Kombinasi kroto dan jangkrik untuk dongkrak stamina burung cucak ijo

Banyak ijo mania, khususnya pemain lomba, yang lebih senang memberikan jangkrik ketimbang kroto untuk burung cucak ijo piaraannya. Alasannya, pemberian kroto dapat membuat bulu burung cepat rontok. Padahal, manfaat kroto tidak terlalu jauh berbeda dari jangkrik. Bahkan kalau diberikan dengan takaran dan pola perawatan yang tepat dapat memaksimalkan penampilannya. Berikut ini kombinasi kroto dan jangkrik untuk dongkrak stamina burung cucak ijo.

stamina burung cucak ijo
Kroto dapat membantu mendongkrak stamina burung cucak ijo.

Burung cucak hijau / cucak ijo sering dianggap mudah berubah karakternya ketika mengalami perubahan perawatan maupun ketika diberi pakan secara berlebihan.

Karena alasan inilah, banyak ijo mania yang memberikan pakan tambahan berupa buah pisang dan jangkrik setiap harinya. Kombinasi pakan ini bisa membuat burung menjadi lebih rajin bunyi, serta dapat mengontrol birahinya.

Tetapi jika asupan pakannya kurang bervariasi, burung juga mudah loyo. Semangat tempurnya jadi berkurang. Karena itu, pakan tambahan / extra fooding perlu diberikan secara lebih bervariasi. Selain dapat membantu menjaga kondisi, juga bisa meningkatkan stamina burung sepanjang hari.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Salah satu EF alternatif yang baik adalah kroto, yang selama ini justru kerap dihindari para ijo mania, karena dianggap sebagai penyebab bulu rontok dan over birahi. Padahal jika diberikan dalam takaran pas, disertai dengan pola rawatan yang tepat, kombinasi kroto dan jangkrik setiap hari mampu mendongkrak stamina burung cucak ijo. Alhasil burung menjadi lebih aktif dan makin rajin berkicau.

Setelan pakan untuk dongkrak stamina burung cucak ijo

Berikut ini setelan pakan harian burung cucak ijo, berupa kombinasi jangkrik, kroto, dan pisang kepok putih:

  • Setiap pagi, pukul 05.30, burung dikeluarkan dari dalam rumah dengan kondisi tanpa kerodong. Jika cucak ijo sudah terbiasa diembunkan, maka keluarkan lebih pagi lagi (misalnya, sehabis adzan subuh).
  • Setelah matahari terbit, atau sekitar pukul 06.45 – 07.00, burung dimandikan dengan menggunakan karamba mandi. Boleh juga menggunakan cepuk mandi dalam sangkarnya.
  • Saat burung mandi, Anda bisa membersihkan sangkar serta perlengkapannya.
  • Usai mandi, burung dianginkan sebentar sambil diberikan pisang kepok dan satu cepuk kroto.
  • Setelah itu, burung dijemur dengan durasi 30-60 menit saja. Penjemuran untuk cucak ijo yang mengkonsumsi kroto secara rutin memang tidak boleh terlalu lama, karena bisa membuat bulu cepat rontok.
  • Saat burung dijemur, berikan 3 ekor jangkrik. Pemberian jangkrik kembali dilakukan pada waktu siang dan sore hari, masing-masing sebanyak 3 ekor.
  • Menjelang siang, burung dipindahkan ke tempat teduh, lalu sangkarnya dikerodong full. Jika dibutuhkan, Anda bisa memasternya dengan burung hidup maupun menggunakan audio masteran.
  • Sore hari, pukul 15.00-16.00, kedorong dibuka. Burung bisa dimandikan lagi, jika memang terbiasa mandi dua kali sehari.
  • Setelah itu, burung dianginkan sebentar, lalu kembali dikerodong untuk beristirahat atau dimaster lagi.
  • Menjelang malam, burung dimasukkan ke dalam rumah dan dibiarkan beristirahat sampai esok harinya.

Demikian tips mengkombinasikan pakan kroto, buah pisang dan jangkrk untuk mendongkrak stamina burung cucak hijau. Masing-masing burung memiliki karakter perawatan yang berbeda, tapi jika kebetulan cucak hijau anda sangat suka kroto, tidak ada salahnya mencoba perawatan di atas.

Semoga bermanfaat
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.