Mengatasi kebiasaan burung yang mencelupkan pakan di air minum

Mencelupkan pakan di air minum termasuk salah satu perilaku burung yang menjengkelkan para pemilik maupun perawatnya. Air minum menjadi cepat kotor, dan rentan terkontaminasi. Akibatnya, kita harus lebih sering mengontrol dan mengganti air minum.

kebiasaan burung mencelupkan pakan di air minum
Sebagian burung memiliki kebiasaan mencelupkan pakan ke dalam air minumnya.

Mencelupkan pakan di air minum umumnya dilakukan burung untuk melembabkan pakan (khususnya voer), agar lebih mudah dicerna. Namun hal tersebut memunculkan masalah baru terkait kebersihan air yang dimunumnya.

Pakan yang mudah larut dalam air seperti voer tentu dapat mengotori air minum dan meningktkan risiko tercemar bakteri dan jamur, sehingga burung rentan sakit.

Hasil penelitian yang diterbitkan Jurnal Australian Field Ornithology beberapa waktu lalu mengungkapkan, kebiasaan burung mencelupkan pakan di air sebelum sudah berlangsung sejak burung masih muda. Mereka meniru kebiasaan ini dari induknya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Air minum yang tercemar kotoran dari larutan pakan maupun zat kimia lainnnya jelas tidak baik dikonsumsi burung. Selain mengganggu kesehatannya, kondisi air minum yang kotor juga bisa merusak bulubulu burung, terutama yang gemar mandi dalam cepuk air minum.

Tips mengatasi burung yang gemar mencelupkan pakan di air minum

Solusi mengatasi kebiasaan buruk tersebut tidak bisa dilakukan secara cepat. Diperlukan waktu bagi kicaumania untuk melatih burungnya agar tidak lagi berperilaku demikian. Namun melalui perawatan rutin disertai beberapa trik berikut ini, burung lama-lama akan meninggalkan kebiasaan tersebut.

Berikut beberapa solusi mengatasi burung yang gemar celupkan pakan ke dalam air minumnya:

  • Jika air minum dipenuhi kotoran, maka sesegera mungkin ganti air minumnya dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah burung sakit akibat minum air yang tercemar / terkontaminasi bakteri. Tanda-tanda air minum yang terkontaminasi adalah bagian dalam cepuk terasa licin jika disentuh jari.
  • Mengganti cepuk air minum yang digunakan dengan tempat minum otomatis (water feeder) yang memiliki bagian depan / mulut lebih sempit. Wadah seperti ini tidak memungkinkan burung untuk mencelupkan pakan di air minum. Saat ini ada banyak pilihan tempat pakan dan minum otomatis yang bisa dibeli di toko perlengkapan burung.
  • Pindahkan cepuk minum ke tempat yang lebih jauh / tinggi daripada biasanya. Misalnya dipasang di tenggeran teratas dari sangkarnya. Dengan begitu, posisi cepuk pakan dan minum saling berjauhan dan dapat mengurangi perilaku buruk tersebut.
  • Kebiasaan burung mencelupkan pakan voer ke dalam air minum biasanya dilakukan untuk melunakkan voer agar bisa dicerna. Karena itu, solusi lainnya adalah mengganti pakan voer yang digunakan dengan voer lain yang lebih lunak atau halus.

Itulah beberapa tips mengatasi kebiasaan buruk burung yang selalu mencelupkan pakan di air minumnya.

 

 
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.