Cucak ijo Pemburu Racing dan cendet Petir hattrick di Pakde Karwo Cup VIII

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Gelaran akbar Piala Gubernur Jatim / Pakde Karwo Cup VIII melahirkan sejumlah bintang, meski tidak semuanya merupakan muka baru. Salah satu muka baru yang menonjol dalam even ini adalah cucak ijo Pemburu Racing orbitan Om Robert Pemburu (Bondowoso) yang memperkuat Duta Giri Prasta.

Pakde Karwo Cup VIII
Gubernur Jatim Dr H Soekarwo SH MHum memukul gong saat membuka even akbar Pakde Karwo Cup VIII di lapangan parkir Ubaya, Jl Tenggilis Mejojo, Surababaya, Minggu (14/10).

Lomba burung berkicau Pakde Karwo Cup VIII yang berlangsung di lapangan parkir Ubaya, Jl Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Minggu (14/10) merupakan kerja bareng antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Surabaya.

Lomba dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo SH MHum atau lebih akrab disapa Pakde Karwo. Hadir dalam acara ini Ketua PBI Pusat H Bagya Rakhmadi SH MH, mantan Wakapolda Jatim Birgjen Pol Drs Suprodjo Wirjo Sumardjo (Pak Projo), dan beberapa tokoh kicaumania kawakan seperti Om Acun Owen dan Om Edy PLN.

Pakde Karwo
Pakde Karwo (kiri) bersama tookoh kicaumania nasional, Om Soeprodjo WS.

Usai membuka lomba, Pakde Karwo menyaksikan langsung lomba, bahkan memberikan doorprize tambahan berupa 2 unit motor bagi peserta lomba yang diundi di akhir acara.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

“Biar lebih meriah lagi, saya tambahkan doorprize dua unit motor baru bagi peserta lomba,” pungkas Pakde Karwo yang disambut girang para peserta.

Cucak ijo Pemburu Racing menjadi salah satu bintang dalam Pakde Karwo Cup VIII. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Om Robert Pemburu sering moncer bersama cucak hijau Pemburu Dolar. Hampir semua even nasional seperti Piala Raja dan Pakde Karwo Cup pernah dimenanginya.

Herry Soegihono
Ketua PBI Cabang Surabaya, Om Herry Soegihono, memberikan sambutan di hadapan Pakde Karwo dan tokoh kicaumania.

Bahkan dalam even Pakde Karwo Cup VIII, Pemburu Dolar masih bisa meraih double winner. Tetapi prestasinya kalah mengkilap dari Pemburu Racing yang berhasil mencetak hattrick.

Cucak ijo Pemburu Racing berhasil memenangi Kelas Hari Jadi Provinsi, PBI Surabaya, dan Grahadi B. Adapun Pemburu Dollar menjuarai Kelas Provinsi Hijau B dan Grahadi A.

Alhasil, lima dari enam sesi cucak ijo yang dimainkan berhasil dimenangi gaco-gaco milik Om Robert Pemburu. Satu sesi lainnya, Kelas Provinsi Hijau A, dijuarai cucak ijo Brutal milik Mr Fuk (Mina Cell).

Cucak ijo Brutal mengalahkan Kipas Sakti andalan Ir H. Agus Gamping (AGP Jogja) dan Joyoboyo gaco Om Hadi Senator (Gresik). Pada sesi lainnya, Brutal meraih juara 3 Kelas Grahadi B dan juara 4 Kelas Grahadi A.

cucak ijo Brutal
Kru Mr Fuk (Mina Cell) sukses mengawal cucak ijo Brutal yang tampil stabil.

Selain cucak ijo Pemburu Racing, ada satu kontestan lagi yang mencetak kemenangan hattrick, yakni cendet Petir andalan Om Agung Mahadewa dari Mahadewa SF Sumenep.

Cendet Petir
Cendet Petir milik Om Agung Mahadewa sukses mencetak hattrick.

Cendet Petir yang bulan lalu juga menjuarai even kolosal Piala Raja 2018 sukses menyapubersih tiga sesi yang dimainkan. Petir tak terkalahkan di Kelas Provinsi Hijau, Grahadi, dan Jembatan Merah.

Di kelas utama Provinsi Hijau, cendet Petir tampil maksimal dan mampu menumbangkan rival-rival tangguhnya seperti Semproool milik H  Ali Hamzah (IGP Team) dan Bali Dancer besutan Om Vincent (Paduka BC).

Mahadewa SF Sumenep
Om Agung (Mahadewa SF) sapubersih tiga kelas cendet melalui aksi Petir.

Persaingan ketat dan berimbang terjadi di sejumlah sesi murai batu. Banaspati, gaco orbitan Kaji Said Israel (Gresik) tampil memukau dalam Pakde Karwo Cup VIII. Banaspati sukses menyabet double winner dari Kelas Grahadi B dan Provinsi Hijau.

Di Kelas Grahadi B, murai batu Banaspati tampil trenginas dan berhasil menumbangkan lawan-lawan tangguhnya seperti TO andalan ARB (Jalak Bali Team) dan Super Begood gaco H Arief (Kenza BC).

Berbekal materi mewah, ngeroll kolibri ninja serta tembakan cililin, kenari, dan lovebird, Banaspati kembali meraih gelar juara 1 di Kelas Provinsi Hijau. Juara kedua dan ketiga diraih Broken milik Om Doni KRM (KRM Ngingas SF) dan TO.

Murai batu Banaspati
Murai batu Banaspati besutan Kaji Said raih double winner.

Selain Banaspati, Kaji Said juga sukses menampilkan Bintang Timur, Abimanyu, serta Rextor di Kelas PBI Surabaya, Jembatan Merah A, dan Hari Jadi Provinsi.

Murai batu Hell Boy orbitan Abah Hudan 911 yang moncer di Piala Radja, juga sukses meraih koncer A mutlak di Kelas Hari Jadi Provinsi.

Murai batu Hell Boy
Murai batu Hell Boy milik Abah Hudan terbaik di Kelas Hari Jadi Provinsi.

Hell Boy tampil dominan dan ngedur dari awal hingga akhir penjurian. Tanpa ragu, Tim Juri PBI pun menganjarnya dengan koncer A, disusul Abimanyu milik Kaji Said dan Kawaguci Jr andalan Mr King (Tangerang).

911 SF
911 SF sukses tampilkan murai batu Hell Boy.

Persaingan di kelas lovebird tidak kalah sengit, terutama antara Gendewo milik H Cahya (Putra Candi Banjarmasin), Bintang Matrix orbitan Abah Antok BMS 12 (Duta Balekambang), Marsha milik H David Kartini (Duta Giri Prasta), dan Mr Jarwo andalan H Said (Gresik).

Lovebird Marsha
Setelah moncer di Piala Raja, lovebird Marsha kembali juara di Pakde Karwo Cup VIII.

Marsha dan Mr Jarwo masing-masing menjuarai Kelas PBI Surabaya dan Jembatan Merah B. Bintang Matrix dan Gendewo sama-sama meraih double winner.

Lovebird Gendewo
Lovebird Gendewo milik H Cahaya double winner.

Bintang lainnya yang bersinar dalam Pakde Karwo Cup VIII adalah punglor merah Tzaplok, gaco lawas Om Ronald Owen (Tangerang SF), kenari Mutiara Timur andalan Mr Fadjar Bali (Duta Bupati Badung Cup), dan branjangan Raja Langit besutan Om Agus / Om Aang (Duta Giri Prasta). Ketiganya mampu menjuarai dua kelas alias double winner.

Prestasi serupa juga ditorehkan tledekan Killer kepunyaan Om Sien Ronny (Duta Balekambang) dan punglor kembang Naga Hitam kepunyaan Om Benart Maks (Duta Balekambang)..

Tledekan Killer
Tledekan Killer andalan Om Sien Ronny belum tertandingi.

Kelas kacer juga berlangsung ketat. Beberapa gaco andalan turun di sini. Termasuk kacer legendaris Adipati andalan Om Deko (Samarinda). Panitia membuka lima kelas, satu di antaranya kelas ring, dan setiap kelas dimenangi burung berbeda.

Kacer Adipati berhasil menjuarai Kelas Grahadi, unggul atas Bolang milik Om Rony TMK (Duta King of Mojopahit) dan Black Mamba andalan H Amir (Duta Bersama)..

Kacer Adipati
Kacer Adipati andalan Om Deko (Samarinda) tetap stabil di jalur prestasi.

Kelas Hari Jadi Provinsi dimenangi kacer Black Mamba. Kacer Fretelin koleksi Om Ronny Perkasa (EJP Team) terbaik di Kelas PBI Surabaya.

Duta Balekambang mengoleksi dua trofi juara 1 di kelas kacer, masing-masing melalui Joko Bejo milik Om Rivai / Edo, serta Navas andalan Abah Win PBC.

PBC
PBC moncer bersama kacer Navas dan kenari Ongis Nade.
kacer Bruno Mars
Om Deny Krisbianto sukses bersama kacer Bruno Mars.
punglor kembang Casper
Om Effendy Tjio sukses mengawal punglor kembang Casper

Ditambah kemenangan gaco-gaco andalan di kelas lainnya, Duta Balekambang mengumpulkan poin tertinggi, sehingga dinobatkan sebagai juara umum bird club (BC). Runner-up BC terbaik diraih Duta Giri Prasta yang juga meraih banyak gelar di Pakde Karwo Cup VIII.

Duta Balekambang
Duta Balekambang juara umum bird club.
Duta Giri Prasta
Duta Giri Prasta (Bali) runner-up BC terbaik.

Gelar juara umum single fighter (SF) diraih H Said (Gresik). Runner-up SF terbaik diraih Acun Owen SF dari Jakarta.

H Said Israel
H Said Israel (Gresik) juara umum single fighter.
Acun Owen
Acun Owen runner-up SF terbaik.

Secara keseluruhan, even Pakde Karwo Cup VIII berlangsung sukses dan meriah, diikuti 2.526 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kualitas lomba pun dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. (Endar)

Lihat juga Hasil Lengkap Pakde Karwo Cup VIII.

Gerbang Majapahit
Trofi Gerbang Majapahit menjadi ikon khas Pakde Karwo Cup.
Pakde Karwo Cup VIII
Kru panitia Pakde Karwo Cup VIII sukses menggelar even nasional.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.