Audio tembakan burung crossbill sayap-putih untuk masteran

Burung crossbill sayap-putih / white-winged crossbill (Loxia leucoptera) memiliki lagu / suara kicauan berupa tembakan atau lagu tipe trill, diselingi dengan suara besetan yang tajam dengan variasi suara sebagaimana dimiliki burung-burung jenis warbler. Audio tembakan burung crossbill sayap-putih ini bisa dijadikan masteran untuk murai batu, cucak hijau, kenari, dan burung kicauan lainnya.

Om Kicau sengaja menyediakan audio ini bagi sobat kicaumania yang membutuhkan audio masteran alternatif dan unik, karena burung crossbil sayap-putih memang tidak dijumpai di Indonesia.

burung crossbill sayap-putih
Burung crossbill sayap-putih / white-winged crossbill (Loxia leucoptera) | Foto: wikipedia.org 

Ada dua subspesies / ras burung ini, dengan wilayah persebaran yang sangat berbeda, yaitu:

  • Loxia leucoptera bifasciata: Ras ini memiliki wilayah persebaran di Eropa, mulai dari kawasan timur Finlandia, baratlaut dan utara Russia. Pada musim dingin, mereka migrasi ke timurlaut Eropa dan Tiongkok, serta wilayah selatan Siberia.
  • Loxia leucoptera leucoptera: Ras ini tidak dijumpai di Eropa, tetapi di Amerika Utara, seperti Alaska, Kanada, dan Amerika Serikat.

Crossbill sayap-putih termasuk dalam kelompok burung finch. Daya jelajahnya cukup jauh, terutama untuk mencari pohon konifer. Mereka akan mencari biji-bijian dari tanaman ini, dengan aksinya yang mirip burung serindit saat mencari pakan: bergelantungan dalam posisi kepala di bawah.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung jantan memiliki penampilan yang berbeda dari burung betina. Pada burung dewasa, bagian kepala dan tubuhnya berwarna pink pada musim dingin, tetapi berubah menjadi merah pada musim semi dan musim panas. Perut dan panggulnya abu-abu, dengan garis-garis gelap pada bagian sisi.

Bulu ekornya berwarna hitam, dengan sedikit coretan putih. Sayapnya juga hitam, tapi ada dua helai bulu sayap yang berwarna putih. Itu sebabnya, burung ini dinamakan crossbill sayap-putih. Sebagian ahli burung juga menyebutnya two-barred crossbil, karena memiliki dua bulu sayap berwarna putih.

Burung crossbill sayap-putih jantan dan betina
Burung crossbill sayap-putih jantan (kanan) dan betina.

Nah, burung betina memiliki penampilan yang sangat berbeda, sehingga memudahkan para breeder yang ingin membudidayakannya. Burung betina memiliki bulu dada dan tunggir berwarna hijau abu-abu hingga zaitun kekuningan, dengan garis-garis kehitaman.

Bagian punggung dan kepala berwarna kehijauan, dengan bintik-bintik cokelat. Perut dan panggulnya bergaris cokelat kehitaman. Sayap dan ekornya cokelat gelap. Sama seperti burung jantan, dua bulu sayap burung betina yang berwarna putih.

Jika penasaran, silakan lihat video burung crossbill sayap-putih yang dipelihara seorang kicaumania di Frankfurt, Jerman:

Audio tembakan crossbill sayap-putih untuk masteran

Berikut ini dua audio tembakan crossbill sayap-putih yang dapat digunakan untuk memaster burung kicauan Anda di rumah:

  • Audio tembakan crossbill sayap-putih durasi 5 menit – variasi 1
  • Audio tembakan crossbill sayap-putih durasi 5 menit – variasi 2

Note: Jika menggunakan sonic master, audio cukup diputar 1 jam sekali dengan mengatur timer. Jadi setiap kali diperdengarkan ya cukup 5 menit.

Unduh audionya di sini

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.