Misteri warna merah pada burung! Inilah hasil penelitian terbaru…

Dalam dunia burung, entah kicauan maupun non-kicauan, warna merah memiliki arti sangat khusus. Banyak spesies burung yang memanfaatkan warna merah untuk bersaing atau menarik perhatian lawan jenisnya. Nah, belum lama ini, para ilmuwan berhasil mengungkap misteri warna merah pada burung

Warna merah menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa jenis burung
Warna merah menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa jenis burung.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Current Biology itu menyebutkan, gen-gen yang mempengaruhi warna masuk dalam keluarga gen yang lebih luas yang terlibat dalam detoksifikasi. Itu artinya warna merah bisa menjadi tanda dari pasangan yang kuat dan berkualitas, yang dengan mudah bisa membersihkan zat-zat berbahaya dari tubuhnya.

“Pada sebagian besar spesies burung, makin merah pejantan, makin sukses pula dia menemukan pasangannya,” kata Joseph Corbo dari Washington University, St Louis, Amerika Serikat, yang merupakan salah satu penulis senior dari studi tersebut.

Kenari dan pipit zebra dikenal sebagai burung pemakan bijian, buah, dan serangga. Apa yang mereka makan bakal menghasilkan pigmen kuning yang dikenal sebagai karotenoid. Beberapa jenis burung mampu mengubah molekul kuning itu menjadi merah (ketokarotenoid) dengan menggunakan enzim yang aktif di bagian mata, bulu, dan kulit.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung diurnal (aktif pada malam hari) juga akan menggunakan gen tersebut untuk menghasilkan warna merah dalam retinanya. Tujuannya untuk meningkatkan penglihatan mereka terhadap warna-warna.

cardinal merah dan kuning
Foto ini menunjukkan burung kardinal merah dan kuning. Para ilmuwan mengidentifikasi gen yang memungkinkan burung kardinal memiliki bulu merah, meski pada beberapa burung proses tersebut tidak berjalan sempurna.

“Mengejutkan jika mengetahui bahwa gen yang sama terlibat dalam penglihatan dan pembuatan warna merah,” kata penulis studi lainnya, Nick Mundy dari Departemen Zoologi Cambridge.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa membuka banyak jalan untuk penelitian di masa mendatang mengenai evolusi dan ekologi warna merah pada beberapa jenis burung.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.