Murai batu Wiro Sableng dipinang 70 juta, Om Riki Baja Jambi (RBJ) menampiknya

Murai batu Wiro Sableng –Persaingan kelas murai batu di wilayah Jambi selama ini selalu ketat. Jawara-jawara baru terus bermunculan, sementara beberapa gaco lawas masih stabil prestasinya. Salah satunya adalah murai batu Wiro Sableng andalan Om Riki Baja Jambi (RBJ).

Murai batu Wiro Sableng
Murai batu Wiro Sableng andalan Om Riki Baja Jambi (RBJ).

Menurut Om Riki, murai batu Wiro Sableng berasal dari Rantau Pandan, Kabupaten Bungo. Selama tiga tahun di tangannya, Wiro Sableng kerap menjuarai even latber, latpres, dan lomba burung.

Dalam lomba burung berkicau Sarolangun Team Cup II, Wirosableng nyeri juara 2. Bahkan Wiro Sableng beberapa kali moncer di luar Provinsi Jambi.

“Kalau even latberan maupun latihan spesial, murai batu Wiro Sableng sudah sering nyantol juara satu. Beberapa kali pula Wiro Sableng moncer di arena lomba regional dan lintas-provinsi,” tutur Om Riki yang juga seorang kontraktor (CV Baja Makmur Sukses Mandiri).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Riki Baja Jambi
Om Riki beserta trofi juara koleksi murai batu Wiro Sableng.

Selain murai batu, dia main pula di kelas kacer dan lovebird. Tidak hanya sebagai pemain lomba, Om Riki juga sukses beternak murai batu. Ada 10 pasangan induk dan semuanya sudah produksi.

Untuk membantu rekan-rekan kicaumania dalam mendapatkan burung kicauan, pakan, obat, kandang / sangkar, dan berbagai aksesorisnya, Om Riki juga membuka Toko Burung RBJ, Jl Lingkar Barat, Terminal Baru, Simpang Rimbo, Kota Jambi.

Toko Burung RBJ
Toko Burung RBJ Jalan Lingkar Barat, Terminal Baru, Simpang Rimbo, Kota Jambi.

Moncer di even Riau Bersatu Jilid II

Minggu (17/9) lalu, RBJ Team ngeluruk ke Riau mengikuti lomba burung berkicau Riau Bersatu Jilid II di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru. Tim ini diwakili Om Hilman (mekanik andalan murai batu Wiro Sableng), Om Tole (mekanik kacer Senpi milik Om Andre Sutanto), serta Om Raka (pemilik lovebird Nikita dan Monic).

RBJ Team juga menurunkan lovebird Blue Ray kepunyaan Om Dedi Baragita, serta kapas tembak Grando milik Om Yudi. Meski tak menjadi juara umum BC, gaco-gaco RBJ Team mampu berprestasi:

  • Murai batu Wiro Sableng juara 2 dan 3
  • Lovebird Monic (balibu) juara 2
  • Lovebird Blue Ray juara 3
  • Kacer Senpi juara 3
  • Lovebird Nikita juara 4
  • Kapas tembak Grando juara 6

Om Riki sendiri saat itu tak bisa mengawal langsung murai batu Wiro Sableng. Menurut Om Hilman yang mengawalnya, penambilan murai batu Wiro Sableng sangat memukau penonton dan tim juri.

“Burung ngerol-nembak terus sejak digantang hingga akhir penilaian. Bahkan ketika juri berada di bawah gantangannya, Wiro Sableng makin menjadi-jadi, dengan mengeluarkan isian cililin, lovebird, kenari, siri-siri, dan kapas tembak,” kata Om Hilman.

Om Hilman sudah enam bulan menjadi perawat Wiro Sableng. Sebelumnya, dia pernah merawat murai-murai hebat milik Om Aan Lie.

Perawatan murai batu Wiro Sableng

murai batu Wiro Sableng
Om Hilman (kanan), perawat murai batu Wiro Sableng, bersama Om Tole.

Soal perawatan Wiro Sableng, kata Om Hilman, hampir sama seperti murai batu pada umumnya. Setiap pagi, burung dimandikan dan dijemur selama dua jam, sambil diberi pakan jangkrik (7 ekor) dan kroto (2 sendok makan).

“Usai dijemur, burung dianginkan sejenak, kemudian dikerodong untuk dilakukan pemasteran. Sore hari, burung dimandikan lagi dan dijemur, sambil diberi 7 ekor jangkrik,” tambah Om Hilman.

Untuk mendongkrak stamina dan nafasnya, murai batu Wiro Sableng dimasukkan ke kandang umbaran setiap hari Selasa dan Kamis.

Kalau mau lomba, maka sehari sebelumnya (H-1) porsi jangkrik dinaikkan menjadi 9/9. Pemberian kroto dilakukan pagi hari dengan dosis seperti harian (2 sendok).

Riki Baja Jambi
Om Riki sudah dua tahun membuka toko burung.

Dengan perawatan sederhana inilah, murai batu Wiro Sableng stabil di jalur juara. Sudah banyak pemain di Jambi yang ingin meminang Wiro Sableng. Bahkan, tiga bulan lalu, seorang kicaumania senior di Jambi mengajukan penawaran seharga Rp 70 juta.

“Tapi saya belum mau melepasnya dengan harga segitu. Mahar yang diajukan belum cocok, tidak sesuai dengan prestasi Wiro Sableng selama ini. Jika ada penawaran yang lebih tinggi lagi, saya siap melepas,” ujar Om Riki dengan mimik serius.

Rencananya, Om Riki akan menurunkan kembali murai batu Wiro Sableng dalam lomba burung berkicau KLWJ Cup di Lapangan Bandara Bird Club, Jambi Minggu (24/9). “Rencananya main tiga sesi. Tetapi yang terpenting bisa bersilaturahmi dengan rekan-rekan kicaumania lainnya,” tandas Om Riki. (Kelana Lana)

 
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.