Mengatasi burung lovebird lumpuh: Apa sih penyebabnya?

Mengatasi burung lovebird lumpuh dan mengenali beberapa faktor penyebabnya. Kelumpuhan atau paralyzed tak hanya sering terjadi pada manusia, tetapi juga burung-burung piaraan termasuk lovebird. Jika cepat ditangani sejak awal, kelumpuhan bisa diatasi melalui beberapa perlakuan khusus. Dalam artikel ini, kita juga dapat belajar mengenali beberapa faktor penyebab kelumpuhan pada lovebird.

mengatasi burung lovebird lumpuh
Tips mengenali dan mengatsi lovebird yang tiba-tiba lumpuh.

Lovebird yang mengalami kelumpuhan sulit melakukan berbagai aktivitas seperti biasa. Jika kondisi ini dibiarkan, tentu bisa menjadi fatal, terutama jika burung kesulitan dalam mengambil pakan dan air minum secara sempurna. Banyak kasus kematian pada lovebird lumpuh justru disebabkan akibat burung mengalami stres dan kelaparan.

Sebelum masuk ke topik utama tentang cara mengatasi burung lovebird lumpuh, ada baiknya kita mengetahui dulu beberapa faktor penyebabnya. Sebab dengan mengetahui apa penyebabnya, lebih mudah bagi kita untuk mengatasi burung  lovebird lumpuh tersebut.

Berikut ini beberapa faktor penyebab lovebird mengalami kelumpuhan:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Keracunan logam berat

Berbeda dari jenis burung kicauan lainnya, lovebird merupakan burung paruh bengkok (parrot). Dia menggunakan paruhnya untuk menuntun tubuhnya. Biasanya lovebird akan berjalan merayapi jeruji sangkar yang terbuat dari logam / besi untuk berpindah tempat. Selain itu, lovebird juga punya rasa ingin tahu yang tinggi dan suka menggigiti benda-benda yang terbuat dari logam.

Banyak kasus di mana lovebird mengalami keracunan seng, timah, dan tembaga yang terdapat dalam sangkarnya, terutama pada jerujinya. Bahkan keracunan juga bisa terjadi ketika lovebird mematuki lapisan antikarat yang sudah teroksidasi dan mengelupas. Ketika burung mematukinya, maka secara tidak sengaja remahannya akan termakan.

Dalam kondisi sangat parah, keracunan logam berat bisa menimbulkan gangguan pada organ pencernaan dan sistem keseimbangan tubuhnya. Hal itulah yang memicu terjadinya kelumpuhan mendadak pada lovebird.

Lumpuh mendadak adalah kondisi ketika lovebird tidak bisa lagi menggerakkan salah satu atau kedua kakinya, baik untuk berjalan maupun bertengger. Tapi kondisi ini lebih sering dijumpai pada murai batu dan cucak hijau daripada lovebird.

2. Pakan terkontaminasi jamur  

Meski jarang terjadi pada burung peliharaan, para kicaumania tetap perlu mewaspadai apa yang disebut ergotism, yakni bahan kimia berbahaya yang terdapat pada jamur Claviceps purpurea. Bahan kimia tersebut dikenal dengan nama ergot, dan sering menyerang tanaman sayuran dan biji-bijian.

Kalau lovebird mengonsumsi pakan sayuran atau biji-bijian yang terkontaminasi ergot, tentu saja akan mengganggu kondisi kesehatannya. Gejala yang muncul biasanya berupa diare parah disertai kejang-kejang. Dalam kondisi parah burung bisa mengalami kesakitan luar biasa dan berujung pada kelumpuhan.

3. Terinfeksi virus 

Kelumpuhan pada lovebird bisa juga disebabkan oleh infeksi virus serta penyakit yang berasal dari burung-burung liar maupun hewan peliharaan lainnya.

4. Trauma atau cedera 

Faktor lain yang kerap memicu kelumpuhan pada lovebird adalah trauma atau cedera pada tulang belakang, leher, kepala, panggul, dan tungkai. Trauma bisa saja disebabkan oleh sangkar yang terjatuh, burung menabrak dinding / tembok, diserang predator, dan sebagainya.

5. Kekurangan kalsium

Kekurangan kalsium pun bisa menyebabkan burung lovebird rentan mengalami stroke yang bisa menjadi penyebab kelumpuhan. Defisiensi kalsium juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit hati, gangguan jantung, dan masalah reproduksi. Pastikan burung Anda mendapat mineral tambahan di luar pakan, misalnya rutin memberikan BirdMineral.

Perawatan mengatasi burung lovebird lumpuh

Banyak kasus kematian pada lovebird lumpuh yang disebabkan pemilik / perawat kurang sigap dalam memberikan penanganan. Mengatasi burung lovebird lumpuh sejak dini akan memberi hasil lebih efektif.

Beberapa peternak memiliki pengalaman dalam mengatasi burung lovebird lumpuh, baik melalui pengobatan hingga perlakuan khusus. Berikut ini tips perawatan dalam mengatasi burung lovebird lumpuh berdasarkan pengalaman para penangkar, ditambah beberapa referensi lainnya:

  • Perawatan lovebird lumpuh bisa dimulai dengan memindahkan burung ke dalam sangkar yang lebih aman, misalnya ke bekas akuarium, inkubator, atau sekadar melapisi bagian dasar sangkarnya dengan handuk atau karpet. Selain itu, burung juga membutuhkan suhu hangat untuk pemulihan kondisinya. Hal ini bisa disiasati dengan menempatkan lampu bohlam di atas sangkar atau wadah lainnya.
  • Apabila lovebird yang lumpuh tidak bisa bergerak, Anda harus membantunya memberi pakan dan air minum, dengan cara menyuapinya langsung ke paruh / mulutnya. Agar lovebird bisa makan secara nyaman, Anda bisa memberikan nasi dan sayuran yang sudah diremas-remas oleh jari tangan, serta potongan kecil buah-buahan yang disodorkan ke paruhnya.
  • Jika lovebird masih bisa bergerak dengan salah satu kakinya, maka tempat pakan dan air minum sebaiknya ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau.
  • Apabila lumpuh terjadi setelah lovebird mengalami keracunan logam berat, Anda bisa memberikan buah apel setiap hari. Apel mengandung pectin yang bisa membantu membersihkan tubuh burung dari toksisitas logam.
  • Lumpuh yang disebabkan akibat ketidakseimbangan fungsi saraf, cedera / trauma, stroke, kejang-kejang, dan lainnya bisa diatasi dengan memberikan BirdPro setiap hari sampai kondisinya kembali pulih.
  • Untuk membantu menjaga kondisi dan pemulihannya, lovebird bisa diberikan BirdMineral yang dicampur ke dalam air minumnya, atau dioleskan pada pakannya.
  • Selama masa perawatan, lovebird yang lumpuh harus selalu berada di tempat bersuhu hangat. Pengerodongan pada malam hari juga sangat membantu proses penyembuhannya.

Selain melakukan pola perawatan seperti dijelaskan di atas, Anda juga bisa melakukan teknik pemijatan. Tutotialnya bisa dilihat pada video berikut ini:

Demikian tips mengenali penyebab dan solusi mengatasi burung lovebird lumpuh. Selamat mempraktikkannya.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.