Suara rentetan tajam cucak kelabu untuk masteran

Di pasar-pasar burung sering ditemukan beberapa jenis burung yang memiliki penampilan mencolok, salah satunya cucak kelabu. Spesies dari keluarga cucak-cucakan (Pycnonotidae) itu mempunyai rentetan kicauan yang tajam dan ramai. Karena kekhasannya itu, cucak kelabu juga bisa dijadikan burung masteran.

Cucak kelabu / Grey-bellied bulbul
Burung cucak kelabu / grey-bellied bulbul memiliki suara rentetan kicauan yang tajam.

Dalam literatur perburungan internasional, cucak kelabu disebut sebagai grey-bellied bulbul. Pemberian nama ini mengacu pada warna tubuh bagian bawahnya yang keabu-abuan. Adapun nama ilmiah yang disandangnya adalah Pycnonotus cyaniventris.

Penampilan cucak kelabu memang lebih mencolok ketimbang kerabatnya yang lain. Postur tubuhnya sedang dengan panjang sekitar 16-17 cm. Kepalanya berwarna zaitun gelap, dengan tubuh bagian bawah abu-abu khas. Mahkota dan tengkuknya abu-abu gelap, sedangkan sisi sayap dan bulu ekor tengah hitam.

Penampilan tubuh bagian bawah sangat kontras dengan tubuh bagian atas. Bagian mantel, punggung, dan penutup sayap berawarna hijau-zaitun, sedangkan bulubulu pada tunggingnya kuning-emas.

Secara umum, cucak kelabu memiliki wilayah persebaran mulai dari  Thailand, Myanmar, Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Ada dua subspesies / ras, yakni:

  1. Pycnonotus cyaniventris cyaniventris, tersebar mulai dari ujung selatan Myanmar hingga ke wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, dan Sumatera.
  2. Pycnonotus cyaniventris paroticalis, hanya dijumpai di Kalimantan.

Di habitat aslinya, cucak kelabu hidup dalam kelompok kecil di kawasan hutan. Makanannya berupa buah-buahan dan terkadang serangga kecil.

Meski cucak kelabu belum termasuk dalam daftar jenis burung dilindungi, namun IUCN menetapkan statusnya saat ini Hampir Terancam / Near Threatened. Karena itu, kita tak perlu menangkap dan memeliharanya.

Kalau membutuhkan suaranya untuk masteran, Anda masih bisa memanfaatkan file audionya yang sudah disiapkan omkicau.com untuk memaster burung kesayangan di rumah. Berikut dua variasi suara kicauan cucak kelabu untuk Anda:

  • Suara cucak kelabu variasi 1
  • Suara cucak kelabu variasi 2

Unduh audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.