AM Blue Sapphire dan CJ Ratu Jagat jadi bintang Grand Prix Bird Contest Ciamis

Anis merah Blue Sapphire milik Mr Kusman dari MSP Ciamis dan cucak jenggot Ratu Jagat kepunyaan Mr Yayang Pangkalanbun (Kalteng) menjadi bintang lapangan dalam lomba burung berkicau Grand Prix Bird Contest di halaman kantor DPRD Ciamis, Minggu (25/1). Blue Sapphire meraih kemenangan hattrick, sedangkan Ratu Jagat meraih double winner dan sekali juara 2.

Dalam even gelaran BnR Cabang Jabar ini, anis merah Blue Sapphire turun tiga kali dari empat kelas yang dilombakan. Tampil di depan publik sendiri, anis merah yang menjadi pelapis New Star tersebut selalu meraih juara pertama.

Selama ini, kelas anis merah masih sangat bergengsi di Jawa Barat. Tidak heran jika panitia membuka empat kelas, terbanyak kedua setelah kenari dan lovebird yang sama-sama lima kelas.

Mr Kusman
Mr Kusman (2 dari kanan) bersama kru MSP Ciamis.

“Ini modal yang baik buat turun dalam even Valentine Day di Jogja, 15 Februari mendatang. Semoga di Jogja juga bisa tampil ngedan seperti di sini,” tutur Om Kusman, yang juga ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Ciamis.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain Blue Sapphire, bintang lapangan lainnya dalam Grand Prix Bird Contest adalah cucak jenggot Ratu Jagat. Gaco milik Mr Yayang Pangkalanbun yang diturunkan Om Jikano ini nyaris menjuarai tiga kelas.

Jikano dan Ratu Jagat
Om Jikano: Cucak jenggot Ratu Jagat nyaris hattrick.

Ratu Jagat yang nyaris tak terkalahkan sepanjang tahun 2012-2014, kemudian berimbang dengan CJ Yasmin (kini sudah tiada) milik M Kadafi (KDV Star BF), dapat menjadi referensi bahwa cucak jenggot bisa berprestasi stabil dalam waktu lama.

Tampil di semua (tiga) kelas yang dilombakan, Ratu Jagat sukses menjuarai dua kelas. Satu kelas lagi dimenangi cucak jenggot Pagar Besi milik H Suhayat dari AA SF Ciamis, sedangkan Ratu Jagat menjadi juara kedua.

Yayang Pangkalanbun
Om Yayang sukses bersama CJ Ratu Jagat dan kenari Raja Gedeg.

Kenari Torres milik Fitri BKS Samarinda juga hampir meraih kemenangan hattrick, semuanya di kelas standar kecil. Panitia membuka lima kelas kenari, terdiri atas tiga kelas standar kecil serta dua kelas standar besar.

Sayangnya, di Kelas  Standar Kecil AMB, Torres harus puas di posisi ketiga. Kelas ini dimenangi kenari Bunda milik H Asep Alba dari Garut, diiuti Raja Gedeg milik Mr Yayang Pangkalanbun.

Dua kelas standar besar masing-masing dimenangi kenari Poradewa milik Azmi (Puncak Darajat) dan Senzo milik Agus TJ dari Cilacap. Gaco andalan Fitri BKS, kenari Big Show, dua kali menjadi runner-up.

Om Agus TJ memperoleh kenari Senzo dari Om Likin Boyolali, usai menjuarai Latpres Papburi Klaten di Gergunung, 14 Januari lalu. Dalam kontes di Ciamis, Senzo meraih juara 1 dan juara 4.

Lovebird DJ milik Robby dari LB Lembang tampil mengesankan. Selain berhasil menjuarai dua kelas, burung ini juga meraih juara 2 dan 9. Tiga kelas lainnya masing-masing dimenangi lovebird Jendral milik Gunarto (Tasikmalaya), Predator milik Dikdik juga dari Tasikmalaya, serta Jeniver milik H Aceng dari Cahaya Baru Bogor.

Mr Gaper dari Klaten juga ngeluruk ke Ciamis membawa kacer Alonzo. Tidak sia-sia perjalanan jauh yang telah ditempuhnya, karena Alonzo tampil stabil di tiga kelas, dan meraih juara 1, 2, 2.

Mr Gaper Klaten
Mr Gaper Klaten: Kacer Alonzo juara 1, 2, 2.

Kacer Super Star, gaco lawas milik H Astono (Duta Valentine), juga sukses menjuarai salah satu kelas. Satu kelas lainnya dimenangi kacer Rolex milik H Sansan dari Popeye SF Garut.

Cucak hijau Gedang Ijo andalah Rosa SF Jatibarang-Indramayu kembali melanjutkan tradisi juaranya. Gedang Ijo berhasil menjuarai Kelas BnR Vit. Rosa SF juga menurunkan cucak jenggot Karin. Namun, tidak seperti biasanya, penampilan Karin kali ini kurang perfom, sehingga harus puas menjadi juara 5.

Meski demikian, Om Martin selaku punggawa Rosa SF mengaku puas dengan hasil kali ini, baik kelas cucak hijau maupun cucak jenggot. “Ini untuk pemanasan menuju Valentine Day di Jogja,” ujarnya.

Millenium BC
Millenium BC eksis di kelas kacer dan murai batu.

Millenium BC yang dimotori Yanto Silver dan Nicko juga sukses menempatkan dua gaconya di daftar juara, meski mengaku sedikit kecewa dengan penjurian, terutama di kelas kacer.

Kacer Alteco harus puas menjadi juara 7, dan kacer Vampire menjadi juara 9. Jagoan lainnya, murai batu Luifier milik Nicko, tampil stabil, dengan meraih juara 4 dan 7. (Waca)

Hasil Grand Prix Bird Contest Ciamis (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.