Dua kacer hitam, Raja Kipas dan Kupasus, merajai Melawen BC Cup

Jangan pernah menyepelekan kacer hitam! Sudah sering terjadi kacer hitam mengungguli kacer poci. Bahkan dalam lomba burung berkicau Melawen BC Cup II di Lapangan Rusa Bontok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Minggu (13/9), semua (enam) kelas kacer dimenangi kacer-kacer berdada hitam.

Meski langit di Kota Buntok diselimuti kabut asap tebal akibat kebakaran hutan, ratusan kicaumania tetap antusias mengikuti even Melawen BC Cup II. Mereka datang dari berbagai daerah, antara lain Kandangan, Barabai, Amuntai, Muara Teweh, Tanjung, dan tuan rumah Buntok. Bahkan ada juga peserta dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Panitia yang diketuai Om Rahmanto Rahman menyediakan trofi unik berupa replika burung enggang, yaitu spesies khas Kalimantan yang hampir punah lantaran maraknya perburuan liar untuk diambil paruhnya yang tebal seperti gading.

Melawen BC Cup Buntok
Trofi unik khas Kalimantan berupa replika burung enggang.

Panitia membuka empat kelas, yaitu Executive, Bintang, Sejati, dan Favorite, yang seluruhnya terdiri atas 28 sesi lomba. Berdasarkan data panitia, tiket terjual sebanyak 621 lembar atau setiap sesi rata-rata diikuti 22 peserta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cucak hijau dibuka hingga tujuh kelas, dan hampir seluruhnya full peserta. Adapun kacer dan murai batu masing-masing digelar enam dan lima kelas.

Kacer Raja Kipas dan Kupasus tampak merajai kejuaraan. Kedua gaco ini merupakan kacer hitam dan tampil di semua (6) kelas, yang terdiri atas dua kelas kacer hitam dan empat kelas kacer umum.

Raja Kipas, gaco andalan Om Irfan (Mitra SF), meraih kemenangan hattrick dengan menjuarai Kelas Sejati dan Favorite, serta Kelas Kacer Hitam Bintang. Selain itu, Raja Kipas juga dua kali meraih juara kedua.

Mitra SF
Mitra SF moncer bersama kacer Raja Kipas.

Adapun kacer Kupasus menjuarai Kelas Bintang dan Kacer Hitam Executive. Jagoan koleksi Om Fauzi (Amuntai BC) ini juga dua kali meraih juara kedua.

Satu kelas lagi, Executive, dimenangi kacer Kemuning milik Om Agus Salim dari Amandit BC. Burung ini juga merupakan kacer hitam. Dengan demikian, seluruh kelas dijuarai kacer-kacer berdada hitam, yang dikenal pula sebagai kacer asli Kalimantan.

Panitia kemudian menobatkan Raja Kipas sebagai kacer terbaik, sedangkan Kupasus menjadi kacer hitam terbaik.

Predikat cucak hijau terbaik diraih Malka Mamo. Burung koleksi Om Yovan (Buntok BC) ini memang kerap meraih predikat serupa dalam beberapa even di Kalimantan Tengah.

Dari tujuh kelas yang dilombakan, cucak hijau Malka Mamo selalu masuk daftar juara, dengan raihan sekali juara 1, dua kali juara 2, serta sekali juara 3, 4, 5, dan 7. Total poin yang dikumpulkannya 400.

Sebenarnya ada dua cucak hijau yang meraih double winner, yaitu Bolang milik Om Oyong (Buntok) dan Green Diamond kepunyaan Om Ramon (TBM BC). Namun total poin keduanya masih kalah dari Malka Mamo.

Dalam even ini, Bolang meraih juara 1, 1, 3, dan 6 dengan total poin 280. Adapun Green Diamond juara 1, 1, 5, 5, 6, 6, dan 9, dengan total poin 245.

Kelas murai batu, yang terdiri atas lima sesi, berlangsung cukup ketat. Kelas utama Executive dijuarai MB Tunggal milik Om Edi (Buntok BC), disusul Moser kepunyaan Om Gusti (Adelian SF) dan Hanuman koleksi Patasindo (Patas SF).

Ayak Mamo, jagoan H Ipan (Dwi Warna SF) terbaik di Kelas Bintang A. Juara 2 dan 3 diraih MB Obenk milik Om Ifoel (Ampah BC) dan Bangkiray orbitan Om Iyul (Tanjung).

Kelas Sejati dijuarai MB Moser, diikuti Sultan Jarot milik Om Budi (Amuntai) dan Wesel Lestari milik Mr Mahfud dari RA BC.

Hanuman menjadi satu-satunya murai batu yang berhasil menjuarai dua kelas, yaitu Bintang B dan Favorite. Gaco milik Patasiondo ini juga meraih juara 3, 5, dan 8, sehingga mengumpulkan total poin tertinggi (305).

Patasindo
Patasindo berjaya di kelas murai batu, lewat aksi Hanuman.

Akumulasi poin ini tertinggi dibandingkan dengan  murai-murai lainnya, sehingga Hanuman terpilih sebagai murai batu terbaik. Dalam even Muara Teweh BC Cup (23/8), Hanuman juga menjadi murai batu terbaik.

Gelar lovebird terbaik diraih Sakura. Gaco milik Om Gusti (Adelian SF) ini menjuarai Kelas Executive, juara 2 Kelas Sejati, dan juara 5 Kelas Bintang.

BURUNG TERBAIK SERTA BC DAN SF TERBAIK

KACERRAJA KIPASIRFAN (MITRA SF)
KACER HITAMKUPASUSFAUZI (AMUNTAI BC)
MURAI BATUHANUMANPATASINDO (PATAS SF)
CUCAK HIJAUMALKA MAMOA YOVAN (BUNTOK BC)
LOVEBIRDSAKURAGUSTI (ADELIAN SF)
BC TERBAIKTBM BC BANJAR BARU
SF TERBAIKADELIAN SF TANJUNG
Para pemilik burung terbaik di Melawen BC Cup II
Para pemilik burung terbaik di Melawen BC Cup II.

Secara umum, gelaran ini berlangsung lancar dan sukses, serta dihadiri pula oleh H Robby Yulana SE, petinggi dealer resmi Honda di Kota Tabalong. Dia mengundang para kicaumania untuk menghadiri lomba burung berkicau Robi Motor Cup III di Tabalong, Minggu 11 Oktober 2015. (Kontributor: Om Rahmad Hidayat)

Adelian SF
Adelian SF tampil sebagai single fighter terbaik.
TBM BC
TBM BC juara umum bird club.

Hasil Lomba Melawen BC Cup II (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.