kenari. Cara ini sangat praktis bagi para peternak kenari, khususnya pemula, dalam menghasilkan anakan F1, F2, F3, YS lokal, dan kenari gede lainnya, tanpa harus memiliki induk jantan YS yang mahal.

Buka jasa mengawinkan kenari

Keahlian Om Bidin dalam mengawinkan kenari bermula ketika sejumlah induk kenari betina di kandang ternaknya mabung dalam waktu hampir bersamaan. Takut birahinya tak tersalurkan, Om Bidin kemudian mengawinkan pejantan di rumahnya dengan beberapa kenari betina milik para sahabatnya.

Sejak itu, dia kerap dimintai bantuan kolega dan pelanggannya. Sampai akhirnya Om Bidin memutuskan tidak hanya beternak atau menyediakan kenari impor maupun calon indukan untuk diternak, tetapi juga buka jasa mengawinkan kenari.

Sudah banyak peternak, terutama pemula, yang antre memanfaatkan jasa tersebut. “Biasanya mereka membawa kenari lokal atau AF untuk dikawinkan dengan jantan YS milik saya di sini,” ujarnya.

Om Bidin buka jasa mengawinkan kenari
Om Bidin siap bantu peternak pemula yang membutuhkan jasa mengawinkan kenari.

Jasa ini lumayan menggiurkan. Sejak kawin hingga kenari betina bertelur, dia mendapat bayaran Rp 500 ribu. Pokoknya dijamin bertelur dan ngisi. Yang penting, kenari betina sudah mencapai umur dewasa kelamin dan dalam kondisi birahi

Biasanya, kenari-kenari betina yang mau dikawinkan akan diinapkan terlebih dulu selama beberapa hari, sampai siap bertelur. Tanda kenari betina siap bertelur antara lain bagian kloaka / vent menonjol.

Kenari betina sudah siap bertelur
Kenari betina sudah siap bertelur

“Kalau sudah begitu, biasanya kenari jantan tidak mau mengawininya lagi. Kenari betina pun sudah siap bertelur,” kata Om Bidin.

Berdasarkan pengalamannya selama ini, seekor YS jantan unggulan mampu mengawini atau mengisi 12 ekor kenari betina secara bergantian.

Melalui jasa ini, peternak tidak perlu repot-repot membeli yorkshire yang harganya tidak murah. Sebab Anda cukup membawa induk kenari betina  yang sudah siap kawin, sambil membawa uang Rp 500.000 tentu saja, he.. he.. he..

Dengan cara yang sangat praktis ini, Anda nantinya bisa memperoleh anakan F1, F2, F3, YS lokal, dan kenari gede lainnya. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.