Tarian unik burung cordon-bleu finch

Blue-capped cordon-bleu (Uraeginthus cyanocephalus), atau sering disebut cordon-bleu finch, merupakan jenis burung finch yang ada di kawasan timur Afrika. Spesies ini cukup dikenal di kalangan breeder burung mancanegara, karena mudah dalam perawatannya, memiliki suara kicauan bervariasi, serta gaya atau tarian yang unik.

Blue-capped cordon-blue
Burung cordon-bleu finch memiliki tarian unik, serta suara kicauan bervariasi.

Burung ini juga mudah bergaul, sehingga kerap dipelihara dalam kandang aviary bersama jenis finch lainnya. Berikut ini cuplikan video yang diunggah di youtube mengenai suara kicauan burung cordon-bleu finch.

Tarian uniknya telah menarik minat para peneliti, yang kemudian mengabadikannya dengan kamera berkecepatan tinggi. Hal ini dilakukan karena cordon-bleu finch mempunyai gerakan sangat cepat, sehingga menyulitkan kita yang ingin melihatnya dengan mata telanjang.

Para ilmuwan dari Universitas Hokkaido, Jepang, melakukan riset dengan memanfaatkan teknologi canggih, yaitu kamera video berkecepatan tinggi. Kamera dipasang pada masing-masing sangkar dari 8 pasang burung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dengan bantuan kamera berteknologi tinggi itu terungkap bahwa cordon-bleu memiliki sebuah tarian yang selama ini luput dari pantauan para pengamat burung, yaitu tarian tap atau tap dancing.

Cordon-bleu finch memiliki sifat monogami. Pada musim kawin, burung jantan dan betina akan melakukan tarian untuk memikat pasangannya. Ritual perjodohan umumnya dilakukan dengan cara unik, yaitu kedua burung akan memegang bahan sarang di paruhnya, lalu berkicau sambil menggoyangkan kepalanya.

Ritual perkawinan cordon-bleu finches
Ritual perkawinan burung cordon-bleu finch.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal Scientific Reports menyebutkan, para peneliti menggunakan kamera video berkecepatan tinggi untuk merekam proses perjodohan dan perkawinan burung tersebut.

Setelah memutar ulang videonya dalam gerakan lambat, diketahui bahwa spesies burung ini tidak hanya bernyanyi sambil menggoyangkan kepala saja, namun juga melakukan sebuah tarian tap.

Perilaku unik tersebut tak pernah diketahui sebelumnya, karena dilakukan dengan gerekan sangat cepat. Rekaman video itu pun menjadi rekaman satu-satunya dan pertama kali yang berhasil membuka rahasia gerakan tarian unik burung cordon-bleu finch.

“Dalam gerakan biasa, burung akan melompat dengan kepala mengarah ke atas dan kaki-kakinya berpijak beberapa kali dengan cepatnya, yang sulit diamati dengan mata telanjang,” kata peneliti dalam tulisan ilmiahnya.

tarian tap cordon blue

Burung ini rata-rata akan melakukan 3,17 pijakan kaki per anggukan kepala. Yang menarik adalah tarian tersebut dilakukan burung jantan maupun betina. Uniknya lagi, selama ini tak pernah ada penangkar atau pengamat burung yang menyadari hal tersebut.

Semoga menambah pengetahuan kita.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.