Suara kicauan burung-madu untuk memancing bunyi burung piaraan lainnya

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Burung-madu dikenal rentan stres, terutama jika tidak mendapat asupan pakan secara tepat. Beberapa kicaumania memelihara burung ini untuk memancing bunyi burung piaraan lainnya. Kalau itu tujuannya, Anda tak perlu repot-repot memelihara burung yang dilindungi tersebut. Omkicau.com menyediakan rekaman suara kicauan burung-madu yang dapat dimanfaatkan untuk memancing bunyi burung piaraan lainnya.

Suara burung-madu untuk pancingan bunyi
Suara kicauan burung-madu untuk memancing bunyi burung piaraan lainnya.

Beberapa tahun lalu, burung-madu masih mudah dijumpai di sekitar areal perkebunan, bahkan di lingkungan rumah di kawasan pedesaan. Kini, keberadaan burung-madu di alam bebas sudah sangat langka.

Salah satu penyebab makin langkanya burung-madu di alam adalah maraknya penangkapan liar terhadap spesies burung yang dilindungi tersebut. Hasil tangkapan itulah yang kemudian diperjualbelikan dan dipiara oleh sebagian kicaumania.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Dalam berbagai literatur, semua spesies burung-madu dilindungi karena memiliki peran penting dalam membantu penyerbukan dan penyebaran tumbuh-tumbuhan di hutan.

Karena peran pentingnya dalam menjaga ekosistem alam dan hutan, maka semua spesies burung-madu termasuk dalam daftar burung dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 / Tahun 1999.

Memelihara burung-madu, apalagi hasil tangkapan hutan, tentu sangat berisiko bagi kelangsungan hidupnya. Tidak sedikit burung ini yang mati hanya karena pemilik kurang mengerti cara perawatannya dan cara memberinya pakan.

Karena itu, sebagai kicaumania yang peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan, sudah waktunya untuk lebih bijak dalam memilih burung piaraan.

suara kicauan burung-madu
Burung-madu membantu penyerbukan bunga dan penyebaran tumbuh-tumbuhan di alam,.

Di kalangan kicaumania, burung-madu (sunbird) kerap disebut kolibri”, meski sejatinya kolibri (hummingbird) adalah kelompok burung tersendiri dan hanya dijumpai di Amerika.

Celakanya, burung-madu kini makin popular sebagai burung piaraan, bahkan makin sering dilombakan. Tidak sedikit pula kicaumania yang memeliharanya, untuk memancing jenis burung lainnya agar mau bunyi.

Beberapa jenis burung yang gampang dipancing bunyi oleh suara kicauan dan crecetan burung-madu antara lain anis merah muda / trotolan, jalak suren, pleci, kacer, cucak hijau, dan sebagainya.

Kalau itu tujuan Anda, sebaiknya tak perlu memelihara burung-madu. Anda cukup mengunduh suara kicauan burung-madu yang telah disediakan omkicau.com, kemudian diperdengarkan di dekat burung target.

Berikut ini tiga variasi suara kicauan burung-madu yang dapat Anda gunakan untuk memancing bunyi kenis burung kicauan lainnya:

  • Suara kicauan burung-madu – variasi 1 | DOWNLOAD

  • Suara kicauan burung-madu – variasi 2 | DOWNLOAD

  • Suara kicauan burung-madu – variasi 3 | DOWNLOAD

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.