Brinji-emas seram / seram golden bulbul

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung brinji-emas seram (Foto: Pbase / Dubi Shapiro)

Postur tubuh burung brinji-emas seram / seram golden bulbul (Thapsinillas affinis) lebih besar daripada kedua kerabatnya yang lain. Panjang tubuhnya sekitar 26 cm. Tubuh bagian atas diselimuti bulu-bulu berwarna zaitun kekuningan, sedangkan tubuh bagian bawah seluruhnya berwarna kuning.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Brinji-emas seram merupakan burung endemik Indonesia, dengan wilayah persebaran hanya di Ambon dan Seram, keduanya berada di wilayah Provinsi Maluku. Ada dua subspesies / ras yang dikenal, dengan wilayah persebaran yang berbeda, yaitu:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  1. Thapsinillas affinis affinis: Hanya ditemukan di Seram. Ciri khasnya antara lain memilikii bercak kuning pada kekangnya. Perut lebih terang, dengan ujung bulu ekor yang melebar dan berwarna kuning-terang.
  2. Thapsinillas affinis flavicaudus: Hanya ditemukan di Ambon.

Spesies ini hidup di habitat yang dipenuhi pepohonan lebat dan rapat seperti hutan, semak, dan lahan perkebunan. Pakan kesukaannya adalah buah-buahan serta serangga seperti kumbang dan ulat.

Suara kicauan burung brinji-emas seram | DOWNLOAD

Lihat jenis burung brinji-emas lainnya:

Brinji-emas buru | Brinji-emas utara | Halaman Awal

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Page: 1 2 3 4