Sukses cetak murai jawara Mat Petir dan Abimanyu, kini Mulyono BF panen anakan

Cari Artikel Berdasar Kategori

Permintaan murai batu sepertinya tak pernah surut. Yang lebih menggembirakan lagi, kalangan pemain lomba kini tak ragu-ragu lagi membeli murai batu hasil penangkaran / breeding. Sebab banyak murai batu ring yang moncer dalam even-even besar, bahkan mampu mengalahkan murai-murai hasil tangkapan hutan.

Contoh terbaru adalah murai batu Rancak Bana milik Om Yogi Kuda Hitam (Bali) yang mencetak hattrick dalam even nasional Piala Raja 2016 di Candi Prambanan Jogja, Minggu (4/9). Rancak Bana merupakan murai batu hasil ternak Ken Murai Bird Farm Padang milik Om Lim Hao Yong.

Selain menjuarai dua kelas ring, Rancak Bana juga sukses memenangi salah satu kelas umum, yang notabene banyak diikuti murai-murai hasil tangkapan hutan.

Pamor murai batu ring diprediksi makin meningkat lagi tahun depan, ketika Pelestari Burung Indonesia (PBI) mulai menerapkan aturan baru bahwa semua kelas murai batu non-ring akan dihapus dalam even-even di lingkungan PBI (lihat di sini).

“Semoga para penangkar murai batu di seluruh Indonesia bisa merasakan dampak positifnya. Sekarang pun kami sudah kewalahan memenuhi permintaan para pelanggan, khususnya para pemain lomba,” ujar Om Mulyono, pemilik breeding murai batu Mulyono Bird Farm (BF ) Depok.

Om Mulyono, atau lebih akrab disapa Om Mul, saat ini memiliki 25 petak kandang induk murai batu di rumahnya, Kelurahan Sukatani, Tapos Pekapuran, Depok.

Mulyono Bird Farm Depok
Om Mulyono bersama puluhan ekor murai batu hasil ternaknya.

Selain itu, dia juga mempunyai beberapa penangkar murai batu yang menjadi mitra binaannya. Semua materi indukan berasal dari Mulyono BF, sehingga anakan yang dihasilkan juga dipasangi ring Mulyono. Selanjutnya, Om Mul akan membeli trotolan murai batu itu untuk diorbitkan atau untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat.

Sudah banyak murai batu ring Mulyono BF yang moncer di lapangan. Misalnya murai batu Mat Petir (kode ring 239) yang moncer di tangan milik Om Raya (Bekasi), Sangkuriang dan Artomoro milik Om Fery S (Subang), Ozil (Palembang), dan Lamborgini milik Om Ahmad (Pekalongan).

Murai batu Mat Petir
Murai batu Mat Petir, andalan Om Raya (Bekasi).

Ada lagi murai batu Abimanyu (kode ring 548) milik Om Sigit (Bekasi), serta Naga Mas andalan Om Wisnu dari Red Wine SF. Sebelumnya, gaco langganan juara di Jabodetabek ini sempat jadi milik Om Hermawan, sebelum ditake-over Om Wisnu.

Murai batu Abimanyu
Murai batu Abimanyu moncer di tangan Om Sigit Bekasi.

Hal ini tidak mengherankan, karena induk-induk jantan yang digunakan Mulyono BF merupakan eks jawara lomba, antara lain Gatot Kaca, Tapak Dewa, Kramat, Meteor, dan Kuda Lumping.

Belum lama ini Om Mul juga panen anakan murai batu. Saat ini ada sekitar 20 ekor trotolan di kediamannya. “Yang lainnya sudah laku, dipesan teman-teman,” ujar dia.

Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Om Mulyono menyeleksi anakan murai batu sebelum dilempar ke pasaran.

Sebelum dilempar ke pasaran, Om Mulyono melakukan seleksi kualitas terlebih dulu. Semua anakan dikumpulkan dan diseleksi. Hanya trotolan berkualitas saja yang dipasarkan.

Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Salah satu anakan trah unggulan.

Harga trotolan murai batu (umur 1 bulan lebih, atau sudah bisa makan sendiri) bervariasi, mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 6 juta. Bahkan anakan Kuda Lumping menjadi rebutan. Meski masih trotolan, harganya tembus di angka Rp 10 juta. Sayangnya, MB Kuda Lumping kini sudah ditake-over salah seorang kolega Om Mul.

Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Beberapa trotolan murai batu ring Mulyono BF.

Selain untuk lomba, Om Mul juga menyediakan murai batu betina untuk memenuhi permintaan rekan-rekan breeder atau calon breeder. Bahkan kalau mau, Anda juga bisa mendapatkan pasangan induk murai batu yang sudah berjodoh dan siap produksi. (d’one)

Breeding murai batu Mulyono BF Depok
Om Mulyono bersama anakan murai batu siap jual.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.