Tips mengatasi burung kenari yang selalu ngeruji

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Tips mengatasi burung kenari ngeruji –Perilaku ngeruji sering ditunjukkan burung kenari saat birahinya terlalu tinggi. Perilaku ini sangat tidak disukai para kicaumania, apalagi jika kenari tersebut merupakan burung lomba. Berikut ini tips mengatasi kenari ngeruji.

mengatasi kenari ngeruji
Tips mengatasi burung kenari yang gemar ngeruji.

Kenari yang kerap ngeruji saat melihat burung sejenis atau saat dilombakan biasanya disebabkan setelan pakan yang terlalu tinggi. Setingan pakan harus diatur sedemikian rupa agar burung memiliki sifat fighter dan rajin bunyi. Tetapi kalau setelannya terlalu tinggi, maka birahi burung cenderung menjadi berlebihan.

Untuk mengatasi kenari ngeruji, dibutuhkan perubahan dalam perawatan harian, terutama setelan pakannya, dengan tujuan menurunkan birahinya. Tapi tidak semua kenari langsung sembuh dari perilaku ngeruji, sehingga diperlukan beberapa tips dan trik khusus untuk mengatasinya.

Mengubah setelan pakan dan perawatan harian

Perubahan setelan oajab diperlukan untuk “mendinginkan” kondisi kenari agar birahinya lebih stabil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah pola perawatan dan setelan pakannya, antara lain:

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
  • Mengurangi pakan bijian yang mengandung kadar lemak tinggi.
  • Mengurangi / menghentikan sementara pemberian telur puyuh, dan menggantinya dengan buah (pir, pepaya, mentimun).
  • Mulai memberikan sayuran hijau secara lebih bervariasi.
  • Mandikan burung lebih rutin daripada biasanya.
  • Pada waktu akan digantang, cobalah menyemprot bagian ven / kloakanya. Penyemprotan juga bisa dilakukan pada tenggeran yang digunakannya.
  • Hal lain yang umum dilakukan kicaumania adalah mendekatkan sangkar tanpa sekat dengan beberapa kenari milik peserta lainnya, beberapa menit sebelum digantang. Hal ini dapat menjadikan kenari lebih stabil sehingga bisa tampil lebih nagen.

Memperbaiki aksesoris kandang / sangkar

Jika perilaku ngeruji tak kunjung berubah, meski sudah dilakukan perubahan setelan pakan dan perawatan hariannya, maka beberapa tips berikut ini perlu Anda coba:

  • Tambahkan beberapa tenggeran. Kalau biasanya hanya menggunakan 1-2 tenggeran, Anda bisa menggunakan lebih dari tiga tenggeran untuk mengurangi perilaku ngeruji.
  • Berikan aksesoris tambahan di dalam sangkar yang dapat menghalangi kenari mendekati jeruji. Misalnya gelang karet, karet pentil, maupun kabel ties seperti dalam gambar berikut ini:

    mengatasi kenari ngeruji
    Penggunaan karet (gambar atas) dan kabel ties untuk mengatasi kenari ngeruji.

Itulah beberapa tips dan trik mengatasi, atau setidaknya mengurangi. perilaku ngeruji pada burung kenari.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.